Bikin Materi Promo Bagus? Ini Cara Menggunakan Aplikasi Canva!

March 1, 2021 10:31 am Published by Leave your thoughts
cara menggunakan aplikasi canva

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat. Selain produk yang harus oke, promosi juga harus diperhatikan dengan baik. Tapi, sayangnya kadang terhalang keterbatasan nih sobat AVA. Pernah dengar Canva? Penasaran dengan cara menggunakan aplikasi Canva?

Canva adalah salah satu situs – sekarang memiliki aplikasi di handphone yang menyediakan berbagai macam template design sesuai kebutuhan Anda!

Sebelum kita lanjut ke cara menggunakan aplikasi Canva, AVAMin kasih tau dulu nih apa saja yang bisa Anda bikin di Canva;

  • Konten Pemasaran – Canva memiliki ribuan jenis template yang dapat Anda gunakan, salah satunya ada konten pemasaran. Di dalam pilihan konten pemasaran ini banyak template yang dapat Anda pilih, bisa untuk logo, poster, brosur, flyer, kupon dan lain-lain! Semuanya dapat Anda gunakan dan edit sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 
  • Konten Media Sosial – Canva menyediakan berbagai macam template konten media sosial, mulai dari instagram story, feeds, sampul facebook, header twitter, banner blog dan lain-lain, super lengkap!
  • Video – Yup! Di Canva tidak hanya grafis, Anda juga dapat membuat video! Bisa untuk presentasi, konten animasi untuk media sosial, iklan youtube, hingga video untuk ig story! Menarik bukan?

Satu lagi sebelum masuk ke cara menggunakan aplikasi Canva: Fitur!

Ini dia fitur yang tersedia di Canva yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat materi promosi bisnis!

  • +8.000 template yang dapat digunakan
cara menggunakan canva
  • Kapasitas penyimpanan 1GB, untuk yang gratis. Jika Anda memilih untuk mencoba Canva Pro, maka Anda bisa memiliki ruang penyimpanan sebesar 100GB!
  • Custom Text! Canva memiliki banyak sekali jenis text/font yang dapat Anda gunakan agar desain tidak monoton. 
  • Beragam icon dan ilustrasi
cara mmbuat logo olshop di canva
  • Pilihan background bervariasi

Bagaimana? Pasti tertarik kan mencoba Canva ini untuk membuat materi promosi bisnis Anda? Yuk kita intip cara menggunakan aplikasi Canva.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

Menggunakan Canva melalui web baik laptop maupun mobile dan juga aplikasi sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya tampilannya yang sedikit berbeda menyesuaikan dengan perangkat apa yang Anda gunakan. 

Begini cara menggunakan aplikasi Canva:

  • Buka www.canva.com bisa melalui PC ataupun mobile, atau dengan mengunduh aplikasinya di App Store maupun Play Store. 
  • Daftarkan diri Anda agar Anda dapat dengan mudah menyimpan dan mengakses desain yang akan Anda buat atau desain yang sudah pernah Anda buat. 
  • Buat desain pertama! Anda tinggal memilih apa yang akan Anda buat dari sekian banyak pilihan yang ada.
cara menggunakan canva
  • Anggap saja Anda memilih untuk membuat desain instagram story. Anda dapat memulai desain dengan background kosong atau memilih template yang sudah disediakan
cara menggunakan aplikasi canva
  • Mari kita pilih salah satu template yang sudah disediakan. Dapat Anda lihat bagian yang AVAMin tandai, Anda dapat mengganti baik tulisan, foto dan background dari template tersebut.

Baca: Teknik Foto Produk.

cara menggunakan canva
  • Anda juga dapat menggunakan fitur yang berada di sebelah kanan untuk mengasah kreativitas Anda. Memilih background, elemen dan text sendiri sesuai dengan yang Anda inginkan!
  • Setelah selesai, Anda dapat mengunduh desain Anda, opsi download (untuk web berada di kanan atas halaman Canva Anda)

Nah, kira-kira begitu cara menggunakan aplikasi Canva, sangat mudah bukan? Hasilnya juga tidak kalah bagus dengan yang dibuat para profesional!

BONUS: Cara Membuat Logo Olshop di Canva

Kurang lebih cara membuat logo olshop di Canva sama seperti yang sudah dicontohkan di atas. Hanya saja template yang Ada pilih adalah “Logo”. Selanjutnya Anda dapat memilih jenis logo yang akan Anda buat, sesuaikan dengan bisnis yang Anda miliki ya!

cara membuat logo olshop di canva

Langkah selanjutnya sama persis dengan membuat Instagram story di atas. Anda tinggal memilih jenis font, menyesuaikan ukuran, memilih background, menambahkan elemen atau icon yang Anda inginkan, merubah warna dasar dan voila! Logo Anda siap digunakan! 

Mudah bukan cara membuat logo olshop di Canva?

Nah, Anda kini sudah mempunyai logo dan materi promosi untuk bisnis Anda, namun apakah Anda sudah memiliki website toko online Anda sendiri? Website toko online bisa meningkatkan penjualan online Anda hingga berkali-kali lipat, lho!

Jika belum, AVANA punya solusinya. Dapatkan toko online secara cuma-cuma:

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ingin tanya lebih lanjut?

Categorised in: ,

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *