Ini Strategi Jitu Promosi Bisnis via Tiktok

April 1, 2022 4:16 pm Published by Leave your thoughts

Halo Teman AVANA!

Tahu kan kalau saat ini, aplikasi TikTok merupakan salah satu platform sosial media yang cukup populer di kalangan masyarakat dunia? Bahkan, berdasarkan data dari periklanan ByteDance, jumlah pengguna TikTok di Indonesia mencapai 92,07 juta pada tahun 2022 lho!

Nah saat ini, TikTok tidak hanya digunakan sebagai akun personal saja. Banyak juga pemilik bisnis yang pada akhirnya menggunakan TikTok untuk mempromosikan bisnis mereka karena promosi di TikTok dinilai dapat meningkatkan awareness secara organik. Apalagi, jika video bisnis Anda masuk ke halaman For You Page (FYP)!

Nah sebelum masuk ke strategi jitu promosi bisnis via TikTok, kira-kira apa saja sih kelebihan TikTok untuk bisnis?

1. Kemudahan pembuatan video

Keunggulan pertama dari aplikasi Tiktok adalah kemudahannya dalam membuat video. Pengguna Tiktok dapat langsung membuat, mengedit serta meng-upload video tanpa harus keluar dari aplikasi atau menggunakan aplikasi lain. Fitur-fitur yang disediakan juga beragam dan dapat dengan mudah dipahami sehingga membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan Tiktok. 

2. Durasi Video Tergolong Pendek

Video yang diupload di Tiktok umumnya berdurasi maksimal 3 menit saja. Bahkan lebih banyak pengguna Tiktok yang mengupload video berdurasi sekitar 15-30 detik saja. Video yang pendek ini tentunya tidak akan membuat orang yang menonton cepat merasa bosan.

3. Beragam Challenge Menarik

Cukup berbeda dengan aplikasi media sosial lainnya, keunggulan yang dimiliki Tiktok adalah adanya beragam challenge menarik. Challenge yang viral ini bisa diikuti oleh seluruh pengguna di seluruh dunia. 

Sekarang, kita masuk ke strategi promosi bisnis via Tiktok ya!

  1. Kenali Aplikasi Tiktok Lebih Dalam

Sebelum mulai mengupload video di Tiktok, kenali Tiktok lebih dalam. Jika Anda tidak terbiasa mengedit video, Anda mungkin akan kesulitan di awal. Coba untuk pahami semua fitur-fiturnya, cobalah untuk praktik merekam dan juga edit menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Tiktok.

  1. Lakukan Riset

Mulai lakukan riset kecil-kecilan untuk menambah referensi. Dari mulai content creator yang aktif dan sering trending,konten seperti apa yang sedang viral, lagu apa yang sedang banyak digunakan, hingga bagaimana cara para content creator mendapatkan views, likes dan comments yang banyak. Cari referensi sebanyak-banyaknya agar apa yang ingin Anda post di Tiktok bisa berhasil.

  1. Aktif Membuat Konten Menarik

Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa mulai dari memperkenalkan brand Anda secara singkat. Pastikan juga, Anda mengemas video tersebut dengan menarik, menggunakan lagu yang sedang banyak didengar, menggunakan hashtag yang sedang ramai ya. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat konten-konten lain, seperti proses packaging produk, testimoni pelanggan, behind the scene pembuatan produk Anda, promosi, dan masih banyak lagi. 

Mau tahu tips and trick lebih dalam seputar promosi bisnis via TikTok? Download E-book Catat! Ini Strategi Jitu Promosi Bisnis via Tiktok dari AVANA disini ya!

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published.