Ampuh, 5 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menjual

November 14, 2020 10:16 am Published by Leave your thoughts
cara-membuat-deskripsi-produk

Banyak orang yang meremehkan cara membuat deskripsi produk yang tepat, padahal hal ini bisa menentukan terjual atau tidaknya produk Anda.

Sebagai penjual pemula, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu deskripsi produk. Daripada dijelaskan dengan kata-kata, Anda langsung bisa lihat contohnya di bawah ini.

cara-membuat-deskripsi-produk

Produk diatas adalah milik brand yang telah menggunakan website toko online AVANA. Semua kata-kata yang berada di kolom PRODUCT INFORMATION adalah apa yang kita kenal dengan deskripsi produk.

Mengapa Anda Harus Membuat Deskripsi Produk yang Menarik?

Sebagian penjual online meremehkan fungsi dari deskripsi produk ini dan bahkan banyak yang tidak melengkapi informasi ini atau seadanya saja.

Bayangkan jika sebagai pembeli, Anda sedang mencari produk HP lalu ini yang Anda temukan pada halaman deskripsi produknya adalah sebagai berikut.

cara-membuat-deskripsi-produk

Apakah Anda akan membeli produk pertama (kiri) atau produk kedua (kanan)?

Memang informasi tersebut bisa Anda cari secara lengkap di internet, namun sebagai pembeli yang mengutamakan kemudahan, jelas produk pertama lebih menarik untuk dibeli bukan?

Karena itulah cara membuat deskripsi produk yang lengkap dan tepat sangatlah penting.

Lebih Berfokus Pada Manfaat

Begini, banyak penjual yang hanya menuliskan fitur namun bukan manfaat dari produk yang mereka jual.

Jangan salah, fitur dan manfaat itu dua hal yang berbeda, lho.

Sebagai contohnya, lihat fitur dan manfaat dari produk pemutih ini.

FiturManfaat
Mengandung Vit CMenghentikan proses kulit Anda menjadi cokelat
Mengandung Alpha ArbutinMembuat freckles atau bintik hitam di wajah memudar dengan cepat
Mengandung NiacinamideMelembutkan kulit, membuat kulitmu lebih merata dan cemerlang warnanya
Mengandung Glycolic AcidMencerahkan kulit dengan cara mengeksfoliasi kulit terluar dan mempercepat gantinya dengan sel kulit yang baru.

Sebagai pembeli yang awam, akan percuma jika Anda hanya menuliskan fitur yang ada di kolom kanan tanpa menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan.

Cara membuat deskripsi produk yang baik berikutnya adalah dengan memfokuskan penjelasan pada manfaat yang akan diterima konsumen. Anda juga bisa menyertakan fitur namun jangan terlalu mendalam.

Jangan Kaku, Berpikir Out-of-The-Box

Untuk produk yang tidak memiliki fitur atau manfaat yang terlalu banyak, Anda bisa coba menggugah emosi pembaca, membuat mereka merasa terhubung dengan produk Anda.

cara-membuat-deskripsi-produk

Unik sekali bukan deskrpsi produk diatas? Selain menjelaskan material atau bahan dari produknya, ia juga menambahkan kata-kata unik yang menarik minat pembeli.

Manfaatkan SEO

cara-menulis-deskripsi-produk

Nyatanya, SEO jadi salah satu cara membuat deskripsi produk yang paling penting, lho. Kebanyakan pembeli masih mencari produk dari Google, Yahoo dan mesin pencari lainnya.

Dengan menggunakan teknik SEO, produk Anda bisa langsung muncul di halaman pertama Google dan jelas lebih mungkin dibeli oleh pengguna internet.

Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal mencari kata kunci yang sesuai untuk produk Anda melalui berbagai aplikasi pencari kata kunci gratis seperti UbersuggestGoogle Keyword Planner maupun Google Search Console.

Lalu, selipkan kata kunci tersebut pada deskripsi produk Anda.

Misalkan apabila Anda menjual sepatu VANS, berikut beberapa kata kunci yang bisa Anda gunakan.

“jual beli sepatu vans”, “jual beli sepatu vans ori”, “beli sepatu vans ori”, “tempat beli sepatu vans original”.

cara-menulis-deskripsi-produk

Anda tinggal menyelipkan kata-kata tersebut pada deskripsi produk Anda.

Jika Anda tidak ahli di bidang ini, Anda bisa langsung menggunakan website toko online AVANA yang sudah dilengkapi dengan fitur SEO untuk deskripsi produk Anda.

Dapatkan website toko online gratis Anda langsung lewat sini. Isi informasi yang dibutuhkan dan langsung gunakan website toko online Anda untuk berjualan.

Gunakan Bahasa yang Sesuai Target

Cara membuat produk deskripsi yang baik adalah dengan menggunakan bahasa yang sering digunakan oleh pembaca Anda. Sebagai contoh, apabila Anda menjual produk game, Anda bisa menggunakan bahasa anak muda yang familiar di telinga gamers.

Jika Anda menjual produk KW dengan target masyarakat menengah kebawah, Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dan akrab di telinga mereka.

Lain ceritanya jika produk Anda memiliki target pembeli menengah keatas (high-end) seperti Moschino, Louis Vuitton hingga Balmain.

Oleh karena itu, cara menulis deskripsi produk yang menjual juga akan tergantung pada jenis produk yang Anda jual.

Untuk membantu Anda, berikut beberapa topik yang akan kami sertakan pada post kami berkutnya.

  1. Contoh deskripsi bisnis pakaian
  2. Contoh deskripsi produk sepatu
  3. Contoh deskripsi produk tas
  4. Contoh deskripsi produk hp

Itu dia beberapa cara membuat deskripsi produk yang menarik dan menjual. Tidak sulit, bukan?

Bagi Anda yang belum memiliki website toko online untuk berjualan, dapatkan GRATIS SELAMANYA sekarang juga.

Caranya cukup mudah : 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Rekomendasi Artikel :

  1. Praktis, Cara Membuat Toko Online Lewat HP
  2. Unik Dan Anti-Mainstream, 5 Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Drastis

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman-teman Anda yang membutuhkan. Berbagi kebaikan, menambah berkah.

Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by AVANA Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *