Cara Gunakan Facebook Live Streaming untuk Bisnis

August 10, 2021 1:23 pm Published by Leave your thoughts

Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih tiap waktunya. Salah satu bentuk teknologi yang mudah, murah dan dapat membantu para pelaku bisnis adalah akun media sosial. Dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sama dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu. Wah, banyak banget ya!

Menurut data dari Wearesocial dan Hootsuite, Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling digemari dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sebuah jurnal internasional bernama The Wall Street mengatakan jika jumlah pengguna aktif Facebook hingga tahun 2012 sudah mencapai 1 milyar orang di seluruh dunia.

facebook, facebook live, live streaming, live streaming facebook

Nggak heran kalau banyak pelaku bisnis memilih Facebook untuk mengembangkan usahanya mengingat pengguna Facebook yang sangat banyak dan akan terus bertambah setiap waktunya. Selain itu, Facebook juga dilengkapi beragam fitur yang bisa mendukung pelaku bisnis mempromosikan produknya. Salah satu fitur yang menarik adalah Facebook Live atau siaran langsung. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa Facebook Live ini hanya berlaku untuk selebriti atau mereka yang memiliki banyak followers. Ternyata Anda salah!

Baca juga: Contoh Kalimat & Kata-Kata Jitu Untuk Promosi Bisnis Makanan

Fitur Facebook Live ini dapat digunakan oleh seluruh pemilik akun Facebook lho. Prosesnya juga sangat mudah untuk digunakan. Oh iya, sebelum Anda melakukan siaran langsung, Anda juga bisa mengumumkannya melalui broadcast ke seluruh teman di akun Facebook Anda. Menarik kan?

Tren live streaming banyak diminati oleh pembeli karena mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan penjual. Bahkan, dari fitur ini mereka juga dapat melihat jelas dan detail kualitas bahan dari produk yang sedang ditawarkan. Nantinya, jika ada penonton live yang ingin membeli produk tersebut, tinggal diarahkan untuk mengirim pesan lewat inbox Facebook. Cukup mudah dan efektif ya?

Selain itu, strategi ini juga bisa menekan biaya promosi, terutama dalam penggunaan Facebook Live Streaming karena cukup dengan ponsel, Anda sebagai pemilik bisnis bisa membuat konten dengan pendekatan live-action.

Coba cara berikut ini untuk memulai Facebook Live Streaming!

  1. Bukalah akun Facebook jualan Anda
facebook, facebook live, live streaming, live streaming facebook
  • Silakan buka kolom status yang biasanya digunakan untuk membuat status atau postingan. Lalu Ketuk ikon live untuk memulai “Live Video”
facebook, facebook live, live streaming, live streaming facebook
  • Tambahkan deskripsi dan penjelasan singkat tentang produk yang akan dijual saat itu
facebook, facebook live, live streaming, live streaming facebook
  • Lalu, silahkan langsung memulai “live streaming”
  • Pastikan video berdurasi tidak terlalu panjang.

Jangan lupa untuk gunakan fitur broadcast sebelum lakukan Facebook live agar lebih banyak penonton yang masuk ke siaran Facebook live Anda. Saat mengirim broadcast, teman Facebook Anda akan menerima notifikasi.

Baca juga: Tips Agar Jualan Laris Lewat WhatsApp!

Dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini, berjualan secara online, khususnya melalui media sosial memang dapat menjadi solusi tepat untuk Anda meningkatkan penjualan dengan modal yang tidak terlalu besar.

facebook, facebook live, live streaming, live streaming facebook

Jika Anda ingin memanfaatkan media sosial Facebook agar lebih maksimal dalam meningkatkan omzet, Anda bisa mencoba fitur dari AVANA! AVANA adalah platform social commerce untuk mendukung para pelaku bisnis dengan mengoptimalkan penjualan melalui Website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, LINE, hingga Telegram. Dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, AVANA telah membantu lebih dari 100.000 pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan brand dan mengotomatisasi kan kemampuan bisnis secara online.

Gimana? Mau bisnis Anda jadi lebih efektif dan berkembang? Yuk, isi form berikut ini agar AVANA bisa membantu Anda lebih jauh!

*Form ini ditujukan khusus Anda yang sudah memiliki bisnis ya!

Tags: ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *