Budget Terbatas? Ini Tips Promosi Bisnis yang Bisa Anda Lakukan

August 25, 2021 4:18 pm Published by Leave your thoughts

Pemasaran atau promosi dalam sebuah bisnis adalah hal yang sangat penting dan wajib dilakukan. Selain untuk memperluas pasar, Anda juga pasti ingin meningkatkan omzet kan? Nah, pada umumnya, bisnis yang baru saja dimulai mungkin tidak memiliki budget yang besar untuk dialokasikan pada pemasaran produk. Walaupun tidak besar, Anda harus memaksimalkan budget tersebut dengan strategi yang tepat agar hasilnya tidak sia-sia. 

Oleh karena itu, kali ini AVANA akan memberikan tips promosi bisnis yang bisa Anda lakukan dengan budget terbatas, atau tanpa budget sekalipun! Simak artikelnya sampai habis ya!

Baca juga: Begini Lho Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana

Memanfaatkan Media Sosial

Tips promosi bisnis budget terbatas pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial! Di zaman yang serba canggih ini, rasanya kurang maksimal ya jika memulai bisnis tanpa memanfaatkan media sosial. Karena media sosial itu gratis, Anda bisa membuat akun media sosial diberbagai platform untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Manfaatkan juga ya semua fitur-fitur yang ada pada tiap platform media sosial tersebut, misalnya Instagram: ada fitur Reels, Instagram Live, Instagram Story, IGTV dan lain sebagainya. 

Oh iya, jika ada budget lebih, Anda bisa ya menggunakan iklan atau jasa influencer untuk mempromosikan toko serta produk Anda untuk brand awareness. 

Maksimalkan Konten

Setelah membuat akun media sosial, sekarang fokuslah pada konten. Konten ini gak terbatas hanya di media sosial saja ya, jika Anda memiliki platform lain untuk berjualan seperti e-commerce atau social commerce, kontennya juga perlu dimaksimalkan. Mulai dari foto produk, video, caption, deskripsi produk dan lain-lain. Untuk menekan biaya, Anda bisa menggunakan website desain gratis seperti Canva untuk membuat konten. Foto produk pun bisa Anda lakukan sendiri terlebih dahulu sambil melihat tutorial-tutorial di Youtube. 

Berikan Diskon untuk Calon Pelanggan yang Bantu Promosikan Toko Anda

Ini merupakan salah satu win-win solution yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda bisa membuat promo seperti “DISC 10% JIKA ANDA PROMOSIKAN TOKO KAMI DI INSTAGRAM STORY ANDA”! Dengan cara itu, tentu calon pelanggan akan lebih tertarik membeli produk Anda karena mendapatkan diskon. Siapa sih yang nggak suka diskon? Di satu sisi, Anda juga mendapatkan keuntungan berupa promosi di media sosial mereka. 

Adakan Kompetisi/Giveaway

Selain diskon seperti poin sebelumnya, Anda juga bisa mengeluarkan budget sedikit untuk mengadakan kompetisi/giveaway di media sosial bisnis Anda. Tentunya, dengan syarat-syarat tertentu yang bisa menguntungkan Anda ya. Hadiahnya tentu berupa produk yang Anda jual agar mereka yang menang Giveaway juga bisa mencoba produk Anda. Contoh syarat giveaway yang menguntungkan:

-Minta peserta untuk follow akun media sosial bisnis Anda

-Minta peserta mempromosikan bisnis Anda di media sosial mereka

Baca juga: Tips Menentukan Harga Jual Produk Anda Agar Tidak Rugi!

Buat Website Toko Online!

Tips promosi bisnis dengan budget terbatas terakhir dari AVANA yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat sebuah website toko online. Selain beragam platform media sosial, website juga dianggap merupakan salah satu sarana media digital penting untuk mempromosikan sebuah brand. Dengan website toko online, bisnis Anda bisa jadi lebih dipercaya dan profesional, bisa jadi sarana informasi bagi pelanggan, serta tempat untuk membuat katalog produk yang tepat. Saat ini, mungkin masih banyak orang yang merasa kesulitan membuat website bisnis online karena terhalang biaya pembuatan yang cukup mahal, atau minimnya informasi tentang cara membuat website bisnis online. Disini, AVANA bisa membantu Anda membuat website bisnis online secara mudah dan pastinya gratis! Yuk, ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *