Cara Atur Keuangan Bisnis Selama Pandemi

July 13, 2021 2:47 pm Published by Leave your thoughts

Anda seorang pemilik bisnis? Anda mungkin merasakan dampak dari diberlakukannya aturan PPKM Darurat guna menekan angka penularan COVID-19. Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu perlu memutar otak untuk tetap bertahan di tengah pembatasan aktivitas bisnis selama beberapa waktu kedepan ini. Salah satunya, Anda harus memikirkan cara untuk menjaga keuangan bisnis selama masa PPKM Darurat ini. Bagaimana ya caranya?

atur keuangan, cara atur keuangan, tips atur keuangan, keuangan bisnis

Simak tipsnya berikut ini yuk!

Baca: PPKM Darurat, Simak Strategi Bisnis Yang Wajib Dilakukan

Tinjau Kembali Cash flow Bisnismu

Jika Anda tidak aktif mengecek cash flow bulanan bisnis Anda, ini saat yang tepat untuk meninjau ulang. Lakukan analisa terhadap pos pengeluaran secara detail, dari mulai biaya operasional, peralatan, gaji karyawan, biaya produksi dan sebagai macamnya. Tinjau juga pemasukan bulanan bisnis Anda agar bisa menentukan langkah selanjutnya. 

Menekan Biaya Produksi/Operasional

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keuangan bisnis di tengah PPKM Darurat adalah dengan menekan biaya pengeluaran. Anda harus bisa memprioritaskan dan memilih pengeluaran apa saja yang perlu dikeluarkan. Misalnya, mengurangi produk ready stock dan membuat sistem PO sehingga modal untuk biaya produksi bisa ditekan terlebih dahulu dan menghindari dead stock/stok mati. 

Membuat Laporan Keuangan Secara Berkala

Anda wajib membuat laporan keuangan secara berkala. Dengan membuat laporan keuangan, Anda bisa memantau cash flow bisnis Anda dengan rapi dan detail. Anda juga bisa memaksimalkan rencana keuangan bisnis Anda jalankan dengan penuh kesiapan. 

Beralih ke Pemasaran Digital

Bisnis Anda masih menggunakan pemasaran offline seperti bagi-bagi brosur? Mulai sekarang, coba kurangi pengeluaran promo/pemasaran yang kurang menguntungkan. Jika selama ini biaya pemasaran Anda cukup tinggi, kamu bisa mulai memikirkan strategi pemasaran dengan biaya yang lebih rendah yaitu dengan memanfaatkan pemasaran digital seperti media sosial, iklan digital, website toko online agar keuangan lebih terjaga.

atur keuangan, cara atur keuangan, tips atur keuangan, keuangan bisnis

Pemasaran digital tentu dapat menekan biaya pemasaran jauh lebih rendah. 

Baca juga: Ini 5 Fungsi Website Untuk Bisnis Online Anda!

Buat Website Toko Online

Anda juga bisa mulai berjualan di website toko online yang terintegrasi langsung dengan media sosial tanpa modal alias GRATIS seperti AVANA. Dengan website toko online AVANA, selain bisa memperbaiki keuangan bisnis Anda, Anda juga bisa mendapatkan beragam keuntungan seperti: 

atur keuangan, cara atur keuangan, tips atur keuangan, keuangan bisnis
  • Bisnis yang lebih aman dan terpercaya
  • Terintegrasi langsung dengan berbagai platform media sosial
  • Memiliki audiens yang sangat luas dan tak terbatas
  • Dapat berfungsi sebagai katalog produk
  • Sebagai arana informasi yang lengkap bagi pelanggan
  • Tentunya, dapat meningkatkan omzet penjualan!

Ingin membuat website toko online gratis di AVANA? Klik link di bawah ini ya!

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *