Cara Membuat Diskon yang Menarik Agar Penjualan Meningkat

April 13, 2021 12:17 pm Published by Leave your thoughts
cara membuat diskon yang menarik

Diskon merupakan salah satu strategi marketing yang ampuh untuk bisa meningkatkan penjualan Anda secara drastis dalam waktu singkat. Namun membuat diskon tidaklah semudah itu. Anda tidak bisa sembarang memasang diskon 90% dengan harapan konsumen akan berbondong-bondong membeli produk Anda, namun justru tidak memberikan keuntungan sepeserpun bagi Anda. Agar tidak salah langkah, simak cara membuat diskon yang menarik berikut ini! Akan dituliskan juga contoh promo diskon menarik, cara hitung diskon, dan strategi diskon harga dengan memanfaatkan psikologi harga produk.

Cara Hitung Diskon

Sebelum membuat diskon, pastinya Anda harus bisa menghitung diskon terlebih dahulu untuk mengetahui berapa profit yang bisa Anda ambil dari produk yang Anda diskon. Rumusnya cara hitung diskon pun sebenarnya sangat mudah :

SETELAH = SEBELUM – (%diskon x SEBELUM)

SETELAH = Harga setelah diskon

SEBELUM = Harga sebelum diskon

Jadi semisalkan sebuah sepatu didiskon 20% dan harga awalnya adalah Rp 125.000. Berarti harga akhir sepatu tersebut setelah didiskon adalah :

SETELAH = 125.000 – (20% x 125.000) = 100.000

Rumus lainnya adalah dengan menentukan persen harga setelah diskon, yaitu :

SETELAH = (100% – %diskon) x 125.000

Apabila rumus tersebut digunakan untuk contoh kasus diatas, maka cara hitung diskonnya:

SETELAH = (100% – 25%) x 125.000 = 100.000

Cara Menentukan Harga Diskon

Lalu pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara menentukan harga diskon yang sesuai dengan objektif dan tujuan dari campaign Anda. Simak cara menentukan harga diskon secara lengkap berikut ini.

Pahami 3 metriks berikut ini.

  • Margin Laba Kotor : (pendapatan – harga pokok)/pendapatan
  • Jumlah Penjualan : jumlah produk atau layanan yang Anda jual dalam periode waktu tertentu.
  • Persentase Diskon ; persen diskon yang Anda berikan kepada konsumen.

Selanjutnya, sesuaikan persentase diskon yang akan Anda berikan dengan margin laba kotor produk Anda. Dan pastikan bisnis Anda bisa mencapai jumlah penjualan tertentu agar bisnis Anda bisa tetap memperoleh profit yang cukup.

rumus menentukan harga diskon
cara hitung diskon

Begini contohnya, jika toko kamu memiliki margin laba kotor sebesar 20% dan kamu akan memberikan diskon sebesar 5%, maka jumlah penjualan kamu harus meningkat sebesar 33,3% agar toko kamu tidak mengalami kerugian.

Baca juga : Cara Jualan Di WA Story Supaya Dagangan Laris Manis

Strategi Diskon Harga untuk Meningkatkan Profit.

Sebelumnya, Anda harus memahami dahulu bahwa terdapat 4 jenis diskon yang bisa Anda tawarkanm yaitu :

Diskon Loyalty Program

Seperti namanya, Diskon Loyalty Program adalah diskon khusus yang Anda berikan kepada pelanggan setia Anda. Biasanya, Loyalty Program diberikan kepada pelanggan dalam bentuk kartu atau badge khusus sebagai penanda. Loyalty Program biasanya dibuat dengan tahapan atau tingkat.

Semakin tinggi tingkat atau level dari pelanggan, maka semakin besar diskon yang bisa mereka dapatkan. Fungsinya jelas untuk memotivasi pelanggan untuk membeli lebih banyak produk lagi. Itulah strategi diskon harga pertama yang bisa coba Anda terapkan.

psikologi harga produk
Contoh Promo Diskon Menarik Loyalty Program

Diskon Seasonal

Strategi diskon harga kedua yang bisa Anda terapkan adalah diskon seasonal. Simpelnya, diskon seasonal adalah diskon yang Anda berikan di momen-memen tertentu, misalnya saja hari raya Idul Fitri, Lebaran, Idul Adha, Natal, Tahun Baru dan lain-lainnya.

Biasanya, momen-momen tersebut memang identik dengan kegiatan berbelanja. Salah satu cara membuat diskon yang menarik adalah dengan memanfaatkan momen-momen seperti contoh diatas ketika menawarkan diskon.

promosi diskon
contoh promo diskon menarik Ramadhan Sales

Diskon Promosi

Diskon promosi adalah diskon yang Anda berikan kepada pelanggan tanpa persyaratan apapun. Biasanya diskon ini diberikan di tahap terakhir siklus hidup produk ketika tidak banyak orang lagi tertarik untuk membeli produk tersebut.

strategi diskon harga
contoh promo diskon menarik

Diskon Volume

Selain itu, ada juga diskon volume yang mana bisa Anda terapkan apabila produk Anda diproduksi dalam jumlah besar dengan harga produk yang relatif murah. Untuk jumlah pembelian yang semakin banyak, maka harga satuan produk akan menjadi lebih murah.

strategi diskon harga
contoh promo diskon menarik pembelian grosir

Cara Membuat Diskon yang Menarik

Tentu saja memanfaat strategi diskon bisa membawa keuntungan yang sangat besar bagi bisnis Anda, terlebih karena budaya masyarakat Indonesia yang masih menjadikan harga sebagai pertimbangan pertama ketika membeli sebuah produk.

Tawarkan Diskon pada Pengunjung Toko Anda

Semisalkan saja Anda memiliki website, Instagram atau apapun media berjualan yang Anda gunakan. Pada awalnya, pengunjung mungkin hanya ingin mengecek toko Anda dan belum berniat untuk membeli.

Di saat pertama ini, Anda bisa memberikan diskon spesial yang diharapkan bisa menjadi bentuk “komitmen” mereka untuk membeli produk Anda di keesokan harinya.

gift untuk pembeli
contoh promo diskon menarik kedatangan pengunjung

Faktanya, banyak sekali orang-orang yang sudah mendaftar menjadi subscriber atau menginstall sebuah aplikasi tapi tidak juga memanfaatkan aplikasi tersebut. Program diskon tahap awal ini sangat berguna untuk memancing mereka agar segera menggunakan aplikasi Anda.

Baca juga : Bisnis Lancar, 7 Cara Jualan Online Di Twitter

Diskon Early-Bird

Buat Anda yang hobi berbelanja pasti tidak asing lagi dengan isitlah ini. Cara membuat diskon yang menarik berikutnya adalah dengan memanfaatkan momen early-bird, yaitu ketika produk Anda baru diluncurkan, Anda bisa memberikan diskon untuk mereka yang telah melakukan pre-order terlebih dahulu.

Fungsinya jelas untuk membangun hype pada produk Anda yang baru rilis. Harapannya, produk Anda bisa menjadi viral melalui media sosial maupun media-media lainnya dan bisa membantu meningkatnya penjualan Anda.

strategi diskon harga
contoh promo diskon menarik early-bird

Diskon di Keranjang Belanja

Tahukah Anda? Data menunjukan bahwa 60% orang yang berbelanja secara online meninggalkan keranjang belanja mereka tanpa lanjut ke pembayaran karena adanya biaya tambahan yang tidak siap mereka tanggung.

Perusahaan Nicehair menggunakan strategi khusus dengan memasang diskon 5% untuk pelanggan yang hendak meninggalkan website tanpa menyelesaikan pembelian dan berhasil meningkatkan konversi pembelian mencapai 44,76%. Cara membuat diskon yang menarik sekali, bukan?

cara membuat diskon yang menarik
contoh promo diskon menarik checkout

Diskon Retargeting

Untuk Anda yang pernah membuat iklan Facebook pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah retargeting. Cara terbaik untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan adalah dengan menawarkan kembali produk Anda kepada orang-orang yang memang tertarik untuk membeli produk Anda.

Baik itu melalui email marketing, iklan, whatsapp atau media lainnya, Anda bisa menawarkan diskon agar pengunjung berubah menjadi pembeli atau bahkan pelanggan Anda. Strategi diskon harga yang terstruktur dan dijamin bisa meningkatkan penjualan Anda!

Tentukan Nama Kupon

psikologi harga produk

Jangan meremehkan kekuatan dari nama kupon. Jika nama kupon Anda terlalu sulit diingat dan dieja, maka akan membuat orang-orang kesulitan menggunakan kupon Anda. Sebaliknya jika nama kupon terlalu umum, akan mudah tertukar dengan kupon brand-brand lain.

Jika fokus Anda adalah kemudahan konsumen, Anda bisa menggunakan nama-nama kupon seperti ini :

“50%OFF”, “DISKON25%, “BEBASONGKIR”

Sementara jika Anda ingin mempromosikan brand Anda melalui kupon yang Anda tawarkan, Anda bisa menamai kupon seperti ini (tergantung dari nama brand Anda) :

“AVANASALE”, “IRITSAMAAVANA”

Untuk membuat strategi diskon harga yang tepat, penting sekali untuk mempelajari karakteristik dan preferensi dari pelanggan Anda. Nama diskon yang mana yang sekiranya akan lebih menarik untuk mereka gunakan?

Baca juga : Contoh Dan Cara Buat Kata-Kata Promo Ramadhan Yang Menjual

Strategi Psikologi Harga Produk

psikologi harga produk

Ketika berbicara tentang marketing, psikologi jadi salah satu hal yang paling penting. Cara membuat diskon yang menarik lainnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan psikologi harga produk.

Secara umum, terdapat dua rumus utama yaitu :

  1. Penggunaan Angka 9 : Contoh mudahnya tas seharga Rp 49.999 lebih menarik bagi konsumen dibandingkan tas seharga Rp 50.000. Anda mungkin tidak asing lagi dengan fenomena ini. MIT dan Universitas Chicago juga telah melakukan penelitian terhadap tas berharga $34, $39 dan $44. Hasil menunjukan bahwa penjualan tertinggi berasal dari tas seharga $39
  2. Penggunaan angka 0 : Semakin banyak angka 0, harga produk akan terlihat semakin mahal. Sebagai contohnya, Anda mungkin tidak asing lagi ketika pergi ke restoran dan harga makanan dituliskan dengan Rp 50 bukannya Rp 50.000 karena akan memberi kesan lebih mahal.

Kedua psikologi harga produk tersebut juga bisa Anda pertimbangkan ketika sedang merancang strategi diskon harga produk Anda.

Nah, itu dia beberapa cara membuat diskon yang menarik dan pastinya bisa membantu meningkatkan penjualan dan omzet Anda pula, terlebih ketika momen-momen Ramadhan. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *