Contoh Deskripsi Produk Makanan Untuk Menarik Hati Pelanggan

February 10, 2021 4:31 pm Published by Leave your thoughts
contoh deskripsi produk makanan

Dikarenakan pandemi yang melanda, dan semua orang terpaksa harus di rumah aja muncul berbagai macam keahlian baru yang kemudian diubah menjadi peluang bisnis. Salah satunya adalah bisnis makanan. Rasa memang nomor 1, namun sebelum itu, ada tahap promosi yang harus dilakukan bukan? Nah ini contoh deskripsi produk makanan untuk menarik hati pelanggan Anda! Selain itu, kami cantumkan juga contoh kata-kata promosi makanan di Whatsapp dan kata-kata promosi makanan di Instagram.

Oh iya untuk Anda yang ingin memiliki website toko online sendiri agar bisa terlihat lebih terpercaya dan tidak perlu banting-bantingan harga dengan jutaan kompetitor di marketplace, maka Anda bisa membuat website toko online Anda secara GRATIS di AVANA. Hanya butuh waktu 5 menit saja!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Sebelum kita masuk ke contoh deskripsi produk makanan untuk menarik hati pelanggan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tahapan sebelum membuat deskripsi tersebut.

Kenali Produk Anda dengan Baik

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan ini tidak hanya berlaku bagi calon pelanggan Anda, namun Anda sebagai penjual juga harus mengenali produk yang akan Anda jual. 

Apa saja yang perlu Anda ketahui? Pastikan Anda mengetahui bahan-bahannya, proses pembuatannya hingga sejarahnya.

Kenapa?

Karena hal-hal tersebut dapat menjadi isi dari deskripsi produk makanan yang akan Anda buat nantinya.

Contoh deskripsi usaha makanan yang tidak boleh ditiru: “Makanan ini enak sekali pokoknya, gak peduli buatnya dari apa, masaknya gimana.”

Deskripsi yang seperti ini terlalu umum dan tidak benar-benar menggambarkan makanan seperti apa yang sebenarnya ditawarkan kepada pembeli, oleh karena itu jangan buat seperti ini ya!

Tentukan Target

Selanjutnya, tentukan kepada siapa Anda akan menjual makanan Anda. Setiap target dengan kategori tertentu memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda. Nah, sebagai penjual, Anda harus memahami siapa saja target konsumen Anda.

Kenapa demikian?

Hal ini penting agar Anda dapat membuat deskripsi produk makanan yang bisa menarik perhatian pembeli dengan menggunakan bahasa yang tepat sesuai dengan target Anda. Jika target Anda adalah anak muda, maka Anda dapat menggunakan bahasa ‘kekinian’. Berikut contoh deskripsi makanan yang bisa Anda coba ikuti.

Contoh deskripsi bisnis makanan untuk Anak Muda

contoh deskripsi usaha makanan

Tuliskan Bahan dan Manfaat Makanan

Jika Anda telah mengenali produk makanan yang akan Anda jual, bagian ini akan menjadi bagian yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda cukup menuliskan bahan-bahan pembuat makanan yang Anda jual, jangan lupa untuk mencantumkan manfaat dari mengkonsumsi makanan tersebut agar lebih persuasif.

Singkat, Padat, Jelas

Deskripsi produk makanan yang Anda buat sebaiknya jangan terlalu panjang. Buatlah deskripsi produk makanan yang singkat, padat, dan jelas agar calon pembeli tidak lelah membacanya,. Selain itu dengan membuat deskripsi yang singkat, padat, dan jelas, deskripsi tersebut akan lebih mudah dibaca dan lebih menarik dibanding deskripsi yang panjang. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti, Anda juga dapat menggunakan bullet points agar lebih mudah untuk dibaca.

Ingat, ini menulis deskripsi saja, bukan menulis cerita.

Baca : Contoh Deskripsi Produk Sepatu

Hindari Kata-Kata Klise

Agar produk Anda menonjol di antara kompetitor, tulislah deskripsi yang menarik dan unik. Contoh deskripsi makanan yang pasti banyak Anda temui adalah “Pasti Lezat”. Jika Anda hanya menggunakan deskripsi seperti itu, maka produk Anda akan sama dengan produk penjual produk makanan lainnya. Oleh sebab itu, rangkailah kata sebaik mungkin agar deskripsi produk Anda melekat di benak pembeli.

Gunakan Foto/Video Terbaik

Kami telah memberikan beberapa contoh deskripsi makanan. Namun sebelum membuat deskripsi produk makanan, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan foto atau video terbaik dari produk makanan yang akan Anda jual. Jika Anda hanya menulis deskripsi tanpa adanya visualisasi maka akan kurang lengkap. Foto atau video yang menarik juga akan memberikan gambaran seenak apa makanan yang Anda tawarkan.

Bagaimana menurut Anda tips diatas, apakah memudahkan Anda untuk membuat deskripsi produk makanan?

Oke, sekarang mari kita kembali pada contoh deskripsi produk makanan yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda.

Contoh Deskripsi Produk Makanan

Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram : Bittersweet

kata kata promosi makanan di Instagram

Anda bisa banget nih buat deskripsi yang seperti ini. Deskripsi kekinian akan membuat pembeli merasa lebih relatable sama produk makanan yang Anda jual.

Nih dikasih lagi deh contoh deskripsi usaha makanan-minuman yang bisa ditiru:

Deskripsi ini mungkin terlihat panjang dan sedikit bertentangan dengan prinsip singkat, padat, jelas, namun bisa Anda lihat, deskripsinya tidak membosankan dan engaging juga sangat informatif.

Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram : Kopi

kata kata promosi makanan di Instagram

Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram : Milk Tea

Kata Kata Promosi Makanan di Instagram

Contoh Deskripsi Produk Makanan Makaroni

contoh deskripsi produk makanan makaroni

Kata-Kata Promosi Makanan di Whatsapp

Selain melalui Instagram, media lain yang sering digunakan untuk promosi adalah Whatsapp. Pengguna Whatsapp di seluruh dunia telah mencapai 2 miliar orang. Jika Anda baru memulai bisnis, mempromosikan produk melalui grup Whatsapp, kepada orang-orang terdekat bisa jadi langkah yang tepat. Simak beberapa contoh kata-kata promosi makanan di Whatsapp berikut ini supaya Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan lagi.

Berikan Promo Berjangka

kata kata promosi makanan di Whatsapp

Tips pertama ketika membuat kata-kata promosi di Whatsapp adalah cantumkan produk yang Anda jual, harga produk, dan sertakan juga promosi yang disertai batas waktu tertentu yang membuat pelanggan merasa harus segera membeli produk tersebut.

Gunakan Fakta yang Mengejutkan!

kata kata promosi makanan di Whatsapp

Cara lain adalah dengan menggunakan fakta yang relevan dan bisa menyentuh atau menggunggah audiens. Semisalkan pada contoh kata-kata promosi di Whatsapp ini menekankan pada dampak buruk Indomie yang biasanya sering dikonsumsi oleh anak muda. Garisbawahi juga bahwa produk Anda bisa menyelesaikan masalah mereka. Dalam hal ini, produk paket makanan diatas bisa memberikan kesehatan bagi anak muda dengan harga yang relatif murah dan tidak menguras kantong.

Batas Maksimal Pembelian

kata kata promosi makanan di Whatsapp

Selain promo berjangka, Anda juga bisa menyertakan batas maksimal pembelian untuk produk yang Anda jual agar bisa lebih menarik perhatian pembeli supaya langsung membeli produk Anda secepatnya sebelum kehabisan.

Bagaimana contoh deskripsi makanannya? Sudah cukup jelas kan? 

Buat Anda yang baru ingin udah punya produk makanan dan ingin membuka toko online, Anda bisa intip Tips Bikin Deskripsi Toko Online sebagai permulaan.

Ada pertanyaan mengenai AVANA atau fitur-fitur kami lainnya? Klik tombol info lebih lanjut di bawah ini.

AVANA sudah tersedia di aplikasi Android dan iOS. Sekarang, Anda bisa mengelola toko online dari mana saja.

Categorised in: ,

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *