Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Kue, Makanan Khas Daerah & Internasional

April 28, 2021 12:00 pm Published by Leave your thoughts
contoh analisis swot produk makanan ringan

Sebelum membangun bisnis makanan Anda, pastikan bahwa Anda telah terlebih dahulu membuat analisis SWOT. Jika Anda tidak familiar dengan analisis ini, Anda bisa mengeceknya secara lengkap disini. Nah, untuk Anda yang bingung harus memulai darimana, simak contoh analisis SWOT usaha makanan berikut ini! Ada contoh analisis SWOT produk makanan ringan, contoh analisis SWOT usaha kue dan contoh analisis SWOT makanan internasional juga pastinya.

Manfaat Analisis SWOT Usaha Makanan

contoh analisis swot usaha makanan

Seperti yang Anda ketahui, usaha makanan selalu berkembang pesat tiap harinya. Namun meskipun persaingannya kian ketat, tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada saja bisnis makanan baru yang berhasil meraih kesuksesan bahkan hingga membuka cabang di berbagai tempat.

Bagaimana cara mereka melakukannya?

Salah satu manfaat analisis SWOT adalah untuk memastikan bahwa bisnis makanan Anda memang memiliki potensi untuk sukses di target pasar yang Anda sasar dengan kompetitor yang telah ada.

Simak contoh analisis SWOT usaha makanan berikut jika Anda bingung darimana harus memulai.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

manfaat analisis SWOT usaha makanan

Salah satu yang paling unik dari bisnis makanan adalah karena terdapat beberapa jenis makanan untuk target pasar yang sama namun Anda tidak perlu bersaing dengan kompetitor target pasar serupa.

Maksudnya begini, anggaplah terdapat Mahasiswa A. Dengan karakteristik yang ia miliki, Mahasiswa A sangatlah cocok untuk menjadi target dari bisnis makanan ringan A. Namun di saat yang sama, bisa jadi Mahasiswa A juga cocok untuk target bisnis makanan khas daerah dan internasional.

Berbeda dengan bisnis lain seperti operator telepon, perangkat elektronik dan lainnya, bisnis makanan sangatlah unik satu sama lain dari segi rasa, bentuk, aroma dan lainnya. Membuat produk makanan yang unik relatif tidaklah sulit, sehingga akan mudah untuk membedakan bisnis Anda dengan kompetitor yang sudah ada.

Simak beberapa contoh analisis SWOT dari berbagai bisnis makanan ini yang pastinya bisa jadi referensi untuk bisnis Anda.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

contoh analisis swot usaha kue

Marilah kita coba ambil bisnis makanan ringan Maici sebagai contoh. Maicih merupakan salah satu perusahaan keripik singkong terbesar di Indonesia. Salah satu yang paling khas dari Maicih adalah bagaimana mereka menjual keripik pedas dengan berbagai varian rasa dan tingkat pedas. Jika dianalisis, kurang lebih beginilah contoh analisis SWOT produk makanan ringan dari Maicih.

Strength (Kekuatan)

  • Bahan baku mudah didapatkan di Indonesia.
  • Harga bahan baku yang relatif murah
  • Memiliki varian rasa yang beragam dan disesuaikan dengan selera konsumen
  • Memiliki varian pedas yang bisa disesuaikan konsumen. Fitur pedas merupakan favorit dari orang Indonesia terutama anak muda.

Weakness (Kelemahan)

  • Distribusi produk sulit karena mudah rusak
  • Tidak bisa tahan lama
  • Proses produksi dalam jumlah besar membutuhkan banyak SDM

Opportunities (Peluang)

  • Jumlah peminat dan target pasar luas.
  • Dukungan dari pemerintah terhadap perkembangan bisnis lokal dan makanan khas daerah.
  • Nama brand telah dikenal luas melalui media sosial maupun TV nasional.

Threat (Ancaman)

  • Jumlah kompetitor yang sangat banyak
  • Penjualan produk yang tinggi seiring dengan tren atau hype sesaat.

Contoh Analisis SWOT Usaha Kue

analisis swot makanan khas daerah

Lalu, bagaimana dengan usaha kue? Untuk usaha kue sendiri juga akan sangat berpengaruh pada jenis kue yang Anda jual. Analisis SWOT usaha kue basah akan berbeda dengan analisis usaha kue kering. Nah karena analisis kue kering kemungkinan tidak akan berbeda jauh dengan analisis makanan ringan, disini akan disajikan contoh analisis SWOT usaha kue basah sebagai referensi Anda.

Contoh analisis SWOT usaha kue dibawah yaitu Seblak, makanan khas Bandung.

Strength (Kekuatan)

  • Bahan baku mudah didapatkan dan tahan lama
  • Tidak membutuhkan banyak SDM
  • Modal relatif kecil

Weakness (Kelemahan)

  • Kesulitan untuk melakukan ekspansi
  • Sulit untuk membangun brand image yang kuat.

Opportunities (Peluang)

  • Dukungan pemerintah untuk makanan lokal khas daerah.
  • Adanya channel penjualan online membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Threat (Ancaman)

  • Jumlah saingan banyak
  • Adanya pandemi membuat penjualan turut menurun.

Contoh Analisis SWOT Makanan Khas Daerah

analisis swot makanan rendang

Barangkali jika Anda menjual makanan khas daerah seperti Mie Aceh, Bika Ambon, Otak-Otak, Pempek dan lainnya. Berikut contoh analisis SWOT makanan khas daerah.

Contoh Analisis SWOT Makanan Rendang

Rendang sendiri merupakan hidangan tradisional khas Minangkabau. Pada awalnya, rendang hanya disajikan untuk perhelatan istimewa seperti upacara adat maupun pernikahan di Minangkabau. Namun kini, rendang telah menyebar ke berbagai daerah bahkan hingga ke luar negeri. Simak contoh analisis SWOT usaha makanan rendang berikut ini.

Strength (Kekuatan)

  • Tahan lama. Dikatakan bahwa rendang bisa bertahan hingga 3 bulan dan masih bisa dikonsumsi. Cocok untuk dijual di restoran maupun dibawa pulang untuk dimakan di kemudian hari.
  • Rasanya yang pedas namun tidak bertahan lama di tenggorokan cocok untuk penikmat masakan pedas maupun yang tidak bisa memakan pedas
  • Bahan baku mudah diperoleh
  • Salah satu makanan yang wajib ada di acara hari raya.

Weakness (Kelemahan)

  • Rendang memiliki kadar kolestoril cukup tingga, ditambah kandungan santan sehingga tidak cocok untuk orang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol dan asam urat.
  • Untuk membuat rendang yang enak diperlukan kemampuan masak yang mumpuni.

Opportunities (Peluang)

  • Eksposur media internasional yang luas. Rendang dikenal sebagai saah satu makanan terenak di dunia (Sumber : CNN Travel)

Threat (Ancaman)

  • Jumlah kompetitor banyak. Dimana ada restoran padang, maka mereka akan menyajikan rendang.

Contoh Analisis SWOT Pada Makanan Khas Daerah Dodol

contoh analisis swot pada makanan khas daerah dodol

Sebagai contoh lain, ini dia contoh analisis SWOT usaha makanan khas daerah Dodol. Dodol sendiri merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari santan kelapa, gula pasir dan tepung ketan.

Strength (Kekuatan)

  • Cocok untuk hari-hari perayaan besar.
  • Bahan-bahan mudah diperoleh di Indonesia
  • Termasuk makanan kaya zat besi dan jumlah kalori rendah. Makanan sehat yang cocok untuk diet.

Weakness (Kelemahan)

  • Membutuhkan waktu dan tenaga yang lama untuk membuat dodol.

Opportunities (Peluang)

  • Perkembangan internet dan channel penjualan media sosial memudahkan penyebaran dodol hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Threat (Ancaman)

  • Jumlah saingan yang cukup ketat dan tinggi.

Contoh Analisis SWOT Makanan Internasional

analisis swot makanan internasional

Setelah melihat contoh analisis SWOT usaha makanan daerah, sekarang waktunya untuk makanan internasional.

Banyak sekali makanan internasional yang telah masuk di Indonesia dan biasanya ditawarkan oleh bisnis-bisnis franchise. Beberapa contohnya adalah Sushi, Tom Yam, Dim Sum, Ramen, Pizza, dan masih banyak lagi.

Berikut merupakan contoh analisis SWOT makanan internasional, yaitu Sushi.

Strength (Kekuatan)

  • Variasi isi banyak dan mudah diinovasikan.
  • Memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Weakness (Kelemahan)

  • Target pasar cenderung sempit, tidak semua orang menyukai Sushi dengan isian yang mentah.

Opportunities (Peluang)

  • Eksposur Sushi dikenal luas melalui film-film Jepang yang beredar di luar negeri.

Threat (Ancaman)

  • Persaingan dengan bisnis-bisnis franchise Sushi lainnya.
  • Adanya rencana pembuangan limbah radioaktfi ke laut Jepang sehingga bahan-bahan yang diimpor langsung dari Jepang beresiko tinggi.

Itu dia beberapa contoh analisis SWOT usaha makanan yang bisa dijadikan referensi untuk bisnis Anda. Bagaimana, sudah siap untuk membangun bisnis makanan yang sukses dengan omzet yang besar pula?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *