Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads!

January 22, 2021 8:59 pm Published by Leave your thoughts
cara membuat facebook ads

Pada tahun 2020, total pengguna yang dapat telah dijangkau dengan beriklan melalui Facebook di Indonesia mencapai 130 juta jiwa. Hal ini tentunya menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Apakah Anda termasuk yang menggunakan Facebook sebagai salah satu media berbisnis? Ada satu lagi fitur Facebook yang dapat Anda gunakan dalam meningkatkan performa bisnis Anda di Facebook, yaitu Facebook Ads. Simak cara membuat Facebook Ads di bawah ini!

Namun, sebelum kita masuk ke cara buat Facebook Ads dan cara menggunakan Facebook Ads ada baiknya kita mengenal sedikit mengenai Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads?

cara membuat facebook ads

Facebook Ads adalah media beriklan yang disediakan oleh Facebook untuk pengguna Facebook sebagai audiensnya. Ads atau iklannya dapat berupa gambar atau video, biasanya terletak pada beranda atau sidebar. Facebook Ads ini memiliki berbagai kategori iklan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti: Impression, Traffic, Lead, dan lain-lain.

5 Kelebihan Facebook Ads

  • Budget dapat Disesuaikan: Anda dapat menyesuaikan budget sesuai dengan keinginan Anda untuk Facebook Ads. Dengan modal Rp 10.000 Anda sudah bisa mulai beriklan di Facebook. 
  • Pengguna yang Aktif: Facebook memiliki jumlah pengguna aktif yang banyak seperti yang sudah dibahas secara singkat di awal artikel. 
  • Jangkauan Luas: Per Desember 2020, pengguna Facebook mencapai lebih dari 170 juta, selain penggunanya,demografi jangkauan Facebook juga sangat luar baik dari segi umur hingga tempat tinggal yang dapat menjangkau seluruh Indonesia juga Dunia. 
  • Target Spesifik: Dalam menggunakan Facebook Ads, Anda dapat mengatur target audiens yang Anda inginkan sespesifik mungkin. Anda bisa menambah detail seperti umur, lokasi, hobi hingga minat. Hal ini dapat memaksimalkan penyebaran iklan bisnis Anda.
  • Remarketing: Dengan fitur Remarketing, target audiens Anda tidak hanya melihat iklan Anda di Facebook tetapi juga di seluruh website atau platform yang bekerjasama dengan Facebook, seperti Instagram.

Cara Membuat Facebook Ads

1. Membuat Halaman Facebook

Pilih jenis halaman yang cocok untuk bisnis Anda.

cara buat facebook ads

Isi data bisnis Anda dengan baik agar pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari halaman Facebook Anda.

2. Membuat Akun Business Manager

Klik “Create Account

3. Cara Membuat Facebook Ads : Lengkapi Profil

cara menggunakan facebook ads

Setelah melengkapi data awal di atas, klik Next.

4. Masukkan Detail Bisnis

cara membuat facebook ads

5. Lakukan konfirmasi pada Email yang digunakan untuk mendaftar Facebook Business Manager. Klik “Confirm Now” pada email dengan subject “Confirm Your Business Email

Cara Menggunakan FB Ads

Setelah Anda selesai mendaftarkan bisnis Anda sesuai dengan cara membuat Facebook Ads di atas, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menggunakan FB Ads.

Selanjutnya Anda akan melihat halaman berikut:

cara menggunakan fb ads
  • Tentukan tujuan iklan: Terdapat 3 tujuan besar yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kesadaran/Awareness

  • Kesadaran merek: Bertujuan untuk meningkatkan awareness merek bisnis Anda dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk Anda.
  • Jangkauan (reach): Menampilkan iklan ke sebanyak mungkin pengguna sesuai target yang telah ditentukan.

Pertimbangan/Consideration

  • Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk mengirim orang-orang/traffic menuju website atau aplikasi.
  • Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.
  • Pemasangan aplikasi: Mengajak orang-orang memasang/menginstal aplikasi Anda.
  • Penayangan video: Mengajak orang-orang menonton video yang Anda promosikan.
  • Pembuatan prospek: Mendapatkan leads seperti alamat email, untuk orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda.
  • Pesan: Mengajak orang-orang untuk mengirim pesan.

Konversi/Conversion

  • Konversi: Bertujuan untuk menghasilkan konversi/penjualan pada website Anda (Untuk melakukan tracking konversi Anda perlu memasang Facebook Pixel).
  • Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produk Anda.
  • Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak orang-orang mengunjungi toko offline Anda.
  • Selanjutnya set iklan, seperti gambar di bawah ini:
  • Lalu tentukan anggaran dan jadwal iklan mulai hingga berhenti. Anggaran dapat diatur menjadi anggaran harian atau sepanjang masa promosi.
  • Tentukan target audiens, Anda bisa menentukannya sespesifik mungkin atau secara umum.

Opsi Pemirsa Khusus dapat Anda gunakan jika Anda ingin menjangkau orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis Anda baik secara online maupun offline. Teknik ini termasuk dalam teknik remarketing dengan tujuan pembelian ulang atau berpotensi memiliki nilai konversi yang lebih tinggi.

  • Tentukan penempatan, saran AVANA pilih penempatan otomatis demi memaksimalkan anggaran dan iklan akan ditempatkan di tempat yang kinerjanya maksimal.
  • Pilih format iklan, terdapat 5 jenis iklan yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda

>Karosel: tampilan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang digeser ke samping

>Gambar Tunggal: 1 gambar saja

>Video Tunggal: 1 video saja

>Tayangan Slide: iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar

>Koleksi: iklan dapat berupa gabungan gambar dan video

  • Isi teks dengan deskripsi yang menarik
  • Tambahkan judul iklan yang menarik, kemudian isi URL Tujuan dengan website bisnis Anda, lalu klik Buat Iklan

Cara Membayar Facebook Ads

Isi data yang diminta dengan benar

Itu dia panduan lengkap cara membuat Facebook Ads. Setelah mengikuti semua prosesnya iklan Anda akan siap untuk diterbitkan oleh Facebook! Semoga berhasil! Jika Anda ingin mengetahui cara lain untuk beriklan di Facebook, Anda bisa membacanya di sini.

Tertarik untuk mencoba? Baca artikel berikut ini untuk mengetahui biaya Facebook Ads.

Di AVANA, jualan jadi mudah dengan berbagai fitur yang tersedia, salah satunya Facebook Ads loh! Belum join AVANA? Ikuti caranya di bawah ini:

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Biar lebih mudah dalam mengelola bisnis Anda, download aplikasi AVANA sekarang!

Download sekarang!

Categorised in:

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published.