Cara Membuat Blog Gratis untuk Bisnis Online

April 22, 2021 12:09 pm Published by Leave your thoughts
cara membuat blog gratis untuk bisnis online

Apabila Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung toko online Anda maupun mengenalkan produk Anda kepada lebih banyak orang, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat blog. Manfaat blog bisnis untuk website toko online Anda sangatlah besar dan yang paling utama adalah untuk menguatkan brand Anda dan membawa lebih banyak trafik ke toko Anda. Meskipun manfaat blog untuk bisnis yang sangat besar, banyak orang yang belum siap untuk membuat blog mereka sendiri. Nah, buat Anda yang ingin selangkah lebih jauh dari kompetitor Anda, simak cara membuat blog gratis untuk bisnis online berikut ini!

Manfaat Blog untuk Bisnis

Sebelum kita masuk lebih lanjut ke cara membuat blog untuk bisnis online, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya manfaat blog bisnis yang membuat Anda harus segera memulainya sekarang juga!

Secara umum, inilah cara kerja dari blog untuk bisa memberikan dampak bagi bisnis Anda.

manfaat blog bisnis

Melihat dari grafik diatas, berikut beberapa manfaat blog untuk bisnis Anda.

Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Simpelnya begini. Ketika menggunakan internet, sebagian orang mencari produk untuk dibeli, namun sebagiannya lagi mencari informasi. Manfaat blog bisnis adalah bagaimana Anda bisa menyediakan informasi yang orang-orang butuhkan, sehingga akan semakin banyak orang juga yang akan mengunjungi website Anda.

Dengan teknik SEO yang tepat, Anda bisa memperoleh jumlah pengunjung yang jauh lebih banyak daripada brand-brand ternama yang telah dikenal banyak orang sekalipun. Taktik menarik pengunjung dengan menggunakan blog ini termasuk strategi inbound marketing dimana Anda tidak mencari pelanggan dan “memaksa” mereka untuk membeli produk Anda, melainkan membuat mereka menemukan Anda karena mereka membutuhkan Anda.

Membangun Kredibilitas

Anggaplah Anda menemukan sebuah website, lalu Anda melihat bagaimana ia tidak pernah berinteraksi dengan pelanggan maupun membuat konten. Hanya sebuah website statis tanpa adanya interaksi dan aktivitas dari yang membuat website. Jika Anda hendak membeli produk seharga ratusan hingga jutaan rupiah, apakah Anda cukup berani untuk membeli melalui website tersebut?

Bandingkan dengan sebuah website yang selalu aktif mengunggah konten blog tiap harinya, menjawab komentar pembaca di blognya. Anda pasti akan menjadi lebih yakin untuk membeli produk dari website seperti itu bukan?

Oleh karenanya, salah satu manfaat blog untuk bisnis yang paling penting adalah membangun kredibilitas untuk brand Anda. Jika Anda bisa menyajikan informasi yang relevan dan menjadi yang “terdepan” dalam niche bersangkutan, brand Anda juga bisa jauh lebih dikenal.

Meningkatkan Jumlah Penjualan

Ketika jumlah pengunjung website makin banyak, otomatis akan lebih mudah bagi Anda untuk memperoleh leads yang nantinya bisa dikonversi menjadi penjualan pula. Jumlah penjualan meningkat, pastinya omzet dan pendapatan juga akan meningkat, bukan? Itulah manfaat blog bisnis yang pada akhirnya diinginkan oleh semua pebisnis.

Cara Membuat Blog Gratis untuk Bisnis Online

Setelah mengetahui manfaat blog untuk bisnis online, sekarang waktunya mencari tau lebih lanjut bagaimana cara membuat blog gratis untuk bisnis online Anda. Secara umum, terdapat dua CMS (Content Management System) yang bisa Anda gunakan, yaitu blogger dan wordpress.

Jika bisnis Anda bukanlah E-commerce yang membutuhkan penyajian toko online, sebenernya sangatlah mungkin untuk membuat blog secara gratis, namun domain yang Anda gunakan hanyalah blogscpot.com atau wordpress.com, tidak bisa domain pribadi seperti .com, .co.id, .net, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress

cara membuat blog gratis di wordpress
  • Klik “Start your Blog”
  • Buat Akun dengan mengisi alamat email, nama pengguna dan kata sandi atau bisa buat akun secara mudah melalui akun Google atau Apple
cara membuat wordpress gratis 2021
  • Disini, akan disajikan pilihan paket berbayar dan gratis. Untuk paket gratis hanya domain wordpress.com yang bisa Anda pilih.
cara menulis blog di wordpress
  • Klik “mulai dengan situs gratis”
cara membuat blog yang menarik
  • Inilah tampilah dashboard yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten.
cara membuat wordpress menarik
  • Awalnya, akan tersedia 4 laman yang bisa Anda tambahkan sesuai bisnis Anda. (klik menu Laman)
cara membuat website
  • Jika Anda masuk ke link website Anda (contoh : mausehatlama.wordpress.com), akan terlihat bahwa Anda memiliki 4 laman utama yang bisa dipilih pengunjung. Biasanya, ini hal yang bisa Anda isi di tiap laman.
    • Beranda : Pengenalan bisnis dan produk/jasa yang Anda tawarkan.
    • Tentang : Mengenai sejarah bisnis secara umum
    • Kontak : kontak yang bisa dihubungi untuk kerjasama atau memesan produk.
    • Blog : menyajikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung sesuai niche Anda.
  • Untuk membuat postingan blog, Anda bisa kembali ke dashboard wordpress. Klik menu Pos > tombol tambahkan Pos Baru
daftar wordpress gratis
  • Buat Judul Konten Blog yang menarik minat pembaca.
tips menulis blog untuk pemula
  • Lengkapi konten dan tambahkan gambar agar konten lebih menarik.
cara menulis blog untuk pemula
  • Jika sudah selesai, klik “Terbitkan”
  • Konten Anda pun akan tambil di laman Blog
contoh blog
  • Untuk tiap postingan, usaha menggunakan minal 500 kata dan posting secara teratur minimal 3 x per minggu.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

  • Masuk ke blogger.com
  • Sign-up dengan akun Anda
  • Pilih nama domain website Anda (untuk versi gratis, domain yang bisa digunakan adalah .blogspot.com)
cara membuat blog gratis di blogger
  • Tulis nama penulis blog
nama blog yang bagus untuk bisnis
  • Inilah dashboard utama yang bisa Anda gunakan untuk mengatur website.
manfaat blog untuk bisnis
  • Pertama-tama, Anda harus membuat Pages/Laman seperti pada WordPress. Klik New Page
cara membuat blog untuk bisnis online
  • Ini adalah layout utama yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten di Laman.
contoh blogger pemula
  • Jika mengklik Publish, kurang lebih begini tampilannya ketika masuk ke halaman website Anda.
cara membuat blog wordpress
  • Anda juga bisa membuat laman-laman lain.
  • Untuk membuat postingan blog, Anda bisa menuju menu Post > klik New Post.
cara menulis blog untuk pemula
  • Setelahnya, Anda bisa mengedit konten seperti pada halaman Laman. Jika sudah selesai, klik Publish
  • Postingan Anda akan muncul seperti demikian.
blogger

Tips-Tips Cara Membuat Blog Gratis untuk Bisnis Online

Cara membuat blog untuk bisnis online yang paling awal adalah dengan membuat hosting, domain dan mengatur keseluruhan website Anda seperti diatas. Setelah Anda melakukannya, berikut beberapa tips-tips cara membuat blog untuk bisnis online yang baik dan bisa sukses membantu perkembangan bisnis Anda.

Berikan Judul yang Menarik

Judul adalah hal pertama yang akan menentukan apakah seseorang akan berkunjung ke website Anda atau tidak. Pastikan Anda memberikan judul yang menarik dan tidak membosankan. Beberapa tips yang bisa Anda coba adalah :

  • Gunakan Angka : jika artikel Anda merupakan guide, panduan, langkah-langkah atau daftar, Anda bisa menggunakan angka pada judul artikel Anda, misalnya “7 Langkah Mudah Membuat Blog dari Nol”. Selain itu, angka juga bisa digunakan untuk memberitahu seberapa efektifnya informasi yang Anda berikan, misalnya “Turunkan 5 kg Berat Badan Cukup Dengan 15 menit/hari.”
  • Gunakan Kata Sifat yang Emosional : contohnya GRATIS, WAJIB, LUAR BIASA, dst. Contohnya : “5 Tips Bisnis yang Wajib Anda Baca Agar Bisa Sukses.”

Manfaatkan SEO

SEO adalah sebuah taktik yang memungkinkan artikel website Anda untuk berada di halaman 1 Google atau mesin pencari lainnya ketika seseorang mengetikan kata kunci di mesin pencari.

cara optimasi featured snippet

Dengan menggunakan teknik SEO yang tepat, Anda bisa meningkatkan jumlah pengunjung website Anda hingga berkali-kali lipat.

Baca juga : Jenis-Jenis SEO dan Cara Menerapkannya Pada Website

Sertakan CTA

Ini salah satu tips utama cara membuat blog gratis untuk bisnis online yang seringkali lupa dilakukan orang-orang. Anggaplah Anda sudah membuat konten yang luar biasa dan telah dikunjungi ribuan orang. Namun, bagaimana Anda bisa mengubah mereka menjadi pembeli Anda jika Anda tidak menyertakan CTA menuju ke CS maupun halaman produk Anda.

cara buat CTA

Di AVANA sendiri, kami membuat CTA seperti ini. Apabila Anda mengklik “Dapatkan Toko Online Gratis”, Anda akan bisa mencoba fitur-fitur AVANA sementara “HUBUNGI CS” akan memungkinkan Anda terhubung dengan nomor whatsapp CS kami.

Nama Blog yang Bagus untuk Bisnis

cara membuat blog gratis untuk bisnis online

Sebelum membuat blog, mungkin ini yang seringkali membuat Anda bingung, apa nama blog yang bagus untuk bisnis Anda?

Pertama-tama, Anda bisa menyertakan kata kunci niche bisnis Anda ke dalam nama blog Anda.

Misalnya, jika Anda berada di niche bisnis, Anda bisa menggunkana nama blog ini, “jaringanbisnis.com”, “belajarbisnis.com”, “bisnisdarinol.com”, “suksesbisnis.com” dan lain sebagainya.

Jika Anda menjual produk kesehatan, berikut nama blog yang bagus untuk bisnis Anda, “jadisehat.com”, “sehatitumudah.com”, “15menitsehat.com” dan lainnya.

Itu dia cara membuat blog gratis untuk bisnis online, manfaat blog bisnis serta bagaimana cara membuat blog gratis di blogger dan wordpress. Mudah sekali, bukan?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *