Cara Bisnis Baju Distro Kecil-Kecilan

May 10, 2021 12:06 pm Published by Leave your thoughts
cara bisnis baju distro kecil-kecilan

Untuk Anda yang berniat untuk memulai bisnis sendiri dan bingung mengenai bidang bisnis apa yang harus Anda lakukan, Anda bisa coba menyimak cara bisnis baju distro kecil-kecilan ini. Cek juga cara buat desain toko distro, rincian modal usaha distro hingga cara membuat kaos distro.

Pengertian Distro

Pada dasarnya, distro adalah Distribution Store atau Distribution Outlet. Toko distro sendiri biasanya akan mendistribusikan produk-produk hasil produksinya sendiri maupun produksi dari produsen lain.

Namun, istilah yang lebih sering disebutkan orang-orang adalah kaos distro. Hal yang unik dari kaos distro adalah desainnya yang unik, bahannya yang berkualitas dan jumlah produksinya yang terbatas. Target utama dari penjualan kaos distro ini sendiri biasanya adalah anak muda.

Desain Toko Distro

Untuk desain toko distro sendiri, Anda bisa membuatnya sesuai dengan selera Anda. Namun karena target utamanya adalah anak muda, desain toko distro biasanya berfokus untuk memberikan kesan stylish dan cocok untuk dijadikan “tempat foto-foto”. Salah satunya adalah dengan memposisikan produk sedemikian rupa agar tidak terlalu padat dan menambahkan hiasan-hiasan kekinian untuk mempercantik toko.

Cek beberapa desain toko distro berikut ini.

distro adalah
Desain Toko Distro Keren
desain toko distro
Desain Toko Distro Minimalis Pastel
rincian modal usaha distro
Desain Toko Distro Kekinian

Rincian Modal Usaha Distro

Bagi Anda yang sedang mencari cara bisnis baju distro kecil-kecilan, pastinya Anda juga ingin mengetahui rincian modal usaha distro.

Untuk modal awal sendiri Anda mungkin harus menghabiskan biaya Rp 13 juta – Rp 20 juta, dengan rincian sebagai berikut.

  • Stok Produk Awal : Rp 8-10 juta.
  • Rak Susun : Rp 2,5 juta.
  • Hanger Baju : Rp 300.000
  • Meja dan Kursi : Rp 600.000
  • Hiasan : Rp 1.500.000

Sementara itu, untuk biaya operasional sendiri tidak terlalu mahal. Tergantung pada lokasi yang Anda pilih, biaya operasional per bulan mungkin berkisar antara Rp 4 juta – Rp 6 juta.

  • Sewa Tempat : Rp 1 juta – 3 juta
  • Gaji Pegawai (1 orang) : Rp 1 juta – 2 juta
  • Listrik, Telepon, Internet, dan biaya lainnya : Rp 300 ribu – 500 ribu.

Baca juga : Contoh Analisis SWOT Bisnis Pakaian Agar Bisnis Sukses

Cara Membuat Kaos Distro

Setelah Anda sudah menentukan lokasi toko dan memperkirakan modal awal bisnis, berikut bagaimana cara membuat kaos distro.

Pembuatan Desain

cara membuat brand clothing sendir

Desain toko distro tidaklah terlalu sulit dan jauh lebih sulit untuk membuat desain kaos distro. Bagaimanapun, desain produk Anda-lah yang bisa menentukan apakah produk Anda akan laku atau tidak.

Oleh karena itu sebelum mendesain kaos distro, pastikan dahulu Anda telah melakukan riset mengenai desain seperti apa yang laku dan diminati masyarakat, serta bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.

Untuk desain kaos distro sendiri, ada banyak aplikasi Android yang bisa Anda coba gunakan, mulai dari Pickles Fox, Fusion Developers hingga Snaptee.

Penentuan Bahan

Terdapat berbagai macam bahan yang cocok digunakan untuk produksi kaos distro. Beberapa diantaranya adalah Cotton Combed, Katun Carded, Cotton Slub, Cotton Spandex, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Kaos Distro : Tentukan Model Kaos

Untuk tahap berikutnya dari cara bisnis baju distro kecil-kecilan adalah menentukan model kaos distro yang ingin Anda jual.

Dilansir dari Spunky Apparel, berikut beberapa jenis kerah kaos distro.

cara membuat kaos distro

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya ketika mendesain kaos distro adalah jenis cutting yang digunakan. Beberapa jenis cutting yang bisa Anda pilih adalah :

  • Cutting Reguler : unisex, bisa digunakan pria dan wanita.
  • Cutting Slimfit : menggarisbawahi lekukan tubuh baik pria atau wanita.
  • Cutting Oversized : “baju kebesaran” dengan posisi jatuh bahu lebih kebawah.

Baca juga : 13 Jenis Bahan Pakaian Dan Contohnya, Lengkap

Sablon dan Menjahit

Tahap berikutnya dari cara membuat kaos distro adalah sablon yaitu penempelang motif gambar pada baju baik dengan metode plastisol hingga sparasi.

Sementara selanjutnya adalah proses menjahit dengan menggunakan beberapa rangkaian mesin penjahit seperti overdeck, pembuat bis, jahit obras, dan jahit rantai.

Cara Sukses Berdagang Pakaian Distro

Setelah Anda mengikuti cara bisnis baju distro kecil-kecilan diatas, selanjutnya Anda perlu melakukan promosi yang tepat untuk bisnis Anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, promosi dengan menggunakan digital marketing seperti Facebook Ads dan Instagram Ads adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Di AVANA sendiri, kami telah menyediakan sistem toko online khusus yang telah terhubung dengan berbagai tools digital marketing seperti Google Analytics, Facebook Pixel, SEO, dan masih banyak lagi.

Setelah mengikuti cara bisnis baju distro kecil-kecilan yang kami jelaskan diatas, Anda bisa membuka toko online Anda secara GRATIS melalui link berikut. Cukup 5 menit saja, lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Lanjut” atau “Create Shop”
  4. Unggah produk dan lengkapi informasi lainnya.
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *