Facebook vs Instagram, Platform Mana Yang Cocok Untuk Bisnis Anda?

September 25, 2019 4:26 pm Published by 2 Comments
facebook vs instagram

Di era revolusi industri ini tentu saja berjualan online tidak hanya dilakukan dengan cara konvensional dan tradisional namun juga bisa dilakukan dengan cara yang sangat praktis dan menghemat waktu, Anda pengenkan hanya sekedar besantai dirumah ditemani oleh secangkir kopi dan senja tapi uang tetap mengalir. Yupss jawabannya dengan berbisnis online. Memanfaatkan Platform Instagram dan Facebook dan melakukan bisnis online Anda sudah menghemat 75% waktu dan tenaga yang biasanya di pakai untuk bersorak sorai menggaet pembeli.

Namun tahukah Anda platform yang tepat sebagai wadah bisnis onlinemu ?

ada 2 jenis platform yang memang tidak pernah sepi dari pengguna dan memang selalu di gunakan sebagai platform dalam berjualan online yakni facebook dan instagram.

Facebook adalah platform yang ditujukan untuk jaringan dan koneksi dengan teman. Ini untuk orang yang terhubung dengan orang yang mereka kenal. Seperti yang terlihat dari tag line mereka “Be connected”. Untuk membuat jaringan dengan teman-teman menyenangkan dan luar biasa, mereka memungkinkan Anda untuk mengirim, mengirim pesan, berbagi, berkomentar, seperti, dll.

Sedangkan Instagram mengatakan “Tangkap dan Bagikan Momen Dunia.” Instagram adalah platform untuk berbagi gambar berkualitas dan video pendek. Orang mengikuti teman-teman mereka karena alasan yang jelas, tetapi mereka juga mengikuti orang asing ketika mereka menawarkan sesuatu kepada mereka entah itu meme, fashion, makanan atau apa pun.

Facebook memiliki 1,13 miliar pengguna aktif harian dibandingkan dengan Instagram yang memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan, Facebook memimpin dalam jumlah. Tetapi Instagram memiliki statistik yang lebih baik dalam keterlibatan dan berbagi konten.

Secara keseluruhan, Facebook memiliki lebih banyak pengguna total tetapi Instagram juga memiliki pengikut yang sangat kuat. Ini berarti bahwa mereka bekerja secara berbeda untuk berbagai jenis audiens.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, jenis konten yang Anda terbitkan di Facebook atau Instagram juga penting. Kesalahan besar yang dilakukan perusahaan adalah memperlakukan Instagram seperti Facebook.

Konten yang berfungsi di Facebook tidak selalu diterjemahkan dengan baik ke Instagram. Kami merekomendasikan pengujian konten Anda di Facebook dan Instagram untuk melihat platform mana yang memberikan kinerja terbaik.

Algoritma untuk umpan media sosial mengacu pada kode aktual yang menentukan posting mana yang dilihat oleh pengguna atau calon pembeli, biasanya Algoritma menggunakan program tertentu yang sulit untuk di ukur baik itu facebook atau instagram. Algoritma ini sangat berperan penting agar postingan Anda bisa mendapatkan like serta reaksi dari audience.

Nantinya algoritma ini kan sangat berguna untuk Anda dalam menaikan engagement atau postingan Anda, karena saat ini cukup sulit agar postingan Anda bisa dilihat oleh audience.

Instagram Algoritma

Sebagai platform yang memang sering dipakai oleh kaum milenaial dan juga serin dipakai untuk menangkap moment moment tertentu, ternyata instagram juga sering digunakan sebagai platform media sosial untuk berjualan. Dengan mengetahui celah dari algoritma instagram kita dapat dengan mudah menjalankan usaha online di instagram dengan mudah, algoritma instagram dipengaruhi oleh:

Reach

Instagram memiliki jumlah pengguna sebesar 800 juta pengguna aktif setiap bulannya dan 500 juta aktif setiap harinya, 80% tersebar di seluruh dunia dan 20% berasal dari amerika, hal ini membuktikan bahwa instagram menjangkau berbagai Negara dan sangat bagus untuk digunakan dalam berbisnis karena memiliki visibilitas untuk menjagkau masyarakat, selain itu ada 1 juta produk yang menggunakan instagram untuk beriklan.

Engangement

Engagement sebagai bentuk interaksi Anda dengan audience selain itu engagement dapat membuat postingan Anda bertahan di puncak teratas traffic.engangement terdiri dari jumlah like, share dan komen audience untuk postingan Anda. Dilansir dari locowise bahwa engagement instagram lebih tinggi dari pada platform lain.

Dengan presentase 0.84% lebih tinggi dari platform pesaing instagram, membuktikan bahwa instagram menjadi platform dengan penggunaan terbanyak,

Traffic Engagement

Tidak hanya menduduki peringkat pertama engangement di setiap platformnya, namun. Traffic engagement instagram berada di peringkat pertama dengan jumlah visit website terbanyak. Menurut penelitian dari Yotpo, pengunjung situs web dari Instagram menghabiskan rata-rata 192 detik.

Lebih dari 3 menit, lebih tinggi daripada banyak saluran pemasaran lainnya. Faktanya, pengunjung dari Instagram tetap 45% lebih lama dari pengunjung dari Facebook dan 40% lebih lama dari pengunjung dari Twitter.

Demographic

Target penjualan Anda tergantung dari produk yang akan Anda jual. Anda harus menentukan target pasar serta rentang usia untuk produk Anda, jangan sampai salah sasaran sehingga akhirnya produk yang Anda produksi tidak bisa di jual bahkan Anda bisa gulung tikar.

Anda harus berada di platform yang audience sukai. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh Pew Research menemukan bahwa ada lebih banyak pengguna wanita di Instagram daripada pengguna pria. Menurut penelitian, 31% wanita online menggunakan platform ini secara teratur. Hal yang sama berlaku untuk 24% pria online.

Facebook Alogarima

Tidak hanya instagram yang menjadi platform sosial media paling diminati kaum Gen Z, facebook tetap pada prinsipnya yaitu “be connected” dengan berbagai fitur yang di tawarkan facebook, berjualan online terasa lebih kompleks karena di lengkapi dengann fitur-fitur yang lengkap. Sama halnya seperti instagram tentu saja facebook memiliki algoritmanya sendiri yaitu terdiri dari:

Reach

Facebook terus menjadi jejaring sosial nomor satu dalam hal menjangkau. Menurut penelitian terbaru oleh Dreamgrow , platform ini memiliki 2,2 miliar pengguna aktif bulanan. untuk menajalankan usaha Anda, facebook dapat meningkatkan visisbilitas Anda.

Engagement

Memang engagement facebook tidak sebesar instagram, namun masih bisa bersaing dibandingkan platform lainnya, insyagram di lengkapi dengan fitur share yang lebih baik dari instagram sehingga memudahkan untuk membagikan produk Anda.

Demographic

Adanya hubungan antara demografi dan pemasaran, hubungan dari keduanya adalah mengenai profil target pasar. Data demografis dapat dimanfaatkan sebagai langkah awal usaha untuk pemasaran pasar barang atau jasa. Data demografis adalah statistik dari informasi mengenai jenis kelamin, usia, pendapatan kemudian data tersebut digunakan oleh pembisnis untuk mengidentifikasi target bagi perusahaan mereka.

Jadi Platform Instagram atau Facebook?

Memilih platform yang tepat tergantung pada apa yang Anda cari. Anda harus memikirkan tujuan dan apa yang ingin Anda capai. Manfaat Facebook dan Instagram sangat subjektif. Semuanya masih tergantung pada target audience dan juga bentuk produk yang akan Anda jual. Semua platform memiliki kelelebihan masing-masing.

Instagram untuk jangkauan target audience yang lebih muda dan uptodate, sedangkan facebook menjangkau target yang lebih kompleks. Dengan ini AVANA ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan atau langkah yang akan pilih, AVANA memberikan fitur yang bahkan bisa terintegrasi dengan social media Anda, sehingga Anda tidak perlu memilih, bahkan Anda bisa mendapatkan keduanya, tunggu apalagi, sekarang sukses ada di depan Anda untuk mengonlinekan bisnis Anda.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.