7 Contoh Usaha Permainan Anak Terbaru

April 23, 2021 10:23 am Published by Leave your thoughts
contoh usaha permainan anak terbaru

Jika Anda berniat untuk membangun bisnis namun tidak tau harus memilih jenis bisnis apa, usaha permainan anak terbaru dan usaha sewa mainan anak mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Sudah banyak kisah sukses usaha mainan anak yang bisa ditemukan di masyarakat. Oleh karenanya, peluang usaha mainan anak dipastikan memang sangat potensial, terlebih jika Anda menerapkan strategi jualan mainan anak yang tepat.

Peluang Usaha Mainan Anak

Kenapa peluang usaha mainan anak sangatlah menguntungkan? Dari segi populasi, jumlah anak di Indonesia telah mencapai 43,2 juta anak laki-laki dan 41,1 juta anak perempuan. Dari segi pasar pun, terlihat bahwa banyak konsumen yang bisa Anda sasar apabila Anda membuka bisnis permainan anak terbaru.

Ketika seorang anak menginginkan sebuah permainan, biasanya ia tidak akan mempertimbangkan harga atau hal-hal logis lainnya. Selama orang tua sebagai pengambil keputusan mampu dan mau untuk memenuhi permintaan anaknya tersebut, maka Anda bisa dengan mudah menjual produk bisnis permainan anak terbaru Anda.

Kisah Sukses Usaha Mainan Anak

Peluang usaha mainan anak yang amat besar pun juga bisa dilihat dari banyaknya kisah sukses usaha mainan anak.

  • Fahrudin, cleaning service yang keluar dari pekerjaannya untuk berfokus pada usaha permainan anak terbaru miliknya yang telah berhasil memberikan penghasilan lebih dari profesi lamanya.
bisnis permainan anak terbaru
  • Sholahudin Fuadi, memulai bisnis usaha mainan anak kayu bermodalkan 400 ribu. Dalam waktu 1,5 tahun, ia berhasil memperoleh omzet hingga 6 miliar.
Kisah sukses usaha mainan anak

Bagaimana pendapat Anda setelah melihat kisah sukses usaha mainan anak tersebut? Terlihat sangat menggiurkan bukan bidang bisnis ini?

Modal Bisnis Mainan Anak

Sebenarnya modal bisnis mainan anak akan berbeda-beda, tergantung pada jenis mainan Anda yang Anda buat maupun sistem bisnis Anda. Seperti contoh kisah sukses usaha mainan anak diatas, modal bisnis bisa dimulai dari hanya Rp 400 ribu hingga 20 juta rupiah, tergantung pada modal awal yang Anda miliki. Ada juga pilihan membuka usaha sewa mainan anak dengan modal yang relatif lebih kecil meskipun keuntungan yang diperoleh jelas akan lebih kecil pula.

Jika Anda tidak memiliki modal sama sekali, Anda juga bisa coba menjadi reseller mainan anak import maupun membuka bisnis dropship mainan anak.

Keuntungan Usaha Mainan Anak

Selain mengetahui modal bisnis anak, pastinya Anda juga harus mengetahui keuntungan usaha mainan anak agar bisa memperkirakan kapan Anda bisa memperoleh BEP (Break Event Point).

7 Contoh Usaha Permainan Anak Terbaru

Nah buat Anda yang ingin segera memulai bisnis permainan anak terbaru dan memperoleh omzet melimpah tiap bulannya, berikut beberapa contoh usaha permainan anak terbaru yang sedang diminati oleh masyarakat alias usaha mainan anak yang lagi trend.

Usaha Mainan Anak dari Kayu

Dilansir dari Detik.com, Dodi Mustafa, pria asal Yogyakarta berhasil membuat usaha mainan anak dari kayu dengan modal sekitar Rp 60 juta. Awalnya hanya menyasar orang-orang di sekitarnya, namun kini bisnisnya telah menyebar hingga ke luar negeri dan balik modal dalam waktu kurang dari setahun dengan pengasilan mencapai 30-40 juta/bulan.

Beberapa usaha mainan anak dari kayu yang ia buat adalah puzzle, dekorasi unik hingga mainan edukasi anak. Untuk tipsnya sendiri dikatakan bahwa ia sering mengikuti berbagai pameran untuk memperkenalkan produknya serta memasarkan produknya melalui media sosial pula.

Melihat peluang usaha mainan anak dari kayu tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya, bukan?

Bisnis Mainan Anak Excavator

usaha mainan anak terbaru

Salah satu bisnis lain yang tidak kalah menariknya adalah bisnis mainan anak excavator atau alat berat. Mainan ini biasanya jadi favorit anak laki-laki dan biasa dimainkan oleh anak berumur 3-6 tahun. Dulunya mungkin excavator hanya berupa mainan kecil yang dimainkan dengan tangan. Namun sekarang, ada bisnis mainan anak excavator yang bisa dikendarai dan digerakan langsung dengan pompa hidraulik untuk memberikan pengalaman layaknya menggunakan excavator sungguh.

Kelebihan dari usaha sewa mainan anak yang satu ini adalah Anda hanya perlu mengeluarkan sekali modal awal sekitar Rp650.000 – Rp 1.000.000.

Setelahnya, Anda bisa menyewakan mainan excavator di wilayah hiburan maupun taman wisata dengan tarif sewa Rp 5.000 – Rp 15.000/15 menitnya. Cukup dengan 16 penyewa, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan Rp 160.000/hari atau sekitar Rp 6.000.000/bulan. Menguntungkan sekali, bukan?

Peluang usaha mainan excavator sangatlah besar asalkan Anda bisa menemukan lokasi yang ramai anak-anak.

Usaha Mainan Anak Mandi Bola

usaha mainan anak yg lagi trend

Ketika Anda pergi ke mall-mall, Anda pasti tidak asing lagi dengan usaha mainan anak mandi bola. Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa keuntungan yang mereka peroleh tiap harinya? Jika Anda berniat untuk membuat bisnis mainan anak modal kecil, maka bisnis inilah jawabannya.

Modal usaha mainan anak mandi bola sendiri berkisar antara Rp 5.000.000 – 7.000.000, tergantung dari luas kolam. Peluang usaha mainan anak mandi bola sangatlah besar karena untuk sekali bermain, anak-anak akan dihargai dengan Rp 10.000 – Rp 15.000.

Bayangkan jika terdapat 20 anak-anak tiap harinya, Anda sudah bisa mengantongi minimal Rp 6.000.000/bulan.

Dalam sebulan, Anda sudah bisa langsung balik modal.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis Untuk Bisnis Online

Bisnis Mainan Anak Import

strategi jualan mainan anak

Jika Anda tertarik mengembangkan usaha permainan anak terbaru secara online, maka bisnis mainan anak import bisa jadi salah satu pilihannya. Untuk mainan anak import, Anda bisa membelinya dari importir maupun melalui marketplace. Namun, mungkin akan dibutuhkan waktu 1 bulan – 2 bulan sebelum barang bisa sampai.

Namun, Anda juga bisa mencari supplier lokal di Pasar Senen, Pasar Gembrong, dan pasar-pasar lainnya di Indonesia yang juga banyak menjual mainan-mainan yang unik dan diminati anak-anak.

Bisnis Mainan Anak Pakai Koin

peluang usaha mainan anak

Usaha sewa mainan anak lainnya yang bisa Anda coba adalah bisnis mainan anak pakai. Peluang bisnis mainan anak pakai koin ini sangatlah besar karena Anda hanya perlu menyiapkan modal awal. Sementara untuk biaya operasional, Anda hanya perlu membayar biaya listrik.

Untuk supplier alatnya sendiri bermacam-macam, salah satunya adalah PT Suryapratama Agung Persada yang menawarkan investasi sebesar Rp 30 juta untuk dua unit mainan anak pakai koin. Untuk permainannya sendiri bermacam-macam mulai dari speed fish, mini motorbike, smart train, dan lainnya. Meskipun modal awal terkesan besar, namun keuntungan yang Anda peroleh juga sangat tinggi.

Bisnis Mainan Anak Odong-Odong

Tidak berbeda jauh dengan bisnis mainan anak dengan Koin, bisnis mainan anak odong-odong juga jadi favorit anak-anak, nih. Untuk modal bisnis mainan anak odong-odong pun berbeda-beda, tergantung dari jenis mainan apa yang ingin Anda sewakan. Untuk odong-odong motor, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 20 juta. Sementara untuk odong-odong mobil sekitar Rp 45 juta.

Apabila Anda mematok harga sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000 per orang, maka Anda bisa mengantongi hingga Rp 200 ribu/harinya. Bisnis mainan anak SD mudah untuk dimulai namun ada keterbatasan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Usaha Mainan Anak Pasir Ajaib

bisnis mainan anak modal kecil

Usaha permainan anak terbaru yang satu ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Simpelnya begini, Anda hanya perlu menyediakan meja dan pasir yang bisa dibentuk sesuai keinginan anak-anak. Untuk harga pasirnya pun berkisar Rp 50 ribu – 70 ribu/kg, sementara itu Anda perlu juga menyiapkan cetakan dan meja dengan kualitas yang sesuai keinginan Anda.

Berdasarkan pengalaman dari salah satu penjual di Youtube, untuk modal keseluruhan usaha mainan anak pasir ajaib ini adalah sekitar Rp 1 – 2 juta.

Usaha Mainan Anak Rentengan

Usaha sewa mainan anak

Untuk usaha mainan anak terbaru yang satu ini bisa Anda lakukan secara sangat mudah. Cukup cari supplier yang menjual mainan anak rentengan dalam jumlah banyak, lalu Anda bisa menjual mainan tersebut dengan harga Rp 2.000 atau Rp 1.000.

Karena itulah jenis bisnis ini sering juga disebut sebagai Usaha Mainan Anak Serba 2000 atau Bisnis Mainan Anak Serba 1000 tergantung dari harga mainan yang Anda patok.

Bisnis Mainan Anak Edukatif

bisnis mainan anak sd

Selain itu, usaha mainan edukasi anak juga sedang diminati terlebih oleh orang tua yang memiliki anak-anak dengan usia kecil mulai dari 2 – 10 tahun. Peluang usaha mainan anak edukatif sangatlah besar karena banyak orang tua yang rela memberikan mainan edukatif kepada anak-anaknya dengan tujuan untuk perkembangan kecerdasan si anak.

Strategi Jualan Mainan Anak Agar Sukses Besar

Peluang usaha mainan anak memang sangat besar. Namun tanpa strategi jualan mainan anak yang tepat, belum tentu bisnis Anda bisa berhasil. Oleh karenanya, pastikan Anda menerapkan 7 tips bisnis jualan anak berikut ini.

  1. Siapkan Modal yang Cukup
  2. Menetapkan Harga yang Tepat : Tidak terlalu mahal atau murah agar bisa tetap bersaing namun bisa memperoleh BEP dalam waktu 2-3 tahun.
  3. Promosi melalui berbagai channel (iklan, media sosial, dst)
  4. Temukan lokasi bisnis yang strategis (terutama untuk usaha sewa mainan anak)
  5. Lakukan evaluasi secara berkala (pastikan bisnis Anda memang membawa keuntungan)

Baca juga : Cara Promosi Baju Di Whatsapp? Begini Caranya!

Itu dia beberapa contoh usaha permainan anak terbaru, strategi jualan mainan anak hingga usaha sewa mainan anak yang bisa Anda coba mulai. Sudah tau bisnis apa yang ingin Anda geluti nanti?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *