Super Gampang! Ini Cara Membuat WhatsApp Bisnis!

January 6, 2021 6:11 pm Published by Leave your thoughts
cara membuat whatsapp bisnis

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat yang cukup populer di Indonesia, bahkan menurut data dari We Are Social WhatsApp berada di posisi #2 aplikasi yang populer.

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan dalam memanfaatkan WhatsApp untuk berbisnis, selain menggunakan WhatsApp Bisnis Anda bisa membaca cara jualan di WhatsApp supaya bisnismu banjir orderan

Nah, sebelum masuk ke cara membuat WhatsApp Bisnis, mari mengenal apa itu WhatsApp Bisnis.

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

apa itu whatsapp bisnis

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi khusus yang dikeluarkan oleh WhatsApp untuk Anda para pebisnis. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis.

Anda dapat dengan mudah mengunduh WhatsApp Bisnis di Play Store atau App Store tentunya GRATIS!

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Setelah mengenal apa itu WhatsApp Bisnis, Anda bisa mengikuti cara buat akun bisnis WhatsApp di bawah ini:

  1. Download WhatsApp Bisnis

Cara membuat akun bisnis WA yang pertama adalah Anda dapat dengan mudah mengunduh WhatsApp Bisnis di Play Store atau App Store tentunya gratis!

2. Masukan Nomor Telepon

Sebaiknya gunakan nomor khusus bisnis untuk mempermudah anda dalam proses verifikasi dan pengelolaan akun WhatsApp Bisnis Anda. Setelah itu lengkapi bagian Nama Bisnis dan Kategori.

cara membuat whatsapp bisnis

3. Lengkapi Profil Bisnis

  • Klik menu Setelan
cara buat akun bisnis whatsapp
  • Klik Setelan Bisnis pilih Profil Bisnis
  • Isi profil dengan lengkap
cara membuat akun bisnis wa

Pastikan informasi yang Anda cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan Anda dalam menemukan informasi yang mereka inginkan.

Anda juga bisa mengatur jam operasional WhatsApp Bisnis Anda sehingga pelanggan bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengirim chat.

4. Mengatur Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan baik saat jam kerja maupun di luar jam kerja bisnis Anda.

Langkahnya sebagai berikut: Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

  • Away Message: atau pesan di luar jam kerja merupakan pesan otomatis yang dikirim ketika pelanggan menghubungi Anda saat jam kerja bisnis telah selesai atau bisnis sedang dalam keadaan libur/tutup. 
  • Greeting Message: atau pesan salam, akan dikirimkan ketika pelanggan pertama kali atau setelah 14 hari setelah mengirim pesan ke nomor bisnis Anda. 
  • Quick Reply: pesan ini dapat membuat akses mudah pada pesan yang sering Anda dapatkan dari pelanggan atau calon pelanggan, dengan menggunakan beberapa kata kunci.

5. Mengisi Katalog Produk

WhatsApp Bisnis memiliki fitur Katalog yang dapat Anda gunakan sebagai display produk atau layanan yang Anda miliki, begini cara settingnya:

  • Klik Setelan Bisnis
  • Pilih Katalog > Tambah Produk atau Layanan
  • Tambah Gambar
  • Lengkapi deskripsi gambar atau layanan yang telah diunggah

Setelah Anda mengikuti cara membuat akun bisnis di WA di atas, sekarang Anda dapat mulai menjalankan bisnis Anda di WhatsApp Bisnis dan jangan lupa untuk mencantumkan nomor atau link WhatsApp Bisnis Anda di media sosial bisnis yang Anda miliki agar pelanggan lebih mudah berkomunikasi dengan Anda. 


Setelah punya katalog produk, sekarang waktunya promosikan produk Anda. Bisa dilakukan secara gratis kok, simak artikel cara promosikan produk Anda melalui WA Story berikut.

Bonus: Fitur WhatsApp Bisnis yang Dapat Anda Manfaatkan!

  • Salah satu keuntungan wa bisnis adalah Anda bisa memiliki 2 akun dalam 1 handphone, tanpa mencampur chat pribadi dengan bisnis.
  • Nomor WhatsApp Bisnis yang didaftarkan langsung memiliki username tanpa harus menambahkan kontak, berbeda dengan nomor biasa, kontak WA Bisnis Anda tidak akan membingungkan pelanggan.
  • Profil bisnis yang lengkap membuat pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda.
  • Memiliki 3 model pesan otomatis: Greetings, Quick Reply dan Away Message.
  • Kegunaan WhatsApp bisnis yang lain adalah fitur Katalog, Anda dapat menambahkan katalog produk atau layanan demi pengalaman belanja pelanggan yang lebih baik.
  • Tersedia statistik pesan, fitur ini memungkinkan anda melakukan pengawasan terhadap jumlah pesan dikirim, diterima dan dibaca.
  • Selain itu ada fitur label, ini adalah fitur yang dapat anda manfaatkan karena dapat menempatkan kontak pelanggan sesuai dengan kategori yang telah Anda tentukan seperti, pesan baru, menunggu konfirmasi, menunggu pembayaran, pesanan selesai dan lain-lain
  • Tanda centang, fitur ini menunjukkan bahwa profil Anda telah diverifikasi oleh pihak WhatsApp, hal ini dapat meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme bisnis Anda.

AVANA memiliki fitur integrasi yang canggih, termasuk integrasi dengan WhatsApp Bisnis lho! Dijamin mudah dan efektif! Anda bisa langsung daftar di sini.

Categorised in: , ,

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *