Email Marketing Menarik dan Efektif Untuk Bisnis Anda

December 17, 2019 4:03 pm Published by Leave your thoughts
Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online. Yuk cari tahu tips buat email marketing menarik

Tahukah Anda tentang Email Marketing Menarik? Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Dengan menafaatkan fitur email marketing maka pelaku bisnis dan pelanggan akan terkoneksi secara terus menerus dalam jangka panjang.

Salah satu keuntungan besar dari pemasaran email karena semua orang saat ini tentu saja mempunyai email, karena email adalah salah satu kunci akses menuju aplikasi manapun. Faktanya, 90% orang dewasa dan 74% remaja masih menggunakan email secara teratur dengan statistik lengkap sebagai berikut:

  • Pekerja kantor rata-rata memeriksa email mereka 30 kali dalam satu jam.
  • Jumlah total akun email di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 5,2 miliar akun pada 2019 – pertumbuhan lebih dari 26%.
  • 72% konsumen mengatakan bahwa email adalah saluran komunikasi favorit mereka dengan perusahaan tempat mereka berbisnis. 61% mengatakan mereka suka menerima email promosi setiap minggu, dan 28% menginginkannya lebih sering.
  • Pemasaran email telah disebut sebagai saluran digital paling efektif untuk retensi pelanggan.
  • Ketika ditanya konsumen menengah mana yang ingin menerima pembaruan, 90% memilih newsletter email.

Email marketing tentu saja memiliki banyak manfaat, selain terjangkau dan mudah di gunakan tentu saja terdapat kegunaan. Email marketing bersifat pribadi dan cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu. Selain itu harganya terjangkau untuk para pelaku usaha yang masih merintis usahanya dan tidak kalah penting kampanye atau penyampaian email bisa di ukur, artinya kita bisa mengukur sendiri target audience sesuai degan target pasar yang telah di tentukan. Perlu Anda ketahui bahwa email marketing mempunyai beberapa fungsi dan jenis yang berbeda.

Jenis Jenis Email Marketing

  • Email pemasaran

Email biasanya pesan informasi atau promosi yang dikirim kepada orang-orang yang meminta Anda untuk memperbaruinya, seperti prospek, klien, reporter, vendor, afiliasi, dll. Email marketing mencakup berbagai konten, tetapi sebagian besar digunakan untuk mengirim buletin, promosi penjualan , pengumuman, siaran pers, tindak lanjut, dan survei.

  • Email transaksional

Jenis email ini biasanya otomatis terkirim berdasarkan pelanggan Anda. Contoh email transaksional termasuk pesan sambutan, pelacakan pesanan, pembayaran yang diterima, konfirmasi pendaftaran, dll.

  • Email operasional

Email ini memuat informasi penting tentang bisnis Anda, seperti penutupan liburan, rencana perawatan, atau perubahan ketersediaan layanan Anda.

Tetapi sebelum Anda memasarkan produk dengan menggunakan email marketing yang sukses, Anda harus mengetahui kiat-kiat sukses dalam membuat email marketing yang efektif. Berikut AVANA akan memberikan tips agar email marketing Anda sukses dan efektif:

Buatlah Email Marketing yang Tertarget

Pemasaran email yang paling sukses dimulai dengan daftar email yang penuh dengan prospek berkualitas yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Cara terbaik untuk membangun daftar email yang ditargetkan adalah mengubah pengunjung situs web Anda menjadi pelanggan.

Tapi tahukah Anda bahwa rata-rata, 80% pengunjung situs web Anda akan meninggalkan situs Anda tanpa sign in? Agar hal itu tidak terjadi gunakanlah popup di website Anda untuk mengubah pengunjung itu menjadi pelanggan. Popup berfungsi sebagai pengalihan agar pengunjung situs Anda mengisi email mereka.

Kenali Audiens Anda

Jika Anda sudah pernah membuat email marketing sebelumnya tentu saja Anda akan mengetahui siapa audience Anda. Jika Anda baru memulainya jangan khawatir, yang harus Anda lakukan adalah mulai mengumpulkan info pelanggan begitu Anda mengirim email marketing pertama. Dengan mengetahui siapa Audience Anda maka anda bisa menyusun strategi untuk email selanjutnya yang lebih efektif.

Sementara itu, kumpulkan data dari Google Analytics dan profil media sosial Anda, seperti data Wawasan Facebook yang diperlihatkan bahwa:

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online. Yuk cari tahu tips buat email marketing menarik

Kedua sumber memiliki data tentang demografi, lokasi, dan minat, ditambah banyak metrik lainnya, yang akan memberi Anda gambaran tentang siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka minati. Itu adalah titik awal yang baik untuk menyusun pemasaran email marketing yang berhasil

Tulis Copywriting Email Marketing Menarik

Tulis isi atau caption yang menarik, isi email yang menarik tentu saja akan lebih meningkatkan rasa antusias dari audience, gunakan bahasa sesuai dengan isi an konteks email itu sendiri, bisa menggunakan bahasa yang formal, casual bahkan terkesan santai pada saat promosi.

Setelah membuat isi caption yang menarik beserta desain maka hal yang harus Anda lakukan yaitu menentukan jadwal untuk memposting email, Anda harus tau strategi golden time dalam memposting. Waktu memposting jelas akan mempengaruhi traffic dan audience yang melihat email Anda.

Buatlah Email Marketing Menarik Yang Mobile Friendly

Menjadikan konten Anda mobile-friendly adalah kunci keberhasilan pemasaran email. Menurut Buffer 47% email dibuka di perangkat seluler.

  • Ubah email Anda menjadi templat satu kolom agar mobile friendly.
  • Tingkatkan ukuran font untuk meningkatkan keterbacaan.
  • Ikuti panduan IOS dan Android tentang tombol dengan lebar setidaknya 44 piksel dan tinggi 44 piksel.
  • Buat ajakan bertindak jelas dan mudah diketuk atau swipe up.

Menggunakan Ajakan Email Marketing Menarik

Menggunakan ajakan telah mewakili tujuan setiap kampanye, karena menggunakan ajakan mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan, apakah itu membeli barang tertentu, meninjau pembelian baru-baru ini, atau sesuatu yang lain sama sekali. Berikut tips AVANA untuk menggunakan Ajakan email:

  • Prioritaskan satu ajakan per email: Setiap email harus fokus pada satu tindakan utama.
  • Gunakan kata-kata yang berorientasi pada tindakan yang menciptakan urgensi. Contohnya dengan menggunakan kata “waktu terbatas” dari penjualan tertentu, “jumlah terbatas” stok untuk suatu barang, dan frasa seperti “Beli sekarang” atau “Mulai hari ini.”.
  • Gunakan gambar tombol yang terlihat jelas dengan desain yang menarik. Menggunakan gambar tombol dan warna-warna cerah dan kontras dapat mencegah tombol hilang dari pandangan audience.

Mengukur Kinerja Email

Mengukur kinerja email Anda adalah salah satu praktik terbaik yang paling penting untuk diterapkan. Karena dengan mengukur kinerja email Anda, Anda akan tahu mana email yang efektif. Berikut adalah empat analitik pemasaran email inti yang harus Anda lacak:

  • Open Rate: Persentase pelanggan yang membuka email
  • Tingkat Pentalan: Persentase email yang tidak membuatnya menjadi inbox pelanggan — baik karena kesalahan teknis, filter spam, atau email pelanggan menjadi tidak aktif
  • Rasio Klik-tayang: Persentase pelanggan yang mengklik tautan (tautan apa saja) di email Anda
  • Tingkat Opt-Out: Persentase pelanggan yang berhenti berlangganan dari daftar email Anda.

Sebagai seorang pebisnis, Anda dapat mengirim semua jenis pemasaran email, masing-masing dengan tujuan dan strategi tersendiri. Anda dapat menerapkan strategi tersebut pada hampir semua email untuk menambah kinerja Anda. Dibutuhkan kombinasi strategi, perencanaan, dan analisis data yang baik untuk membuat email marketing yang efektif. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published.