Cuma 3 Langkah, Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses

October 3, 2020 4:03 pm Published by Leave your thoughts
cara-memulai-bisnis-online-dari-nol

Di masa pandemi ini, transaksi penjualan online meningkat hingga 130% dibandingkan awal tahun ini. Faktanya, pertumbuhan bisnis online meningkat pesat ketika masa pandemi tiba. Oleh karena itu, bagi Anda yang terpaksa dirumahkan atau di-PHK oleh perusahaan dan ingin memulai bisnis online, simak 3 cara memulai bisnis online dari nol ini!

Cara Memulai Bisnis Online : Tentukan Produkmu

cara-memulai-bisnis-online-dari-nol
(source : pexels.com)

Sebelum terburu-buru memulai berjualan, Anda wajib menentukan dulu produk yang hendak Anda jual. Untuk memastikan bahwa produk Anda memang akan laku di pasaran, paling tidak ada 3 pertanyaan yang harus Anda jawab, 

  1. Apakah produk Anda menyelesaikan masalah pembeli?

Begini, meskipun Anda membuat produk yang Anda rasa bermanfaat, belum tentu hal yang sama dirasakan oleh calon pembeli Anda.

Oleh karena itu ketika merancang sebuah produk, pastikan fokus Anda tertuju pada calon pembeli, bukan diri Anda sendiri. 

Menentukan produk yang ingin Anda jual terasa sangat sulit karena ada jutaan kompetitor lain di luar sana. Untuk bisa mengalahkan mereka, setidaknya produk Anda harus memiliki “nilai lebih”. 

Nilai lebih ini pun tidak perlu terlalu muluk-muluk. Misalnya ketika kompetitor Anda tidak menawarkan varian warna untuk sebuah produk, Anda bisa menawarkan varian warna untuk menyesuaikan minat pembeli. 

Terkesan sederhana, tapi hasilnya bisa jauh berbeda!

  1. Apakah produk Anda menyasar “Penggemar” tertentu?

Ya, produk memang harus menyelesaikan masalah pembeli! Namun kasusnya mungkin berbeda untuk “Penggemar” tertentu. 

Bahkan meskipun jika produk yang Anda tawarkan tidak menyelesaikan masalah mereka, namun bisa menyentuh sentimen mereka secara pribadi, maka Anda bisa menawarkan produk unik dengan harga yang relatif mahal pula. 

Beberapa contohnya adalah produk custom seperti casing handphone, kaos dan lain sebagainya. 

  1. Bagaimana mengubah passion Anda menjadi produk yang laku?

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menjual produk yang sesuai dengan passion Anda.

Ketika Anda mengetahui seluk-beluk dari tiap produk yang Anda jual, maka Anda bisa menjawab pertanyaan pembeli secara tepat pula. 

Misalkan, jangan sampai Anda menjual produk handphone namun ternyata Anda gagap teknologi.

Minimal, Anda harus memiliki ketertarikan pada produk yang Anda jual serta mengikuti perkembangan terbaru dari produk tersebut. 

Punya Website Toko Online

cara-memulai-bisnis-online-dari-nol

Cara memulai bisnis online dari nol yang kedua adalah dengan memiliki website toko online.

Jangan sampai Anda bergantung kepada marketplace karena apabila ketika suatu saat nanti marketplace tempat Anda berjualan mengubah kebijakan atau gulung tikar, maka berakhirlah juga nasib bisnis online Anda. 

Selain itu, memiliki website toko online juga bisa menunjukan profesionalisme dan membuat brand Anda lebih dipercaya konsumen. 

Belum memiliki website toko online? Anda bisa memperolehnya secara website toko online dan berbagai fitur canggih lainnya secara gratis melalui https://app.avana.asia/login

Promosi dan Bangun Brand

cara-memulai-bisnis-online-dari-nol
(source : pexels.com)

Tahap selanjutnya adalah yang paling sulit. Bisnis yang tidak berkembang pada akhirnya akan mati. 

Dengan menggunakan berbagai media promosi baik mulut ke mulut, tradisional maupun digital, Anda bisa mengenalkan bisnis Anda kepada calon pembeli. 

Salah satu media promosi yang Anda bisa gunakan adalah Facebook. 

Tiap harinya, Facebook dikunjungi oleh 1,62 miliar pengguna.

Dengan audiens yang relatif beragam mulai dari muda hingga tua, perempuan maupun laki-laki, Facebook berpotensi sangat besar untuk menjangkau lebih banyak pembeli. 

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara beriklan melalui Facebook, dashboard AVANA telah dilengkapi dengan fitur Facebook Pixel yang akan jauh mempermudah proses Anda beriklan melalui Facebook. 

Itu dia cara memulai bisnis online dari nol hingga sukses yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana, mudah kan? Hal yang paling sulit dari bisnis online adalah perintisannya. Jangan hanya berpikir untuk memulai bisnis online tapi tidak kunjung melakukannya. 

Miliki toko online Anda secara gratis sekarang juga!

Rekomendasi artikel untuk Anda :

  1. Dijamin Cuan, 5 Ide Jualan Makanan Online Terlaris 2020
  2. Strategi Facebook Ads Untuk Tingkatkan Omzet Penjualan
  3. Yuk Kenali Trik Jitu Penjualan Melejit Dengan AIDA

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman-teman Anda yang membutuhkan. Berbagi kebaikan, menambah berkah.

Categorised in: , ,

This post was written by AVANA Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *