Cara Mencari Uang di Bulan Ramadhan 2021

April 5, 2021 4:28 pm Published by Leave your thoughts
cara mencari uang di Bulan Ramadhan

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan di bulan puasa? Simak cara mencari uang di Bulan Ramadhan ini supaya Anda bisa mendapatkan tambahan uang yang bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan rumah tangga dan hadiah terbaik untuk orang-orang terdekat. Ada rekomendasi ide jualan di bulan puasa dan bisnis saat bulan puasa juga, lho!

Bisnis Saat Bulan Puasa

Di bulan Ramadhan ini, terdapat banyak bisnis yang bisa coba Anda mulai, lho. Menjual Jasa

Menjual Jasa

cara mencari uang di bulan ramadhan

Jika Anda tidak memiliki modal dan kemampuan untuk berjualan produk, cara mencari uang di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan menjual jasa yang berkaitan dengan Ramadhan, misalnya adalah jasa pembuatan konten media sosial atau campaign bertema Ramadhan, jasa pembuatan video Ramadhan, jasa pembuatan desain Ramadhan, dan masih banyak lagi.

Menjual Produk

jualan saat bulan puasa

Ide bisnis saat bulan puasa yang paling banyak dimulai oleh orang-orang jelas adalah berjualan produk. Berbagai produk mulai dari kue kering, katering, produk fashion bisa jadi favorit ketika bulan puasa tiba.

Penyewaan

jualan untuk bulan puasa

Untuk ide cara mencari uang di Bulan Ramadhan yang satu ini bisa Anda lakukan secara mudah tanpa perlu menghabiskan waktu, tenaga maupun modal, lho! Caranya adalah dengan menyewakan barang yang Anda miliki. Fungsi utamanya adalah untuk membantu kegiatan mudik atau berjalan-jalan masyarakat. Anda bisa menyewakan kendaraan seperti mobil dan motor atau akomodasi seperti rumah dan apartemen.

Ide Jualan Saat Bulan Puasa

Untuk Anda yang berniat untuk berjualan produk, simak ide jualan untuk bulan puasa berikut ini.

Berjualan Kebutuhan Ibadah

jualan di bulan puasa

Ketika bulan puasa, biasanya umat Muslim lebih rutin beribadah karena adanya hadist yang mengatakan bahwa pahala beribadah di bulan puasa akan jauh lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Beberapa perlengkapan yang bisa Anda coba jual adalah Mukena, Sajadah, Peci, Al-Quran, buku Hadist, Burqah, Kerudung, Jilbab, dan masih banyak lagi.

Berjualan Pakaian Muslim

Cara mencari uang di bulan Ramadhan berikutnya adalah dengan berjualan berbagai busana muslim dengan desain yang menarik sesuai dengan tren yang sedang ada.

Busana Muslim biasanya banyak dicari untuk digunakan ketika mudik maupun shalat Id.

Namun jangan salah, pakaian biasa juga banyak dicari oleh banyak orang ketika Ramadhan, lho! Alasannya karena banyak yang memperoleh THR dan biasanya dimanfaatkan untuk membeli barang-barang fashion.

Sebagai referensi, berikut merupakan persentase pertumbuhan produk-produk fashion muslim pria dan wanite ketika Ramadhan tiba.

Grafik Pertumbuhan Transaksi Produk Muslim Pria

statistik pertumbuhan penjualan online muslim pria
(sumber : iPrice)


Berdasarkan grafik diatas, bisa dilihat bahwa Peci dan Sarung menjadi produk yang paling banyak dibeli pria ketika bulan Ramadhan. Sementara posisi ketiga ditempati oleh produk Baju Koko.

Dilihat secara lebih detail, pria muslim lebih memilih untuk mengenakan Baju Koko sebagai atasan dibandingkan Gamis. Data ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk menentukan produk jualan untuk bulan puasa toko Anda.

Grafik Pertumbuhan Transaksi Produk Muslim Wanita

statistik pertumbuhan penjualan online muslim wanita
(sumber : iPrice)

Sementara itu dari segi produk fashion wanita, terlihat bahwa salah satu produk terlaris adalah mukena katun dengan peningkatan penjualan mencapai 3,6x.

Bagaimana, sudah kebayang kan kira-kira produk jualan di bulan puasa yang bisa bawa Anda keuntungan melimpah?

Jualan Kue

bisnis saat bulan puasa

Salah satu bisnis saat bulan puasa yang bisa memberikan keuntungan melimpah bagi Anda adalah dengan berjualan kue. Beberapa kue favorit yang sering dikonsumsi masyarakat ketika Bulan Ramadhan adalah Kue Nastar, Kue Cokelat, Kue Kastengel, Kue Lidah Kucing, dan masih banyak lagi.

Untuk awalnya, Anda bisa mulai berjualan kepada orang-orang terdekat dulu, lalu bisa merambah ke lebih banyak orang dengan menggunakan channel media sosial maupun iklan berbayar.

Baca juga : 5 Strategi Pemasaran Di Bulan Ramadhan 2021

Katering Puasa dan Sahur

cara mencari uang di bulan ramadhan

Jualan saat bulan puasa yang bisa Anda coba berikutnya adalah katering untuk buka puasa dan sahur. Target utama yang bisa Anda sasar adalah untuk karyawan kantor maupun untuk acara-acara keluarga.

Jualan Makanan dan Takjil

berjualan takjil di bulan puasa

Salah satu cara mencari uang di Bulan Ramadhan yang paling menguntungkan adalah berjualan makanan dan takjil. Beberapa makanan favorit untuk berbuka adalah kolak, sop buah, biji salak, pisang ijo, cendol, dan masih banyak lagi. Untuk resepnya, bisa Anda cari di internet maupun menggunakan resep buatan Anda sendiri.

Baca juga : 15 Ide Jualan Takjil Bulan Puasa 2021, Pasti Untung!

Itu dia beberapa cara mencari uang di Bulan Ramadhan yang bisa segera Anda mulai untuk memperoleh penghasilan tambahan di bulan ini. Sudah siap berjualan dan dapatkan omzet melimpah?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *