Ingin Memulai Bisnis Hijab Sendiri? Catat Tips Berikut Ini!

November 12, 2021 11:58 am Published by Leave your thoughts

Teman AVANA, Anda tertarik untuk memulai usaha dengan modal kecil namun bisa untung besar? Anda bisa memulai bisnis hijab! Saat ini, hijab sudah menjadi salah satu trend fashion yang mendunia lho. Nggak cuma brand-brand besar saja yang mengeluarkan beragam model hijab, namun banyak UMKM dan bisnis rumahan yang berlomba-lomba mengeluarkan produk hijab. 

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis hijab, ada beberapa hal nih yang perlu Anda perhatikan dan juga lakukan agar bisnis Anda lancar. Simak bersama-sama yuk!

Tips Memulai Bisnis Hijab

Bisnis Hijab: Menjadi Reseller/Dropshipper Terlebih Dahulu

Teman AVANA, jika Anda masih belum memiliki modal yang besar dan belum yakin untuk memproduksi hijab sendiri, Anda bisa banget lho menjadi reseller/dropshipper bisnis hijab dari toko lain. Hasil keuntungannya nanti bisa Anda tabung untuk memproduksi hijab merk Anda sendiri. Terdapat dua cara yang bisa Anda pilih, menjadi Reseller atau Dropshipper. 

Jika Anda memilih jadi dropshipper bisnis hijab, Anda tidak perlu melakukan stok barang dan mengirimkan barang. Anda disini hanya sebagai pihak yang menjembatani antara supplier dan pembeli. Anda bisa mengambil keuntungan dengan menaikkan harga dari yang telah ditentukan oleh supplier. Saat mendapatkan orderan, Anda perlu mengkonfirmasi dan melakukan pembayaran ke supplier dengan harga yang tertera, lalu supplier akan memproses orderan Anda dan mengirimkannya ke pelanggan Anda. 

Sedangkan reseller, Anda harus menyetok barang dengan minimal pembelian yang telah ditentukan supplier. Namun biasanya, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk dijual kembali. Anda perlu menyetok barang dan mengirimkan barang ke pembeli. Namun, Anda bisa dengan bebas melakukan penjualan secara online maupun offline tanpa takut stok kosong atau pengiriman yang lama karena Andalah yang punya andil untuk mengatur hal tersebut. 

tips mulai bisnis hijab, bisnis hijab, cara mulai bisnis hijab

Nah, jika Anda sudah merasa siap untuk memproduksi merk hijab Anda sendiri. Anda perlu melakukan & memperhatikan beberapa hal ini: 

Baca juga: Rekomendasi Platform Buat Website Gratis Untuk Jualan Online

Bisnis Hijab: Tentukan Target Pasar & Lakukan Riset

Menentukan target pasar sangat penting untuk dilakukan sebelum menjalankan sebuah bisnis, termasuk pada bisnis hijab. Apakah target pasar Anda ibu rumah tangga? Apakah target Anda anak sekolahan atau kuliahan? Semuanya tentu memiliki background dan minat yang berbeda. Jadi, pastikan Anda menentukan target pasar yang tepat dan melakukan riset tentang apa yang diminati oleh target pasar Anda. 

Jenis Hijab yang Akan Dijual 

Setelah itu, Anda harus menentukan jenis hijab apa yang akan Anda jual. Ada banyak sekali jenis hijab dari berbagai bahan yang bisa dijual. Belum lagi, jika menjual hijab bermotif. Tentunya akan banyak sekali jenis dan pilihannya. Kembali lagi ya, pastikan Anda menentukan jenis hijab sesuai dengan apa yang target pasar Anda minati. 

tips mulai bisnis hijab, bisnis hijab, cara mulai bisnis hijab

Pilih Bahan Terbaik

Berikutnya adalah memilih bahan terbaik untuk bisnis hijab. Anda harus melakukan riset atau survei untuk mendapatkan bahan terbaik untuk hijab agar banyak yang meminati produk Anda. Umumnya, calon pembeli akan mencari hijab dengan bahan yang mudah diatur, lembut, nyaman serta tidak mudah lecek/kusut dipakai seharian.

Tentukan Harga Jual

Setelah melakukan perhitungan bahan, biaya produksi, marketing, dan sebagainya, kini saatnya Anda menentukan harga jual untuk bisnis hijab Anda. Di awal penjualan, ada baiknya jika Anda tidak langsung mematok harga yang tinggi agar calon pembeli tidak kaget. 

Buat Packaging Menarik 

Jangan hanya fokus pada bahan hijab saja, namun komponen seperti label dan packaging juga perlu Anda perhatikan agar calon pembeli tertarik pada produk bisnis hijab Anda. Ingat, saat ini sudah banyak sekali orang yang menjual hijab, sehingga orang akan mencari produk yang benar-benar bagus dan unik dari berbagai macam aspeknya. 

Jalankan Strategi Marketing yang  Tepat

Setelah semua siap, Anda bisa memulai bisnis hijab Anda. Jika modalnya masih belum banyak, Anda bisa menjual bisnis secar online, salah satunya melalui media sosial maupun platform seperti social commerce. Untuk media sosial, Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook dan Tiktok untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikan media sosial bisnis hijab Anda dengan website toko online menggunakan AVANA. Anda juga bisa memaksimalkan marketing Anda dengan AVANA.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Bisnis Anda

AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
tips mulai bisnis hijab, bisnis hijab, cara mulai bisnis hijab

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *