Manfaat Digitalisasi Bisnis Bagi Bisnis Anda

November 4, 2020 3:06 pm Published by Leave your thoughts

Di era 4.0 ini, Anda pasti tidak asing lagi mendengar tentang istilah Digitalisasi Bisnis. Namun, digitalisasi bisnis bukan hanya sekedar istilah belaka, melainkan langkah yang harus Anda ambil untuk bisa memajukan bisnis Anda dan memperoleh omzet ratusan juta tiap bulannya. Simak definisi, contoh hingga manfaat digitalisasi bisnis berikut ini.

Apa itu Digitalisasi Bisnis?

Pada dasarnya, digitalisasi bisnis adalah proses transformasi bisnis Anda yang awalnya hanya dilakukan secara offline (konvensional, mengandalkan toko fisik) menjadi offline (virtual, memanfaatkan internet).

Contoh yang paling sederhana adalah rival utama dari Pizza Hut, Domino’s Pizza. Pada awalnya, Domino’s Pizza benar-benar hanya berfokus pada penjualan langsung di tiap cabang restoran mereka.

Namun, CEO dan BOD dari Domino’s menyadari bahwa zaman sudah berubah. Daripada datang ke restoran, orang-orang lebih senang memesan Pizza melalui internet.

Melihat hal itu, Domino’s mulai mempekerjakan ahli-ahli baru di bidang programming, digital marketing dan ahli teknologi lainnya. Selanjutnya, mereka juga mengubah model bisnis mereka menjadi penjualan digital dan promosi melalui internet.

Setelah ditemukannya Dom the Pizza Bot, teknologi khusus yang dikembangkan oleh Domino’s, sekarang pelanggan bisa memesan menu yang mereka inginkan melalui berbagai channel berbeda mulai dari Slack, Facebook Messenger, Aplikasi HP, Twitter hingga Smart TV.

Proses pemesanan pizza pun terasa jadi lebih menyenangkan dan otomatis akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan yang meningkat.

Manfaat Digitalisasi Bisnis

Jika hanya sekedar kata-kata, Anda pasti tidak percaya bahwa digitalisasi bisnis benar-benar bisa mengubah bisnis Anda menjadi jauh lebih baik.

Ini adalah data pengguna internet dan media sosial di tahun 2019. Dengan potensi yang sebesar ini, jika Anda bisa menggunakannya secara maksimal, jelas omzet Anda akan bisa meningkat drastis.

Bayangkan jika Anda bisa menjangkau semua pengguna internet tersebut.

Bukan hanya itu saja, menurut data dari mydatascope.com, digitalisasi bisnis bisa mengurangi biaya operasi hingga 20% dan meningkatkan efisiensi hingga 39%.

Sementara itu, digitalisasi bisnis juga bisa membantu meningkatkan customer experience dan komunikasi dengan pelanggan. Digitalisasi bisnis memungkinkan Anda untuk aktif 24/7 melayani pelanggan Anda.

Secara umum, digitalisasi bisnis juga bisa menguatkan brand Anda, sehingga bisa bersaing dengan brand-brand lain yang telah ada di pasaran.

Contoh Digitalisasi Bisnis

Beberapa contoh dari digitalisasi bisnis beserta keuntungan digitalisasi bisnis bisa Anda lihat secara lengkap di bawah.

Channel Marketing TradisionalBentuk DigitalisasiKeuntungan
Material cetakMaterial digitalMengurangi biaya cetak dan distribusi
Kampanye dengan media cetakKampanye emailMengurangi biaya cetak, meningkatkan jangkauan kampanye.
Promosi di media cetakPromosi media sosialPromosi lebih efektif dengan menyasar audiens yang spesifik.
Toko fisikWebsite/E-commerceMeminimalisir biaya sewa/peralatan, perkembangan secara lebih pesat.
Kartu anggotaAplikasi MobileMengurangi biaya cetak, kemudahan mengubah syarat dan ketentuan.

Itu dia definisi, contoh, dan manfaat digitalisasi bisnis. Jika Anda ingin mencapai kesuksesan, digitalisasi bisnis adalah hal yang wajib Anda lakukan. Langkah pertama untuk bisa mendigitalisasi bisnis Anda adalah dengan memiliki website toko online Anda sendiri.

Bagi Anda yang belum memiliki website toko online untuk berjualan, dapatkan GRATIS SELAMANYA sekarang juga.

Caranya cukup mudah : 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Rekomendasi artikel untuk Anda :

  1. Jangan Mau Diduakan, 5 Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Tetap Setia
  2. Terbukti Berhasil! Ini 5 Strategi Bisnis Online Di Tengah Pandemi!
  3. Unik Dan Anti-Mainstream, 5 Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Drastis

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman-teman Anda yang membutuhkan. Berbagi kebaikan, menambah berkah.

Categorised in: ,

This post was written by AVANA Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *