Catat, Ini Kunci Sukses Berbisnis Sebagai Reseller!

March 11, 2022 4:57 pm Published by Leave your thoughts

Halo Teman AVANA! Setuju nggak sih, kalau apapun bisnis yang kita jalani saat ini, pasti punya kunci untuk meraih kesuksesannya sendiri? Termasuk juga bisnis seperti Dropship, Stockist maupun Affiliate yang ada di AVANA. Semua bisnis ini memiliki kesamaan, dimana saat transaksi jual beli terjadi, online maupun offline, pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan. Namun, sebelum masuk ke kunci suksesnya, apa sih perbedaan Dropship, Stockist dan Affiliate di AVANA? Simak bersama-sama ya!

Dropshipper AVANA

  • Bentuk bisnis online dimana Anda bertugas untuk mempromosikan produk milik orang lain.
  • Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga jual dropship dan harga beli produk dari supplier.

KELEBIHAN

  • Tidak perlu modal dan tidak perlu menyetok produk.
  • Tugas Anda hanya mempromosikan, supplier yang akan mengemas hingga mengirim produk ke konsumen.

Affiliate AVANA

  • Bentuk bisnis online dimana Anda bertugas untuk mempromosikan produk milik orang lain.
  • Anda bisa menerima komisi sebesar sekian persen apabila ada orang
    yang membeli produk melalui link produk yang Anda bagikan.

KELEBIHAN

  • Tidak perlu modal dan tidak perlu menyetok produk.
  • Tugas Anda hanya mempromosikan, supplier yang akan mengemashingga mengirim produk ke konsumen.

Kenapa Menggunakan Affiliate AVANA?

Kesatuan sistem yang bisa membantu Anda mengundang Affiliate baru, mengelola Affiliate hingga memantau performa Affiliate. Affiliate juga memperoleh aplikasi khusus untuk membantu penjualan.

Stockist AVANA

  • Berperan sebagai distributor dari supplier yang akan memiliki dashboard AVANA sendiri dan bisa memanfaatkan kanal-kanal penjualan AVANA untuk berjualan (Website, IG Shopping, Facebook
    Store, dst)
  • Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga beli produk dan harga jual ke agen maupun ke konsumen.
  • Perlu menyetok produk (biasanya dalam jumlah banyak)
  • Bisa memperoleh harga produk yang sangat murah dari supplier karena membeli secara borongan.

Nah, sekarang udah paham kan bedanya Dropship, Stockist dan Affiliate di AVANA? Sekarang kita masuk ke tips untuk Anda yang ingin sukses jadi Reseller ya!

Lakukan Riset Pasar

Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan sebelum menjadi seorang Reseller adalah melakukan riset pasar. Jadi, Anda bisa menentukan produk yang sesuai dengan target pasar sehingga tepat untuk dijual. Jadi, nggak bisa asal menentukan produk yang mau dijual ya. Hal ini dilakukan juga untuk meminimalisir kerugian Anda. Walaupun Anda memilih untuk menjadi seorang Dropshipper maupun Affiliate yang tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang, Anda tentu tidak mau rugi waktu dan tenaga karena tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu kan?

Baca juga: 4 Pilihan Ide Bisnis Reseller Menjanjikan Yang Bisa Kamu Coba!

Pilih Supplier Terbaik & Terpecaya

Tips kedua! Setelah menentukan produk yang ingin Anda jual, waktunya mencari supplier yang tepat. Nah, untuk menentukan supplier, Anda juga nggak bisa asal pilih hanya karena satu atau dua faktor saja. Misalnya, karena harga yang murah di bawah pasaran, lalu Anda langsung tertarik untuk memilih supplier tersebut. Jangan terbuai ya! Anda harus memastikan terlebih dahulu, bahwa supplier tersebut terpercaya, kualitas terjamin, harga sesuai pasaran, track recordnya bersih, cari juga review di internet agar lebih maksimal. Anggap harga lebih murah itu bonus ya, jangan dijadikan acuan utama Anda memilih supplier. Terutama para Dropshipper dan Affiliate, Anda tidak bisa melihat barang yang akan Anda jual secara fisik, karena supplier akan langsung mengirimnya kepada pembeli. Jadi, jangan sampai asal memilih supplier!

Utamakan Kualitas Produk

Tips ini berlaku kepada Stockist. Sekarang, sebelum produkmu mulai dijual, pastikan kualitas produk selalu aman, layak jual dan terjamin. Jangan sampai, produk sampai ke tangan pelanggan dengan keadaan sebaliknya. Karena, yang akan disalahkan bukan supplier Anda, namun reputasi brand Anda yang jadi taruhannya. 

Manfaatkan Digital Marketing Untuk Promosi

Ingat ya, nggak cuma Anda yang berjualan produk dari supplier Anda. Ada banyaaak sekali Reseller lain di luar sana. Jadi, pastikan Anda memaksimalkan promosi melalui internet. Anda bisa memanfaatkan beragam platform media sosial organik maupun berbayar untuk mempromosikan produk Anda. Untuk berjualan, manfaatkan juga platform seperti E-Commerce dan Social Commerce. 

Saatnya Berikan Pelayanan Terbaik

Tips terakhir adalah memberikan layanan yang terbaik kepada calon pelanggan maupun pelanggan setia Anda. Kalau produk sudah oke, promosi juga bagus, tapi pelayanannya buruk, buat apa? Orang tentu akan beralih ke toko lain yang bisa lebih menghargai pembelinya. Meskipun Anda menjalankan usaha dengan modal minim, Anda harus tetap memberikan pelayanan terbaik. Misalnya dengan membalas chat dengan cepat dan ramah, menawarkan produk sesuai minat mereka, atau memberikan promo-promo menarik. Selamat mencoba ya!

Itu dia tips sukses menjadi seorang Reseller. Sampai sini, sudah tertarik belum untuk menjadi reseller? Yuk, bergabung dengan reseller AVANA!

Baca juga: Contoh Pembukuan Reseller Sederhana

Anda dapat memilih untuk menjadi reseller dari beragam brand yang bekerja sama dengan kami. Menarik, kan?

Bagi Anda yang ingin bergabung dengan program Reseller AVANA Anda bisa mendaftar melalui link berikut gabung reseller AVANA!

💠 Tanpa Modal.

Sebagai pemula yg belum mempunyai modal saran terbaik adalah bisa dengan menawarkan atau menjualkan produk orang lain terlebih dahulu kepada keluarga ataupun tetangga di sekitar kita serta bisa mempromosikannya ke sosial media yg kita punya bisa di mulai dengan tanpa stok barang terlebih dahulu.

💠 Modal sedikit.

setelah sudah mempunyai modal sedikit, bisa dengan memperkuat di bidang pemasaran atau promosi karena ujung tombak dari sebuah bisnis adalah penjualan dan penjualan akan terjadi setelah ada pemasaran.

💠 Punya Modal.

tentu setelah punya modal kita bisa menguatkan semuanya baik itu di bidang produk maupun pemasarannya sekalipun bisa dengan cara promosi secara berbayar tentu jangkauan pelanggannya juga sangat berbeda di bandingkan kita promosinya secara gratisan.👌

Tags: , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *