Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

May 24, 2021 5:16 pm Published by Leave your thoughts
Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online

Buat Anda yang ingin mencari ide bisnis menggiurkan yang sedang diminati masyarakat, maka bisnis kosmetik dan skin care bisa jadi pilihan. Untuk Anda yang belum pernah berpengalaman di bidang ini sebelumnya, simak cara memulai bisnis kosmetik online berikut ini!

Modal Toko Kosmetik

Pertama-tama, berapa kira-kira budget yang harus Anda siapkan? Untuk modal toko kosmetik pun tentunya beragam tergantung pada standar toko yang Anda inginkan.

Namun, pada umumnya, Rp 20 juta sudah bisa menjadi modal yang cukup untuk membuat toko kosmetik Anda sendiri. Secara detail, dana tersebut bisa Anda manfaatkan untuk :

InvestasiBiaya (Rp)
Stok Kosmetik dan Skin CareRp 10 juta
Etalase PenyimpananRp 2 juta
Upah KaryawanRp 1,5 juta
Sewa TempatRp 3 juta
Biaya Operasional
(Listrik, Air, Telepon, Internet)
Rp 3,5 juta

Keuntungan Bisnis Kosmetik

keuntungan bisnis kosmetik

Mengapa bisnis kosmetik? Apa kelebihan bisnis kosmetik dibandingkan bisnis-bisnis lain seperti fashion, makanan dan lainnya? Sebelum menerapkan cara memulai bisnis kosmetik online, ada baiknya Anda menyimak beberapa keuntungan bisnis kosmetik berikut ini.

  1. Pangsa Pasar Luas
    • Pemakai kosmetik pada umumnya adalah wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi pria untuk ikut menggunakan produk skin care. Selain itu, kosmetik tidak menyasar pada rentang umur tertentu karena kebanyakan orang yang berusia 18 tahun keatas gemar menggunakan kosmetik.
  2. Produk Bervariasi
    • Kosmetik memiliki jenis produk yang beragam, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Kelebihannya adalah banyak orang yang rela menghabiskan uang hingga berjuta-juta asalkan produk kosmetik bersangkutan cocok dengannya.
  3. Profit Tinggi
    • Sesuai dengan penjelasan diatas, produk kosmetik memiliki profit yang relatif besar. Jika Anda membuat produk kosmetik Anda sendiri, profit yang dikumpulkan pun bisa mencapai 500%.

Jasa Maklon Kosmetik

cara membuka usaha toko kosmetik

Cara memulai bisnis online skincare yang paling mudah adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Namun jika Anda memiliki modal yang cukup besar dan berniat meluncurkan produk Anda sendiri, maka Anda bisa menggunakan jasa maklon kosmetik. Maklon sendiri adalah pabrik atau perusahaan yang bisa membantu Anda memproduksi produk kosmetik.

Jika Anda memproduksi kosmetik menggunakan maklon, maka Anda harus menyiapkan modal untuk biaya produksi, biaya perizinan dan biaya sampling yang berkisar antara Rp 60 juta – 120 juta.

Baca Juga : Tips Jitu Cari Jasa Maklon Kosmetik

Contoh Logo Kosmetik

Membuat logo merupakan salah satu hal paling penting ketika mendirikan bisnis, termasuk bisnis kosmetik. Logo uang bagus bisa membuat bisnis Anda dikenal oleh masyarakat dan membedakan brand Anda dengan brand-brand kompetitor.

Sebagai inspirasi dan referensi, simak beberapa contoh logo kosmetik dan skin care berikut ini.

cara membuka toko kosmetik
cara memulai bisnis online skincare
modal toko kosmetik

Baca juga : Contoh dan Tutorial Lengkap Membuat Logo Kosmetik

Strategi Pemasaran Produk Kosmetik

Setelah mengikuti cara memulai bisnis kosmetik diatas, waktunya untuk menyiapkan strategi pemasaran produk kosmetik Anda.

Pemasaran sendiri jadi salah satu hal paling penting karena bisa menentukan laku atau tidaknya produk Anda. Simak beberapa strategi pemasaran produk kosmetik berikut ini.

Diskon

Ya, baik itu bisnis kosmetik maupun bisnis lain, diskon masih menjadi salah satu metode promosi yang paling ampuh di kalangan masyarakat Indonesia. Gunakan diskon pada produk-produk terbaru Anda untuk menarik minat masyarakat.

Baca juga : Cara Membuat Diskon Yang Menarik Agar Penjualan Meningkat

Pasang Toko di Google Map

Salah satu yang akan dikonfirmasi pelanggan ketika melihat toko kosmetikmu adalah memastikan kredibiltasnya. Salah satunya adalah melalui Google Map karena Google Map akan mencantumkan alamat toko, nomor telepon hingga ulasan pelanggan yang membuat toko Anda terlihat lebih terpercaya.

Gunakan Toko Online

keuntungan bisnis skincare

Di zaman sekarang ini, bisnis Anda tidak ada artinya jika tidak bisa ditemukan orang-orang melalui Google dan channel online lainnya.

Oleh karena itu,pastikan bahwa Anda sudah membuat toko online profesional yang bisa digunakan pembeli untuk bertransaksi langsung dari website.

Baca juga : Strategi Lengkap Pemasaran Produk Kosmetik Agar Bisnis Sukses

AVANA sendiri adalah social commerce platform yang menyediakan website toko online yang terhubung dengan Instagram, Facebook, dan Whatsapp.

Anda bisa menggunakan AVANA secara GRATIS dengan mengikuti tahap-tahap berikut.

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai fitur-fitur AVANA lainnya maupun promo-promo spesial AVANA di bulan ini?

Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *