Contoh Analisis SWOT Produk Bisnis Online

April 26, 2021 12:01 pm Published by Leave your thoughts
contoh analisis swot produk bisnis online

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah analisis SWOT. Namun tahukah Anda? Analisis SWOT juga penting untuk dilakukan pada produk dan bisnis online yang Anda miliki. Manfaat analisis SWOT bagi bisnis online Anda sangatlah besar dan bisa menentukan kesuksesan bisnis Online Anda. Untuk lengkapnya, simak contoh analisis SWOT produk bisnis online berikut! Ada contoh analisis SWOT perusahaan juga pastinya.

Pengertian Analisis SWOT

contoh analisis swot bisnis online

Pada dasarnya, pengertian analisis SWOT merupakan kependekan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunities (Kesempatan), Threat (Ancaman). Dengan mempelajari contoh analisis SWOT bisnis online, Anda bisa memperoleh gambaran mengenai bagaimana merancang analisis SWOT untuk bisnis Anda.

Analisis SWOT dibuat oleh Albert Humphrey pada tahun 1960an dan biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan maupun individual untuk memahami potensi diri mereka agar bisa merancang strategi terbaik untuk masa depan mereka.

Secara umum, Strength dan Weakness berfokus pada faktor-faktor internal. Sementara Opportunities dan Threats berfokus pada faktor-faktor eksternal.

  • Strength (Kekuaran) adalah faktor-faktor internal dalam perusahaan Anda yang menunjukan kelebihan perusahaan Anda apabila dibandingkan dengan kompetitor.
  • Weakness (Kelemahan) adalah kekurangan internal yang dirasa harus diperbaiki agar bisnis Anda bisa menjadi lebih baik lagi.
  • Opportunities (Kesempatan) berkaitan dengan faktor eksternal yang bisa mendukung penjualan maupun perkembangan bisnis Anda baik dari segi kompetitor, kesempatan pasar, permintaan masyarakat, dan lainnya.
  • Threat (Ancaman) berkaitan dengan faktor eksternal yang bisa menghambar penjualan maupun perkembangan bisnis Anda baik itu persaingan maupun regulasi dari pemerintah.

Secara umum, itu dia pengertian analisis SWOT dan elemen-elemennya.

Manfaat Analisis SWOT

contoh analisis swot bisnis ukm

Sebelum melihat lebih lanjut mengenai contoh analisis swot bisnis UKM, pastinya Anda harus terlebih dahulu memahami manfaat analisis SWOT.

Salah satu manfaat analisis SWOT yang utama adalah untuk memahami mengenai bisnis Anda. Layaknya ketika Anda memahami diri sendiri, maka Anda bisa memaksimalkan potensi yang Anda miliki dan memperbaiki kekurangan yang Anda miliki.

Namun secara umum, berikut beberapa fungsi analisis SWOT :

  • Membuat rangkuman analisis tentang faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi bisnis Anda.
  • Mempersiapkan berbagai pilihan strategi untuk menanggulangi resiko atau masalah yang akan muncul di masa mendatang.
  • Dengan mengetahui kelebihan dan hal-hal positif dari bisnis Anda, maka Anda bisa memaksimalkan potensi bisnis Anda serta membantu pertumbuhan bisnis Anda.
  • Dengan mengetahui kekurangan dan ancaman yang mengintai perusahaan Anda, maka Anda bisa merancang strategi penanggulan guna meminimalisir krisis dan masalah yang mungkin datang.
  • Menjadi dasar untuk pembuatan ramalan penjualan sesuai dengan kondisi pasar yang ada saat ini.

Dengan mempelajari berbagai contoh analisis SWOT perusahaan yang akan kami berikan, Anda pastinya juga bisa memperoleh berbagai manfaat analisis SWOT yang telah kami tuliskan diatas.

Metode Analisis SWOT

Metode analisis SWOT analisis terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu analisis internal (Strength dan Weakness) serta analisis eksternal (Opportunities dan Threats).

Biasanya, analisis SWOT dibuat dalam tabel seperti di bawah ini.

template analisis SWOT

Untuk melakukan analisis SWOT perusahaan secara tepat, Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Berikut beberapa tahap yang harus Anda lakukan.

Kumpulkan Partisipan

Kumpulkan orang-orang yang bisa memberikan perspektif penting yang berguna bagi bisnis Anda. Dalam membuat analisis SWOT, Anda tidak bisa mengandalkan diri Anda sendiri. Jika Anda baru membangun bisnis dan belum memiliki tim, Anda bisa meminta pendapat teman atau mentor Anda.

Namun jika tim Anda sudah cenderung besar, maka Anda wajib mengumpulkan perwakilan dari berbagai divisi berbeda mulai dari tim produk, tim marketing, tim CS, dan banyak lagi. Tujuannya adalah untuk memperoleh perspektif komprehensif dan tidak bias.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengumpulkan pelanggan setia Anda dan meminta pendapat mereka. Bagaimanapun, pelanggan lah yang akan paling memahami bisnis Anda.

Brainstorming

Layaknya rapat, Anda bisa melakukan brainstorming dengan semua partisipan. Namun untuk memancing ide yang lebih original, Anda bisa meminta partisipan untuk terlebih dahulu menuliskan ide yang mereka miliki di selembar kertas.

Kelompokan Ide

Setelah ide dikumpulkan, Anda bisa mengelompokan ide-ide yang serupa. Semakin banyak jumlah orang yang memiliki ide-ide serupa, maka ide tersebut akan semakin valid.

Contoh Analisis SWOT Bisnis Online

Dengan membaca metode analisis SWOT diatas, seharusnya Anda sudah bisa membuat analisis SWOT bisnis Anda sendiri. Namun untuk lebih mempermudah Anda, berikut contoh analisis SWOT produk bisnis online.

contoh swot perusahaan
Template Analisis SWOT

Baca juga : Contoh Deskrips Toko Online

Contoh Analisis SWOT Bisnis Fashion

Sebagai contoh kasus, berikut merupakan contoh analisis SWOT perusahaan yang bergerak di bidang fashion atau penjualan pakaian.

Anggaplah Brand X adalah salah satu brand ternama yang menyasar target pasar high-end dengan desain baju yang unik dan terlihat elegan. Mungkin kurang lebih beginilah contoh analisis SWOT produk bisnis online-nya.

contoh swot produk
Contoh Analisis Bisnis Online Fashion Brand X

Baca juga : Contoh Analisis SWOT Perusahaan Pakaian

Contoh Analisis SWOT Bisnis UKM Fashion

Sebelumnya diatas merupakan contoh analisis SWOT perusahaan yang sudah stabil dan berkembang. Namun, bagaimana dengan contoh analisis SWOT bisnis UKM di bidang fashion?

Sebut saja UKM Y dengan produk fashion berupa kaos yang dijual dengan harga murah, memiliki desain yang unik. Namun, modalnya terbatas dan tidak memiliki tenaga maupun kemampuan untuk menjangkau pasar online.

Berikut merupakan contoh analisis SWOT produk bisnis online-nya.

contoh analisis SWOT bisnis UKM
Contoh Analisis SWOT Bisnis UKM Fashion

Contoh Analisis SWOT Produk

Setelah sebelumnya melihat contoh analisis SWOT bisnis online, Anda juga harus memahami bahwa produk juga memiliki SWOT-nya sendiri. Setiap Anda membuat produk baru, Anda juga perlu membuat analisis SWOT-nya.

Simak contoh SWOT produk berikut ini.

Contoh SWOT Produk Makanan

Sebut saja Brand KF* adalah salah satu franschise makanan siap saji ayam goreng yang berlokasi di daerah perumahan di Bekasi. Kira-kira, beginilah contoh analisis SWOT produk bisnis online-nya.

contoh analisis SWOT produk makanan
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan

Baca juga : Contoh Lain Analisis SWOT Usaha Makanan (Daerah, Internasional, Kue, Makanan Kering)

Contoh SWOT Produk Kerajinan

Beralih dari bisnis makanan, berikut merupakan contoh analisis SWOT produk kerajinan tas.

contoh analisis SWOT produk kerajinan tas
Contoh Analisis SWOT Produk Kerajinan Tas

Itu dia pengertian analisis SWOT dan beberapa contoh analisis SWOT produk bisnis online yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat analisis SWOT bisnis Anda sendiri. Cukup mudah, bukan?

Baca juga : Contoh Deskripsi Produk Tas yang Menjual

Seiring dengan perkembangan zaman, channel penjualan online merupakan salah satu opportunities (kesempatan) yang wajib Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli lagi.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *