Cara Memulai Usaha Konveksi Baju Anak

May 12, 2021 12:36 pm Published by Leave your thoughts
memulai usaha konveksi baju anak

Belakangan ini, bisnis pakaian anak menjadi minat baru bagi para calon pebisnis yang ingin menyasar pasar yang lebih mudah dibandingkan bisnis baju pada umumnya. Bisnis konveksi pun biasanya dipilih karena modalnya yang relatif kecil. Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha konveksi baju anak atau memulai bisnis baju anak branded, simak tips-tips lengkapnya di bawah ini!

Arti Konveksi Baju

Sebelum masuk ke cara memulai usaha konveksi baju anak, beberapa dari Anda mungkin ada yang bertanya-tanya apa arti konveksi baju.

Singkat kata, arti konveksi baju sendiri adalah sebuah tindakan untuk memproduksi baju-baju dalam jumlah massal, dengan berbagai jenis ukuran yang berbeda-beda.

Dalam perusahaan produksi baju sendiri, terdapat 3 skala yang berbeda.

  • Rumahan : produksi baju kuantitas sedikit (1-6 pcs)
  • Konveksi/Konfeksi : produksi baju kuantitas lebih besar dari rumahan (7 – 10.000 pcs)
  • Garmen : produksi baju dengan kuantitas sangat besar (> 10.000 pcs)

Usaha konveksi baju sendiri memberikan keuntungan tersendiri karena bisa menjangkau pasar yang luas namun tidak dikenakan pajak karena skala industrinya yang belum dianggap sebesar garmen.

Konveksi Baju Anak

Memulai bisnis baju anak branded

Seperti namanya, konveksi baju anak adalah ketika Anda memproduksi baju-baju anak dalam jumlah 6-10.000 pcs. Usaha konveksi baju anak ini semakin diminati calon pebisnis karena target pasarnya yang luas dan jumlah kompetitor masih sedikit.

Cara Memulai Usaha Konveksi Baju Anak

bisnis pakaian anak

Siapkan Modal Anda

Yap, yang namanya bisnis, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah modal dalam bentuk uang maupun alat. Modal usaha konveksi baju anak pun beragam. Namun, Anda kemungkinan harus menyediakan modal minimum sebesar Rp 35 juta untuk membeli berbagai mesin produksi mulai dari mesin jahit, obras, rantai, overdeck hingga mesin potong. Sementara untuk harga bahan di tahap awal cukup Rp 3-5 juta.

Jika ditotal-total dengan biaya operasional, Anda mungkin harus merogoh kocek sekitar Rp 45 – 50 juta untuk memulai usaha konveksi baju anak.

Ketahui Keuntungan Usaha Konveksi Baju Anak

Meskipun nilai profit dari tiap bisnis berbeda-beda, untuk konveksi baju anak, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 30%.

Anggaplah jika omzet per bulan Anda capai Rp 30 juta, maka Anda bisa memperoleh keuntungan hingga Rp 9 juta. Apabila dikurangi biaya operasional, keuntungan per bulan Anda minimal bisa mencapai Rp 4 juta. Dalam waktu 1-2 tahun, seharusnya bisnis Anda sudah bisa balik modal.

Baca juga : Contoh Analisis SWOT Perusahaan Pakaian

Riset Pasar dan Produk

Salah satu hal yang paling penting ketika Anda berniat memulai usaha konveksi baju anak adalah melakukan riset pasar secara mendalam.

Usaha baju anak tidaklah seperti usaha baju pada umumnya. Ketika Anda menjual pakaian biasa, konsumen akan menjadi orang yang menggunakan produk Anda sekaligus pengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Sebaliknya ketika Anda menjual baju anak, sang anak akan menjadi konsumen yang mengenakan produk Anda, namun orang tuanya yang akan menjadi pengambil keputusan.

Oleh karena itulah riset produk harus dilakukan secara mendalam karena Anda harus memuaskan dua orang sekaligus untuk tiap produk yang Anda jual.

Menentukan Jenis Produk

Setelah melakukan riset pasar, seharusnya kini Anda sudah mengetahui jenis baju anak apa yang ingin Anda jual. Apakah baju harian? baju tidur? baju anak laki-kali atau perempuan. Pastikan juga Anda sudah meriset jenis bahan yang memang cocok digunakan untuk baju anak.

Baca juga : 13 Jenis Bahan Pakaian dan Contohnya

Mencari Supplier Baju Anak yang Tepat

Supplier baju anak

Untuk Anda yang berniat untuk memulai bisnis baju anak branded, menentukan supplier baju anak yang tepat akan menjadi salah satu langkah terpenting, terutama untuk bisnis jangka panjang.

Beberapa pertimbangan yang bisa Anda ambil adalah dari segi :

  • Lokasi : dekat dengan pabrik utama Anda
  • Reputasi : supplier baju anak bersangkutan memiliki reputasi yang baik dan terpercaya
  • Kualitas : pastikan supplier memberikan pelayanan terbaik kapanpun.

Pasarkan Produk Anda

Setelah Anda memproduksi baju anak yang hendak Anda jual, ini waktunya untuk mempromosikan produk Anda secara intens kepada orang-orang baik melalui media fisik maupun digital.

Karena banyak generasi baby boomers keatas yang masih menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi, Anda juga bisa mempromosikan produk Anda ke grup-grup Whatsapp atau Facebook yang audiensnya berumur 30an keatas.

Itu dia cara mudah memulai usaha konveksi baju anak. Sudah siap dapat keuntungan melimpah dari bisnis pakaian anak Anda?

Buat Anda yang ingin segera memulai bisnis konveksi anak secara online, Anda bisa membuka toko online secara GRATIS melalui link di bawah ini. Cukup 5 menit saja, lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Lanjut” atau “Create Shop”
  4. Unggah produk dan lengkapi informasi lainnya.
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *