Bisnis Online Tanpa Modal? Yuk Intip Rahasianya

July 6, 2020 8:03 pm Published by 1 Comment

Bisnis online adalah bisnis yang sedang berkembang di masyarakat Indonesia, terutama untuk kaum milenial atau anak muda. Ada banyak jenis usaha online yang diminati oleh mereka seperti usaha pakaian, make up, dan makanan.

Mereka menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan tapi ada juga yang menjadikannya sebagai bisnis utama. Beberapa orang yang sudah menjadi pengusaha, banyak yang berpindah juga menjadi pengusaha online.

Alasan utamanya adalah bisnis online tak perlu banyak modal atau bahkan bisa saja tanpa modal. Namun, benarkah bisnis online tidak membutuhkan modal?

Toko Online Perlu Budget

Pengusaha online berpikiran bahwa bisnis online lebih murah jika dibandingkan dengan bisnis biasa atau bisnis offline. Baik bisnis online maupun bisnis offline keduanya memiliki banyak plus dan minus. Media sosial dapat dijadikan wadah atau toko bagi mereka yang berjualan online.

Keunggulannya, mereka bisa membuat akses gratis dengan menggunakan akun pribadi atau akun bisnis. Hanya saja jika mereka ingin lebih menguatkan pemasarannya, mereka juga harus mengeluaran budget untuk iklan. Artinya, bisnis online juga memerlukan modal. Biaya promosi untuk di setiap media sosial juga berbeda.

Belum lagi jika mereka ingin serius menekuni bisnis online, merek harus memiliki website sendiri untuk berjualan.

Harga pembuatan sebuah website pun beragam tergantung fitur yang ada di dalam website tersebut.

Di AVANA, Anda bisa memperoleh website toko online gratis selamanya tanpa membayar sepeserpun.

Caranya pun mudah :

  1. Masuk ke link ini
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda.
  3. Lengkapi informasi yang dibutuhkan, klik Create Shop
  4. Setup keempat langkah yang diminta.
  5. Selamat, website toko online Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan, gratis selamanya!

Tidak beda jauh dengan bisnis online, bisnis offline juga memerlukan biaya iklan yang dapat dikelola melalui baligo, flyer, atau bisa juga promosi di media masa.

Hanya saja modal yang dikeluarkan untuk tempat usahanya memerlukan lebih banyak persyaratan seperti surat izin usaha dan bangunan. 

Sulit Gaji Pegawai

Siapa bilang toko online tidak memerlukan pegawai. Bayangkan jika usaha online yang dijalankan sudah besar dan mempunyai banyak pesanan.

Tentunya semua kegiatan mulai dari pengelolaan produk sampai pengiriman barang tidak dilakukan oleh seorang diri. Akan ada beberapa tim untuk pengelolaan pastinya.

Jadi, jiika berpikiran bahwa bisnis online itu tidak memerlukan modal, pikirkan kembali gaji pegawai yang direkrut untuk membantu menjalankan usaha tersebut

Besarnya Biaya Produksi

Ada beberapa jenis usaha online yang tidak memerlukan produksi barang seperti reseller dan dropshipper. Keduanya memang tidak berperan langsung sebagai pemilik barang, namun keduanya juga dapat bertindak sebagai penyuplai barang.

Menjadi seorang reseller dan dropshipper juga memerlukan modal yang cukup besar karena cara bermain untuk menjadi reseller dan dropshipper harus membayar dahulu barang yang akan dijual kembali.

Pada dasarnya berbisnis adalah usaha untuk mendapatkan uang. Uang tidak datang begitu saja namun harus dipancing juga dengan usaha dan uang lagi. Begitu pula bisnis online yang memerlukan modal untuk biaya toko online, upah bagi yang membantu, dan pendanaan barang awal. 

Rekomendasi artikel untuk Anda :

  1. Dijamin Cuan, 5 Ide Jualan Makanan Online Terlaris 2020
  2. Strategi Facebook Ads Untuk Tingkatkan Omzet Penjualan
  3. 5 Tips Jualan Online Untuk Dapatkan Omzet Puluhan Juta

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman-teman Anda yang membutuhkan. Berbagi kebaikan, menambah berkah.

Categorised in:

This post was written by AVANA Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *