Contoh Pembukuan Reseller Sederhana

April 29, 2021 10:43 am Published by Leave your thoughts
contoh pembukuan reseller sederhana

Menjadi reseller, Anda memang tidak perlu serepot membuka bisnis dari awal. Produk sudah ada, Anda tinggal mempromosikan dan menjual barang lalu mendapatkan omzet. Namun bukan berarti Anda tidak memiliki pembukan sendiri, nih. Simak contoh pembukuan untuk Reseller berikut ini! Ada contoh pembukuan stok barang manual dan contoh pembukuan keuangan juga, lho!

Manfaat Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Nah sebelum masuk ke contoh pembukuan sederhana, Anda wajib tau terlebih dahulu nih manfaat pembukuan sederhana untuk usaha kecil.

Memisahkan Aset Secara Jelas

Ini salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh reseller, yaitu mencampur aset bisnis reseller dan aset pribadi. Hal ini dilakukan terlebih ketika awal-awal baru memulai bisnis reseller. Anggapannya mungkin karena bisnis masih kecil sehingga tidak membutuhkan pembukuan bisnis secara spesifik.

Padahal sebaliknya, ketika omzet masih kecil, Anda harus memisahkan pembukuan bisnis dan pribadi untuk memastikan bahwa bisnis Anda memang membawa keuntungan dan layak untuk Anda lanjutkan.

Pelacakan Transaksi

Dalam artikel ini, akan disajikan 2 contoh pembukuan, yaitu contoh pembukuan stok barang manual dan contoh pembukuan keuangan. Kenapa kedua pembukuan ini sangat penting?

Salah satunya jelas untuk bisa melacak tiap transaksi Anda secara mendetail, memastikan tidak ada kesalahan atau kehilangan stok maupun modal uang baik karena kekeliruan maupun tindakan disengaja.

Dengan adanya pembukuan, Anda akan tau kemana harus mencari ketika terjadi selisih stok produk maupun selisih uang.

Evaluasi Bisnis

Manfaat pembukuan sederhana untuk usaha kecil lainnya adalah agar bisa dijadikan dasar menentukan langkah bisnis Anda selanjutnya. Jika penjualan harian Anda masih kecil, mungkin ada strategi marketing yang harus Anda coba terapkan agar penjualan Anda bisa meningkat. Jika omzet Anda sudah membesar, apakah ini waktunya untuk ekspansi dan menambah tenaga.

Jangan salah, nyatanya banyak juga pengusaha reseller yang mencari reseller lain untuk membantu bisnisnya yang semakin membesar.

Contoh Pembukuan Reseller

Contoh Pembukuan Stok Barang Manual

Jika membuatnya dengan Excel, stok pembukuan akan jauh lebih mudah. Namun jika Anda ingin membuatnya secara manual, maka ada beberapa template stok barang yang harus Anda buat. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan Microsoft Excel maupun secara manual dengan menulisnya di kertas.

  • Template Stok Keluar : Total diisi dengan jumlah keluar barang di akhir bulan.
contoh pembukuan sederhana
  • Template Stok Masuk : Total diisi dengan jumlah masuk barang di akhir bulan.
contoh pembukuan stok barang manual
  • Template Stok Total Keluar-Masuk : lengkapi kolom kode barang, nama barang, harga barang dan stok barang di awal periode. Di akhir bulan, Anda bisa menghitung total dari mutasi tiap barang dan memasukannya ke kolom Stok Akhir pada template stok Keluar-Masuk ini.
contoh pembukuan stok barang

Contoh Pembukuan Keuangan

Contoh pembukuan reseller yang akan disajikan di artikel ini tidak hanya terbatas pada contoh pembukuan stok barang manual, namun juga contoh pembukuan keuangan. Kedua jenis pembukuan ini sama-sama penting dan harus diterapkan dalam bisnis reseller Anda.

Pembukuan keuangan ini terdiri dari transaksi pengeluaran dan pemasukan.

Dengan mempelajari pengeluaran, Anda bisa dengan mudah mengetahui merencanakan jumlah penjualan yang harus Anda peroleh untuk menutupi jumlah pengeluaran. Sementara itu, Anda juga bisa meminimalisir kebutuhan operasional Anda apabila jumlah pengeluaran melebihi kas masuk Anda.

Begitu juga dengan mengetahui jumlah pemasukan, maka Anda bisa memperkirakan potensi bisnis Anda kedepannya dan strategi apa yang harus Anda lakukan untuk semakin memaksimalkan omzet Anda. Lihatlah contoh pembukuan reseller di bidang keuangan berikut ini.

contoh pembukuan keuangan

Untuk bisa menelusuri selisih uang yang terjadi, tiap transaksi perlu diberi tanggal. Saldo bulan lalu diperolah dari saldo uang di bulan sebelumnya. Untuk semua pendapatan Anda, masukan di kolom Penerimaan (Debit). Sementara biaya operasional dimasukan ke kolom Pengeluaran (Kredit).

Itu dia contoh pembukuan reseller sederhana berupa contoh pembukuan stok barang manual dan contoh pembukuan keuangan. Tidak terlalu sulit, bukan? Jika Anda menggunakan apilkasi Microsoft Excel atau spreadsheet membuat pembukuan akan sangat mudah karena sudah ada rumus otomatis yang bisa digunakan untuk perhitungan. Datanya pun bisa tersimpan rapi di laptop Anda sehingga tidak ada resiko hilang.

Baca juga : Siapa Takut? Ini Cara Menjadi Dropshipper Sukses!

Sistem Pembukuan Otomatis

Faktanya, membuat pembukuan secara manual bisa menghabiskan banyak waktu berharga Anda. Selain itu, salah satu resiko dari pembukuan manual adalah kemungkinan adanya human error yang mengakibatkan Anda harus bekerja ekstra keras untuk mengidentifikasi kesalahan yang terjadi.

Oleh karenanya, banyak pebisnis yang mulai beralih ke sistem pembukuan otomatis. Di AVANA, kami menyediakan sistem pembukuan otomatis untuk reseller.

sistem pembukuan reseller otomatis

Disini, Anda sebagai reseller bisa mengecek jumlah pendapatan, jumlah produk yang telah berhasil Anda jual, produk apa yang paling banyak dibeli dan masih banyak lagi informasi lainnya.

Bukan hanya itu saja, AVANA juga membuka Komunitas Reseller dimana Anda bisa mencari brand-brand lokal yang open reseller.

gabung reseller online shop gratis

Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi agen reseller dari ribuan brand lokal mulai dari brand fashion, peralatan hiking, kesehatan dan bidang lainnya.

Nah, Anda bisa dengan mudah daftar jadi reseller online shop gratis di Komunitas Reseller oleh AVANA, nih!

Cara-caranya pun gampang banget, lho!

  1. Buka link ini lewat handphone.
  2. Lengkapi form hingga akhir. 
  3. Pilih jenis brand yang sesuai minat kamu. 
  4. Klik “Join to be Agent
  5. Tunggu konfirmasi dari brand bersangkutan.
  6. Langsung jualan dan dapatkan penghasilan tambahan.

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai program ini maupun AVANA?

Tags: , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *