Bisnis Waralaba Trend Bisnis Merugikan! Benarkah?

January 27, 2020 4:07 pm Published by 1 Comment
Bagi Anda yang tertarik menjalin kerjasama kemitraan dengan perusahaan waralaba mungkin bertanya. Apa kelebihan dan kekurangan dari bisnis waralaba?

Hampir semua sektor usaha di waralabakan. Mulai dari bisnis ritel, makanan minuman, salon kecantikan, bengkel salon mobil, jasa tour travel, paket kiriman kilat sampai toko bang unan menawarkan sistem kemitraan. gerai indomaret dan alfamart adalah contoh bisnis waralaba yang laris manis dan sering kita jumpai di sepanjang jalan di tiap sudut kota sampai desa karena peluang usaha ini yang sangat menggiurkan.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjalin kerjasama kemitraan dengan perusahaan franchise atau waralaba, mungkin bertanya. Apa plus minus atau kelebihan dan kekurangan dari bisnis waralaba? Benarkah pasti untung dan tidak mengenal kata rugi? Pertimbangkan dulu sebelum memutuskan!

Apa Itu Waralaba?

Waralaba adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh perorangan tetapi dicap dan diawasi oleh perusahaan yang jauh lebih besar ​​biasanya  nasional atau multinasional (pemilik waralaba). Banyak toko dan restoran yang Anda lihat setiap hari adalah waralaba: Toko UPS, Ace Hardware, Pizza Hut, Hotel Hilton, Molly Maid, dan ribuan lainnya.

Ketika Anda membeli hak untuk membuka bisnis jenis ini, Anda membeli hak untuk menggunakan model dan sistem bisnis yang sama dengan harga  produk, dan teknik pemasaran yang  teruji. Anda juga membeli hak atas suatu merek: Anda mendapatkan akses penuh bahan-bahan perusahaan termasuk logo, slogan, dan papan nama apa pun yang berkaitan dengan merek tersebut .

Bagaimana Cara Berbisnis Waralaba?

Untuk menjadi menjalani bisnis warlaba, Anda perlu membayar biaya waralaba di muka. Membayar biaya di muka (dan menandatangani perjanjian waralaba) memberi Anda hak untuk menggunakan:

  • Nama bisnis atau brand
  • Sistem bisnis yang sama
  • Manual operasi
  • Materi pemasaran
  • Perangkat lunak
  • Semua materi eksklusif lainnya

Selain itu, Anda mungkin diberi wilayah geografis eksklusif untuk dicakup. Informasi tentang wilayah selalu dijabarkan dalam perjanjian waralaba Anda, seperti periode waktu Anda memiliki bisnis waralaba. Biasanya, kontrak semacam ini berlangsung antara 5 hingga 10 tahun dan Anda biasanya memiliki hak untuk memperpanjang.

Mengapa Beberapa Perusahaan Membuat Waralaba Bisnis Mereka?

Waralaba dapat menjadi cara yang bagus bagi perusahaan untuk meningkatkan distribusi mereka. Issac Singer menciptakan bentuk awal waralaba dengan cara dia menjual mesin jahit Singer-nya, dan Henry Ford melakukannya dengan mobil.

Meskipun demikian, kebanyakan waralaba bisnis menawarkan satu keuntungan besar bagi perusahaan: mereka tidak harus menggunakan semua uang mereka sendiri untuk mengembangkan bisnis mereka. Sebaliknya, mereka dapat menggunakan Uang Orang Lain (pemilik waralaba).

Menawarkan waralaba memungkinkan pendiri untuk mengurangi sebagian dari resiko keuangan mereka sendiri ketika mereka ingin memperluas bisnis ke beberapa lokasi baru. Pemilik waralaba masih harus menginvestasikan uangnya untuk membuat sistem waralaba mereka dan mengambil risiko yang cukup untuk menyatukan konsep bisnis mereka tetapi mereka tidak perlu menginvestasikan uang mereka sebanyak-banyaknya di setiap lokasi baru.

Waralaba adalah metode distribusi produk dan layanan yang hebat. Tapi, semua waralaba tidak diciptakan dengan sistem yang sama. Anda harus memilih peluang bisnis dengan bijak.

Sistem Keuangan Bisnis Waralaba

Ketika ditanya apa yang akan mereka lakukan dengan modal tambahan, keinginan terbesar pemilik waralaba adalah ekspansi. Setelah ekspansi, keinginan utama lainnya adalah pemasaran dan periklanan, staf, peralatan, dan pekerjaan administrasi.

Profitabilitas waralaba tumbuh sembilan persen dari tahun ke tahun. Mayoritas pewaralaba yang disurvei menguntungkan, sebesar 66%. Mungkin karena pertumbuhan profitabilitas ini, ada juga pertumbuhan 17% pada pemilik waralaba yang ingin membuka lokasi tambahan, yaitu 23%. Namun, 57% pemilik lebih fokus untuk mengembangkan lokasi mereka saat ini. Hanya delapan persen yang tertarik untuk menjual waralaba mereka saat ini.

Bentuk pembiayaan paling populer untuk waralaba adalah Rollovers for Business Start-up, sebuah metode pendanaan yang memungkinkan pemilik usaha kecil untuk menarik pembiayaan dari dana pensiun mereka tanpa penalti pajak. Karena sebagian besar subset pemilik waralaba yang disurvei saat ini adalah klien Keuangan Bimbingan, pada dasarnya mereka telah memilih ROBS.

Bentuk pembiayaan populer lainnya termasuk uang tunai, pinjaman Small Business Administration (SBA), jalur kredit, dan dukungan dari teman dan keluarga. Pinjaman SBA tumbuh secara signifikan dari tahun sebelumnya, dengan peningkatan penggunaan 26%, sementara uang tunai juga tumbuh sebagai bentuk pembiayaan yang populer, dengan kenaikan sembilan persen.

Keuntungan Memiliki Bisnis Waralaba

Memiliki waralaba memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Tingkat Kegagalan Bisnis Yang Rendah. 

Ketika Anda membeli waralaba, Anda membeli konsep mapan yang telah berhasil. Statistik menunjukkan bahwa waralaba memiliki peluang sukses yang jauh lebih baik daripada bisnis pemula yang independen.

  • Bantuan bisnis. 

Pemilik waralaba menerima bantuan berharga sepanjang masa bisnis mereka. Banyak waralaba, pada kenyataannya, operasi turnkey . Ketika Anda membeli waralaba, Anda menerima semua peralatan, persediaan, dan instruksi yang diperlukan untuk memulai bisnis Anda. Dalam banyak kasus, Anda menerima pelatihan berkelanjutan dan membantu manajemen dan pemasaran . Misalnya, waralaba Anda akan menuai manfaat dari kampanye pemasaran nasional perusahaan induk .

  • Harga Bahan Yang Murah.

 Waralaba Anda akan mendapat manfaat dari daya beli kolektif dari perusahaan induk, yang memberikan tabungan kepada pewaralaba. Dengan demikian, persediaan dan persediaan lebih murah untuk waralaba daripada untuk perusahaan independen.

  • Ada di Bawah Naungan Brand Terkenal.

Banyak waralaba terkenal memiliki pengakuan nama merek nasional. Memiliki waralaba sama dengan  membeli bisnis dengan pelanggan setia bawaan.

Keuntungan  Bisnis waralaba bisa sangat menguntungkan. Seperti yang diharapkan, waralaba populer yang paling terbukti, seperti McDonald’s dan Tim Horton, cenderung memiliki biaya waralaba yang jauh lebih tinggi tetapi lebih cenderung menghasilkan pengembalian investasi (ROI) yang tinggi.

Kerugian Memiliki Bisnis Waralaba

Kerugian memiliki waralaba juga harus dipertimbangkan dan mencakup:

  • Tingkat Kegagalan Bisnis Yang Rendah. 

Ketika Anda membeli waralaba, Anda membeli konsep mapan yang telah berhasil. Statistik menunjukkan bahwa waralaba memiliki peluang sukses yang jauh lebih baik daripada bisnis pemula yang independen.

  • Bantuan bisnis. 

Pemilik waralaba menerima bantuan berharga sepanjang masa bisnis mereka. Banyak waralaba, pada kenyataannya, operasi turnkey . Ketika Anda membeli waralaba, Anda menerima semua peralatan, persediaan, dan instruksi yang diperlukan untuk memulai bisnis Anda. Dalam banyak kasus, Anda menerima pelatihan berkelanjutan dan membantu manajemen dan pemasaran . Misalnya, waralaba Anda akan menuai manfaat dari kampanye pemasaran nasional perusahaan induk .

  • Harga Bahan Yang Murah.

 Waralaba Anda akan mendapat manfaat dari daya beli kolektif dari perusahaan induk, yang memberikan tabungan kepada pewaralaba. Dengan demikian, persediaan dan persediaan lebih murah untuk waralaba daripada untuk perusahaan independen.

  • Ada di Bawah Naungan Brand Terkenal.

Banyak waralaba terkenal memiliki pengakuan nama merek nasional. Memiliki waralaba sama dengan  membeli bisnis dengan pelanggan setia bawaan.

Keuntungan  Bisnis waralaba bisa sangat menguntungkan. Seperti yang diharapkan, waralaba populer yang paling terbukti, seperti McDonald’s dan Tim Horton, cenderung memiliki biaya waralaba yang jauh lebih tinggi tetapi lebih cenderung menghasilkan pengembalian investasi (ROI) yang tinggi.

Kerugian Memiliki Waralaba

Kerugian memiliki waralaba juga harus dipertimbangkan dan mencakup:

  • Aturan dan Pedoman

Kerugian utama dari membeli waralaba adalah Anda harus mematuhi aturan dan panduan pemilik waralaba. Beberapa pemilik waralaba memberikan tingkat kontrol yang Anda, sebagai pemilik bisnis yang anggap independen, dapat dianggap menyiksa.

  • Bergantung Pada Perjanjian Waralaba

Pemilik waralaba dapat menentukan syarat-syarat tertentu seperti lokasi bisnis; operasi berjam-jam; harga produk; signage, tata letak, dan furnitur; penggunaan produk yang disediakan oleh franchisor; dan kondisi penjualan kembali waralaba. Argumen untuk tingkat kontrol ini adalah untuk menjaga keseragaman produk sehingga setiap lokasi waralaba memiliki tampilan dan rasa yang sama bagi pelanggan.

  • Dukungan Biaya

Selain biaya waralaba asli, persentase royalti dari pendapatan bisnis waralaba Anda harus dibayarkan kepada pemilik waralaba setiap bulan. Franchisor juga dapat membebankan biaya tambahan untuk layanan yang disediakan, seperti biaya iklan .

  • Dukungan Tidak Penuh. 

Tidak semua pemilik waralaba menawarkan bantuan yang sama sepanjang hidup bisnis Anda. Beberapa hanya  operasi startup dan semuanya setelah awal terserah Anda. Yang lain menjanjikan pelatihan yang berkelanjutan dan dukungan yang tidak pernah terjadi.

  • Biaya 

Membeli ke waralaba terkenal mahal. Jika ini pilihan Anda, Anda harus menyediakan sejumlah besar uang di muka atau mengatur pembiayaan yang diperlukan. Untuk memberikan Anda  ide yang lebih baik, tabel berikut menyajikan biaya terkini dan persyaratan modal untuk beberapa waralaba makanan cepat saji utama

Jika Waralaba merugikan, sekarang bagaimana caranya untuk tetap berbisnis?

Jawabannya adalah merintis bisnis dengan social media marketing.

Kenapa Berjualan Online Sendiri Lebih Menguntungkan?Kenapa Berjualan Online Sendiri Lebih Menguntungkan?

Sekarang saatnya Anda bisa membentuk brand serta membangun usaha Anda dari 0 dengan merintis bisnis Anda dengan menggunakna social media commerce marketing. dengan begitu Anda tidak akan bergantung kepada siapapun dan membangun bisnis Anda dengan pondasi yang kuat.

Maka dari itu AVANA bergerak di bidang social media commerce yang akan membantu Anda dalam memasarkan produk bisnis dengan mudah. Kenapa AVANA?

Karena hanya dengan AVANA produk yang akan Anda jual dapat terintegrasi ke seluruh media sosial ternama, seperti facebook dan Instagram hanya dengan 1 dashboard, waw banget kan? Selain itu terdapat fitur comment auto buy di Instagram sehingga akan memudahkan Anda dalam mengatur toko onlinemu.

Dengan fitur auto reply Anda tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk membalas semua pesan audience karena semuanya telah di rancang oleh AVANA secara otomatis, tunggu apalagi, sesuksesan ada di depan mata dengan mengonlinekan bisnismu bersama AVANA sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.