Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

January 8, 2020 9:57 am Published by 1 Comment
mengubah hobi menjadi sebuah peluang usaha adalah bentuk kegiatan yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Yuk simak cara mengubah hobi jadi usaha

Ayo siapa disini yang tidak punya hobi? Hobi adalah sesuatu yang kita senangi dan lakukan disaat waktu luang. Ada berbagai hobi seperti memasak, membaca, menyanyi, atau menonton. Disela-sela hobi yang sangat menyenangkan, sebenarnya ada banyak peluang yang bisa Anda ubah menjadi ladang uang. Tak sedikit orang yang menjadi pengusaha karena hobinya. Membuat hobi menjadi sebuah usaha tentu sangat menyenangkan. Apalagi bisa mendatangkan banyak uang. Tapi Anda juga dituntut untuk bisa mengelola perencanaan, membangun komitmen, dan kemauan tinggi untuk terus membangun. Lalu bagaimana sih cara mengubah hobi menjadi peluang usaha? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

Ketahui Minat Anda

Apakah Anda ingin punya bisnis sendiri sehingga tidak perlu bekerja? Atau sedang mencari penghasilan tambahan? Ini tergantung kepada penghasilan yang Anda peroleh dari hobi berbisnis Anda. Hal ini pasti membutuhkan usaha yang lebih keras karena mengubah minat dan hobi menjadi sebuah bisnis tentu membutuhkan penelitian dan penyesuaian pasar dan yang lainnya.

Buat Perencanaan Bisnis

Ketika Anda membuat perencanaan bisnis, pastikan untuk menguji pasar nya di bisnis yang diminati atau hobi. Buktikan kepada diri Anda bahwa ini adalah ide bisnis yang berpeluang untuk dikembangkan. Anda perlu menemukan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini dan mengatur tujuan dan rencana pemasaran kepada target yang telah disesuaikan.

Buat Hasil Karya Menjadi Uang

Ada banyak cara untuk mengubah hobi Anda menjadi peluang usaha. Sebagai contoh jika Anda seorang pelukis, cobalah untuk mempromosikan dan menjual hasil lukisan Anda. Jika Anda cukup percaya diri untuk membagikan pengalaman dan ilmu yang dimiliki, cobalah untuk membuat kursus melukis atau menggambar.

Pelajari Cara Pemasaran

Mengubah hobi menjadi sebuah usaha sampingan atau usaha tetap tidaklah mudah. Meskipun ini adalah hobi Anda yang sangat dicintai dan disenangi dan Anda tahu betul produk ini seperti apa dan siapa saja yang membutuhkannya, tentu Anda harus mempelajari dan mendalami strategi pemasarannya. Ada banyak kompetitor disana yang menjual produk yang sama dengan Anda. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui alat pemasaran Anda seperti website, social commerce platform, atau e-commerce yang lainnya.

Dokumentasikan Hasil Penjualan

Pastikan Anda untuk selalu meninjau penjualan dan penghasilan dari setiap bisnis yang dijalani. Setiap barang yang telah dibeli dan habis harus terdokumentasikan. Alangkah lebih baiknya jika Anda punya sebuah sistem otomatis yang bisa rekap penjualan. Anda bisa mencoba platform AVANA untuk berjualan online sekaligus merekap semua pesanan yang masuk baik melalui website atau media sosial. Jumlah produk yang tersedia juga akan dengan mudah terekam karena setiap ada barang yang terjual jumlah stok yang ada di dasbor Anda akan berkurang. Sebaliknya jika Anda menambahkan jumlah kuantitas barang maka akan bertambah otomatis.

Dapatkan Pelanggan Pertama Sebagai Contoh

Pelanggan didapatkan secara bertahap pastinya. Pelanggan pertama sangatlah berkesan bukan karena dia adalah orang pertama yang Anda dapatkan. Nah kesempatan emas ini jangan dilewatkan. Agar dia semakin berkesan dengan produk dan jasa Anda, buatlah testimoni dari dia atau bahkan feedback untuk meningkatkan dan memperbaiki produk atau jasa Anda. Jalinan dengan pelanggan sangat diperlukan, maka perlakukanlah pelanggan Anda seperti teman dekat.

Mengubah hobi menjadi sebuah peluang usaha memang membutuhkan banyak energi dan ide. Tapi jika Anda menjalaninya karena keinginan dan senang, maka semuanya tidak akan terasa berat. Ada banyak tips dan cara untuk membuat hobi Anda menjadi sebuah usaha sampingan atau permanen. Hal dasar seperti mengetahui dan memahami minat Anda juga pasar yang akan dibidik adalah sebuah keharusan. Lalu untuk menunjang hobi dan bisnis ini Anda juga harus memiliki sebuah website atau platform lainnya seperti AVANA. Bagaimana apakah Anda sudah siap untuk mengubah hobi Anda menjadi peluang emas berbisnis?

Tags: , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.