Contoh Analisis SWOT Perusahaan Pakaian

May 3, 2021 5:18 pm Published by Leave your thoughts
contoh analisis swot perusahaan pakaian

Untuk Anda yang ingin membuka usaha fasion yang sukses, maka Anda wajib untuk membuat analisis SWOT bisnis online. Jika tidak tau harus memulai darimana, simak beberapa contoh analisis SWOT perusahaan pakaian berikut ini. Temukan juga contoh analisis SWOT usaha butik dan contoh analisis SWOT usaha jilbab.

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Pakaian

analisis swot usaha butik

Marilah mengambil bisnis Levi Strauss sebagai contoh. Levi Strauss merupakan salah satu perusahaan fashion yang produk utamanya adalah jeans biru.

Jika mengamati Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oppotunities (Kesempatan), dan Threats (Ancaman) dari Levi Strauss, mungkin kurang lebih begini.

Kekuatan (S) dari brand Levi Strauss

  • Jaringan Distribusi yang Kuat : Brand Levi Strauss telah berdiri puluhan tahun lamanya sehingga memiliki jaringan distribusi yang kuat dan menyebar hingga ke berbagai calon konsumen.
  • Supplier yang Bisa Diandalkan : Levi Strauss memiliki banyak supplier terpercaya yang tidak akan membiarkan terjadanya masalah pada rantai pasokan.
  • Otomatisasi Sistem : Lavi Strauss telah memiliki sistem otomatisasi yang memungkinkan bisnis ini untuk memproduksi produk berkualitas dalam jumlah besar dan melakukan scale-up.

Kelemahan (W) dari brand Levi Strauss

Analisis SWOT perniagaan pakaian
  • Nilai Profit Rendah : Data menunjukan bahwa profit dan margin brand Levi Strauss berada di bawah rata-rata industri.
  • USP belum terdefinisi : Meskipun produk Levi Strauss mengalami penjualan yang tinggi, namun belum bisa menemukan nilai USP (Unique Selling Proposition) yang bisa membedakan produk tersebut dengan kompetitornya.
  • Rencana Finansial Kurang Efektif : Data juga menunjukan bahwa Levi Strauss belum menggunakan sistem finansial mereka secara maksimal, yang mana rasio aset dan rasio liquid belumlah cukup baik dan masih bisa diatur secara lebih efektif.

Kesempatan (O) untuk brand Levi Strauss

  • Kesempatan Ekspansi Online : Beberapa tahun belakangan, Levi Strauss telah menggunakan dananya untuk melakukan ekspansi secara online. Masih ada kesempatan luas yang belum digali dan bisa memberikan keuntungan tak terbatas melalui online.
  • Tren Baru : adanya tren baru konsumen yang mengarah kepada fashion produk jeans membuka kesempatan tak terbatas bagi Levi Strauss.

Ancaman (T) untuk brand Levi Strauss

Contoh Analisis SWOT usaha jilbab
  • Kompetitor : adanya pengembangan teknologi baru oleh kompetitor yang bisa menjadi ancaman bagi penetrasi brand Levi Strauss untuk jangka lama.
  • Kenaikan Harga Material : kenaikan harga bahan baku Levi Strauss bisa menyebabkan nilai profit yang semakin rendah.

Itu dia contoh analisis SWOT perniagaan pakaian. Sebagai contoh lain, inilah salah satu SWOT produk terlaris di Bulan Ramadhan. Simak contoh analisis SWOT usaha jilbab.

Baca juga : Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Kue, Makanan Khas Daerah & Internasional

Contoh Analisis SWOT Usaha Jilbab

contoh analisis swot perusahaan pakaian

Marilah kita ambil contoh salah satu bisnis jilbab lokal yang masih cenderung kecil dan fokus penjualannya hanya pada kota Bandung. Sebut saja usaha jilbab Sejahtera.

Kekuatan (S) dari brand Jilbab Sejahtera

  • Bahan cenderung mudah didapatkan dengan harga yang murah apabila dibeli dengan jumlah besar.
  • Model relatif simpel dan sederhana sehingga cara pembuatan dan penjahitan pun tidak memakan waktu lama.
  • Interaksi yang baik dengan calon pembeli.

Kelemahan (W) dari brand Jilbab Sejahtera

manfaat analisis swot

Sementara itu, contoh analisis swot usaha butik berupa kekurangan dari brand Jilbab Sejahtera adalah sebagai berikut.

  • Keterbatasan SDM untuk produksi produk dalam jumlah besar.
  • Brand awareness yang hanya berpusat pada kota Bandung dan tidak diketahui oleh brand-brand di luar kota Bandung.
  • Promosi baru melalui media offline dan belum menjangkau jaringan online.

Kesempatan (O) dari brand Jilbab Sejahtera

  • Tren busana muslim yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan dengan jenis dan variasi yang berbeda-beda pula untuk menyesuaikan selera dan kebutuhan masyarakat.
  • Jumlah pasar yang sangat luas. Nyaris 98% masyarakat Indonesia memegang agama Islam.

Ancaman (T) dari brand Jilbab Sejahtera.

Selain itu, inilah contoh analisis SWOT perniagaan batik, yaitu ancaman terhadap bisnis fashion.

  • Kompetitor Semakin Bertambah. Tiap bulannya akan muncul minimal satu bisnis baru yang bergerak di bidang penjualan jilbab.
  • Produk Impor. Munculnya produk-produk impor yang sangat murah harganya, terlebih di marketplace yang masih menggunakan sistem banting-bantingan harga.

Nah, itu dia beberapa contoh analisis SWOT perusahaan pakaian dan contoh analisis SWOT usaha jilbab. Apakah cukup membantu?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *