Cara Masuk FYP TikTok Biar Bisnis Viral

February 24, 2021 2:39 pm Published by Leave your thoughts
cara masuk fyp tiktok

TikTok menjadi salah satu media sosial yang digemari saat ini. Banyak sekali jenis konten yang dapat Anda temukan di sana. Hal ini tentunya menjadi peluang yang baik nih untuk Anda para pebisnis! Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai ide konten TikTok yang bisa Anda ikuti dalam melancarkan promosi bisnis. Sekarang waktunya masuk ke topik yang paling ingin diketahui TikTokers. Bagaimana cara masuk fyp TikTok?

Sebelum membahas cara masuk FYP TikTok, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui apa itu FYP. Nah, FYP sendiri adalah singkatan dari For You Page atau yang lebih sederhananya ‘halaman rekomendasi’ untuk tiap-tiap pengguna TikTok. Semakin sering video TikTok Anda masuk FYP, kemungkinan akun Anda akan viral semakin besar juga.

Dalam hal berbisnis, masuk FYP berarti kemungkinan produk Anda diketahui banyak orang semakin besar, dan tentunya kemungkinan orang yang melihat video Anda akan tertarik untuk membeli! Sangat menggiurkan bukan?

Berikut cara FYP TikTok biar bisnis viral!

Cara Masuk FYP TikTok

Ini beberapa cara masuk FYP TikTok yang dapat Anda ikuti jika ingin bisnis viral!

Cara Masuk FYP TikTok #1: Kualitas & Kreativitas

Pertama-tama cara agar bisa FYP di TikTok adalah Anda wajib membuat video dengan kualitas yang baik! Gambar yang jernih, sudut pengambilan yang jelas dan warna video yang pas di mata merupakan faktor yang perlu diperhatikan saat membuat/mengedit video.

Selain itu, Anda juga sebaiknya membuat video yang bersifat original dan ‘khas’ bisnis Anda, konten yang autentik akan mendapat nilai plus! Jangan lupa manfaatkan fitur dan filter dari TikTok untuk video yang lebih menarik!

Cara Masuk FYP TikTok #2: Singkat dan Memiliki Tujuan yang Jelas

Cara agar bisa FYP di TikTok yang selanjutnya adalah membuat Video yang menarik, namun video menarik itu tidak melulu yang memiliki durasi panjang. Di TikTok sendiri, video yang terlalu panjang lebih sering di-skip oleh pengguna TikTok. Maka dari itu Anda sebaiknya membuat video yang singkat dengan tujuan yang jelas.

Maksudnya tujuan yang jelas adalah Anda paham nih video Anda dibuat untuk apa. Anda juga dapat menambahkan element of surprise agar yang menonton penasaran dan betah menonton konten Anda hihihi.

Cara Masuk FYP TikTok #3: Caption dan Hashtag

Hal lain dalam cara FYP TikTok yang perlu diperhatikan adalah penulisan caption dan penggunaan hashtag. Usahakan caption yang Anda buat menjelaskan secara baik mengenai isi video Anda, ingat ini menulis caption dan bukan esai ya Sobat AVA! Jadi pastikan tidak terlalu panjang dan bertele-tele.

cara FYP TikTok
sumber: kistacdnc.com

Jangan lupa gunakan hashtag yang relevan, biasanya saat mengetik akan keluar nih sugesti hashtag yang dapat Anda gunakan agar video Anda dapat ditemukan oleh lebih banyak pengguna TikTok, atau sederhananya jangkauan video Anda lebih luas.

Jangkauan video lebih luas = lebih banyak yang menonton = potensi menggaet pembeli semakin besar.

Cara Masuk FYP TikTok #4: Gunakan Latar Musik yang Viral

Anda pasti tahu kan, kalau di TikTok itu suka banyak latar musik yang viral atau banyak digunakan oleh para TikTokers?

Nah, jika Anda ikut menggunakan musik-musik tersebut maka kesempatan video Anda masuk ke FYP pengguna lain akan semakin besar. Karena algoritma TikTok membaca konten tersebut dan merekomendasikannya ke pengguna yang selera musiknya sesuai dengan video tersebut. Selain itu jika pengguna mencari musik tertentu, video Anda juga akan muncul dalam hasil pencarian tersebut.

Cara Masuk FYP TikTok #5: Ikuti Tren dan Challenge

Di TikTok ini sering banget ada tren baru yang kemudian ramai diikuti oleh para TikTokers, masih ingat tren dalgona kemarin? Yup, itu salah satunya!

Selain tren, banyak juga nih berbagai jenis challenge yang muncul di TikTok, salah satunya Any Song Challenge, pernah dengar kan? Itu loh yang ngedance pakai lagunya Zico. 

Dengan mengikuti tren atau challenge yang sedang viral di TikTok kesempatan untuk mempromosikan bisnis Anda lebih baik dapat terbuka lebar, tapi jangan asal ikut aja ya Sobat AVA! Pilih mana yang cocok dan pas untuk bisnis Anda. Jika Anda merasa bisa, mulailah tren atau challenge Anda sendiri!

BONUS: Be Relatable dan Engage!

Maksudnya gimana sih? 

Jadi ketika Anda ingin membuat video coba cari ide yang kira-kira konten Anda itu bisa dimengerti dan dipahami oleh si calon pelanggan Anda, lebih baik lagi jika anda membuat materi promosi sambil menawarkan solusi atas ‘permasalahan’ mereka. 

Yang tidak kalah penting dari cara agar bisa FYP di TikTok adalah dengan engage alias berinteraksi, entah dari video yang bisa di-stich, caption yang berupa ajakan, atau sebaliknya nih bukan pengguna TikTok yang berinteraksi dengan konten Anda, tapi Anda yang berinteraksi dengan konten pengguna lain. 

Begitu kira-kira gimana cara agar bisa FYP di TikTok! Sudah siap?

Nah, buat Anda para TikTokers yang memiliki bisnis online, salah satu yang harus Anda miliki adalah website toko online sendiri yang dapat dimanfaatkan untuk menjual produk Anda kepada masyarakat luas secara profesional. 

Biasanya memiliki website toko online harus membayar sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000/bulan, namun Anda bisa memperolehnya secara GRATIS di AVANA. 

Cukup 5 langkah mudah buat bisa mendapatkan toko online idaman Anda secara cuma-cuma.

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ingin tanya lebih lanjut?

Categorised in:

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *