Catat! Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghemat Pengeluaran Bisnis UMKM

December 2, 2021 10:28 am Published by Leave your thoughts

Hai, teman AVANA! Tidak dapat dipungkiri bahawa saat pandemi seperti ini, menjalankan sebuah bisnis jadi terasa berat. Tidak mudah harus bertahan di tengah krisis, apalagi dengan banyaknya aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah guna menekan penyebaran virus COVID-19 yang sangat berdampak pada bisnis. 

Untuk dapat tetap bertahan dan stabil, pemilik bisnis harus mampu menghemat dan mengelola keuangan dengan cermat di tengah banyaknya tantangan yang harus dihadapi. Penghematan biaya ini harus coba dilakukan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar bisnis tetap berjalan. 

Nah kira-kira bagaimana ya cara menghemat pengeluaran bisnis di tengah krisis? Simak tipsnya berikut ini ya!

Baca juga: Cara Atur Keuangan Bisnis Selama Pandemi

Pindahkan Lokasi Produksi & Berjualan

Selama ini bisnis Anda menyewa tempat untuk proses produksi maupun lokasi berjualan? Hal ini bisa Anda tekan selama masa krisis dengan cara memanfaatkan lokasi yang ada, seperti rumah Anda sebagai pemilik bisnis. Atau jika tidak memungkinkan, Anda bisa menyewa tempat yang lebih kecil atau lebih murah agar biayanya dapat lebih ditekan. 

Jangan lupa untuk menghemat biaya listrik juga, misalnya dengan menggunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan. 

Efisiensikan penggunaan bahan baku

Jika Anda melakukan produksi sendiri, bahan baku tentu sangat menentukan kelancaran proses produksi. Untuk menghemat biaya produksi, Anda dapat melakukan perencanaan terhadap kebutuhan bahan baku. Dengan membuat perencanaan seperti ini, biaya yang dikeluarkan tentu akan jadi lebih efisien dan tidak membengkak. 

Maksimalkan Para Tenaga kerja

Selama masa pandemi ini, tentu Anda sudah sering melihat banyaknya orang yang terpaksa harus di PHK karena perusahaan sudah tidak sanggup lagi menggaji karyawannya seperti saat keadaan normal. 

Hal ini bisa jadi opsi terakhir yang bisa Anda lakukan jika memang arus kas bisnis tidak dapat lagi digunakan untuk membayar gaji karyawan. Namun jika masih bisa dibantu dengan cara lain, Anda bisa tetap mempertahankan karyawan Anda dan memaksimalkan kemampuan mereka untuk membantu bisnis Anda bertahan dan lebih berkembang lagi. 

Mengoptimalkan Kecanggihan Teknologi

Saat ini teknologi sudah sangat canggih dan dapat membantu kelancaran sebuah bisnis. Anda bisa dengan mudah mempromosikan bisnis Anda secara digital sehingga dapat menekan biaya pemasaran!

Dari mulai menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, WhatsApp untuk berjualan. Jika mau lebih maksimal lagi, Anda juga bisa memasukkan produk-produk Anda di e-commerce dan social commerce.

Baca juga: Budget Terbatas? Ini Tips Promosi Bisnis Yang Bisa Anda Lakukan

Ingin optimalkan bisnis Anda melalui social commerce?! AVANA merupakan platform social commerce untuk mendukung para pelaku bisnis dengan mengoptimalkan penjualan melalui Website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, LINE, hingga Telegram. Dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, AVANA telah membantu lebih dari 100.000 pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan brand dan mengotomatisasi kan kemampuan bisnis secara online. Puluhan fitur canggih siap membantu Anda jualan lebih mudah dan efektif! 

Daftarkan yuk, bisnis online Anda di AVANA dengan voucher toko online GRATIS berikut ini!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *