Catat! 4 Cara Riset Keyword untuk SEO dengan Jitu

November 3, 2021 3:21 pm Published by Leave your thoughts

Hi teman AVANA!

Pernah nggak sih kepikiran bagaimana cara sebuah website atau blog muncul di halaman utama mesin pencarian Google? Nah, untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mencari cara riset keyword SEO yang tepat saat membuat konten. Dalam konteks SEO, keyword adalah kata kunci atau frasa yang dimasukkan oleh seseorang pada search engine untuk melakukan pencarian.

SEO, cara riset keyword, riset keyword SEO, cara riset keyword SEO

Riset keyword sendiri merupakan proses pencarian dan analisis terhadap kata kunci yang digunakan untuk mengetahui apa yang orang-orang ketik pada search engine ketika ingin mencari sesuatu. Hal ini penting untuk Anda lakukan agar dapat memenangkan posisi di mesin pencari seperti di Google, dan mensukseskan strategi pemasaran yang sedang Anda jalankan. 

Baca juga: Laris Manis! Ini Tips Menulis Deskripsi Produk Yang Menarik & Menjual

Dengan penggunaan keyword yang tepat, konten yang Anda buat bisa bersaing dengan konten lain dan dapat memenangkan persaingan untuk muncul di halaman utama mesin pencarian Google! Mau kan pastinya?

Gimana cara riset keyword yang tepat? Coba perhatikan beberapa poin penting berikut ini ya!

Cara Riset Keyword SEO: Perhatikan Search Volume (Volume Pencarian)

Semakin banyak jumlah orang yang melaukan pencarian dengan sebuah keyword, tentu akan semakin baik. Search volume keyword ini perlu diperhatikan, karena merupakan jumlah berapa banyak sebuah kata kunci dicari pada mesin pencarian Google dalam kurun waktu tertentu. 

Contoh, search volume sebuah keyword adalah 50.000. Artinya, keyword tersebut dicari sebanyak 50.000 kali dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan di mesin pencarian Google. 

SEO, cara riset keyword, riset keyword SEO, cara riset keyword SEO

Perhatikan Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan sebuah keyword untuk berada dalam halaman pertama hasil pencarian. Jadi pada umumnya, keyword tool menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin sulit sebuah kata kunci untuk meraih posisi pertama dalam mesin pencarian.

Jika website Anda merupakan website baru dan belum banyak mendapatkan link dari website lain, baiknya Anda menargetkan keyword dengan tingkat yang rendah terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Optimasi SEO On Page Dan Off Page

Cara Riset Keyword SEO: Search Engine Result Page (SERP)

SERP menunjukkan laman-laman yang menduduki peringkat utama dalam hasil pencarian keyword yang Anda riset. Fungsinya untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google. Nah, SERP akan mereferensikan website-website terbaik sesuai kata kunci yang diacari.

SEO, cara riset keyword, riset keyword SEO, cara riset keyword SEO

Pelajari Keyword yang Sedang Trending/Keyword Trends

Parameter terakhir yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan riset keyword adalah keyword trends.

Penting untuk melihat tren pencarian sebuah keyword dari waktu ke waktu untuk mengetahui apakah keyword tersebut akan terus banyak dicari atau justru akan sepi pencari.

Cara yang paling mudah untuk melihat tren pencarian keyword adalah menggunakan website Google Trends

Nah, untuk mencari keyword yang tepat, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam tools seperti Google Trends, Google Keyword Planner, Keyword Tool dan masih banyak lagi. AVANA akan membahas beberapa rekomendasi toolsnya di artikel berikutnya ya! 

Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda dalam mencari cara riset keyword untuk SEO yang tepat. Anda dapat melakukan riset keyword ini untuk memaksimalkan konten bisnis Anda agar dapat mencapai halaman utama mesin pencarian Google. 

Jika Anda masih bingung dan belum memahami tentang SEO dan cara riset keyword, Anda bisa lho menggunakan platform Social Commerce AVANA untuk bisnis Anda!

SEO, cara riset keyword, riset keyword SEO, cara riset keyword SEO

Selain fitur SEO, ada puluhan fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan AVANA! Penasaran? AVANA kasih voucher GRATIS untuk buka website toko online agar bisa langsung menggunakan fitur-fitur AVANA yaaa.

Udah tahu dong sekarang apa saja rekomendasi penyedia website gratis untuk jualan online yang bisa Anda gunakan? Daripada bingung pilih yang mana, AVANA kasih voucher GRATIS untuk buka website toko online ya!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *