Bioteknologi Bisnis: Potensi Besar Untuk Masa Depan

February 12, 2020 6:22 pm Published by 2 Comments
Tidak hanya melindungi ekosistem serta memajukan bioteknologi bisnis, sekarang di era bisnis 4.0 semua perusahaan menerapkan paham Go Green

Hello kolega AVANA, jika membicarakan bisnis tentu saja pasti tidak akan ada habisnya, apalagi di era bisnis 4.0 tentu saja bisnis di era 4.0 belakangan ini tentu saja jagat media sedang memperdebatkan kisruh mengenai Revolusi Industri 4.0, tentu saja istilah Revolusi Industri sudah tidak asing terdengar di terlinga kita bukan ? sedang hangat menjadi perbincangan para tokoh yang ada di indonesia, Influencer, Pedagang hingga Pelajar, tidak hanya di Indonesia namun hingga sampai ke kancah Internasional. Mengapa demikian ? Karena Revolusi Industri 4.0 membawa dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan Bioteknologi.

Bagaimana Era 4.0 Berdampak Pada Cara Kita Berbisnis?

Dalam skala, cakupan, dan kompleksitasnya, transformasi tidak akan terlalu berpengaruh banyak karena era 4.0 mengubah cara perusahaan akan beroperasi serta hubungan antara pemasok, pelanggan, dan pihak ketiga lainnya. Akan ada lebih banyak interaksi di antara semua pihak dan tentunya menghasilkan banyak data yang akan sangat berguna untuk bisnis Anda.

Apa Yang Perlu Dipertimbangkan Perusahaan Untuk Memastikan Pelanggan Mendapat Manfaat Dari Perubahan Ini?

Ekosistem terhubung yang sedang dibangun memiliki banyak manfaat dan mengambil keuntungan dari ini akan menghasilkan keunggulan kompetitif yang tidak dipertimbangkan banyak orang adalah bahwa inti dari Industry 4.0 adalah manusia, bukan teknologi. Sejak manusia gua pertama membentuk batu, umat manusia telah mendefinisikan dirinya dengan kemampuan untuk melengkapi dirinya dengan alat untuk mengelola lingkungannya. Era Industri 4.0 tidak akan berbeda dalam implementasinya.

Keterampilan Apa Yang Sangat Di Perlukan Untuk Membangun Bisnis Anda?

Tentu saja di era bisnis 4.0 bergerak ke era di mana pola pikir lebih penting daripada keterampilan. Ini bukan untuk mengatakan bahwa keterampilan tidak penting lagi. Tetapi pola pikir akan menjadi kemampuan kita untuk mengadopsi, berkolaborasi dan menjembatani kompetensi lintas di bidang khusus seperti ilmu kuantum, kecerdasan buatan dan bioteknologi.

Apa Yang Akan Menjadi Hadiah Terbesar Bagi Perusahaan Yang Berkecimpung di Era Bisnis 4.0?

Akan ada banyak, tetapi perusahaan-perusahaan yang mencapai diferensiasi kompetitif akan menjadi yang terdepan. Ini adalah disiplin yang jarang dan sulit untuk dikuasai. Butuh berbulan-bulan untuk mengembangkan dan hanya 5% dari perusahaan yang bisa bertahan. Tapi ini adalah area di mana pengadopsi awal akan menerapkan Industry 4.0 untuk mengembangkan pasar, layanan, produk atau model bisnis berikutnya seperti bioteknologi, nanoteknologi, atau teknologi kuantum.

Di era yang sangat canggih tentu saja perkembangan dan inovasi bisnis kian menarik perhatian, termasuk bisnis bioteknologi.

Produk umum seperti bir dan anggur, deterjen cucian, dan apa pun yang terbuat dari plastik adalah semua produk bioteknologi . Manusia telah menggunakan bioteknologi sejak zaman kuno untuk membiakkan hewan dan meningkatkan hasil panen mereka.

Namun, dalam dunia keuangan modern, perusahaan bioteknologi terdiri dari sektor industri yang secara kolektif dikenal sebagai biotek. Mereka meneliti, mengembangkan, dan memproduksi berbagai macam produk komersial, meskipun kebanyakan dari mereka fokus pada aplikasi medis atau pertanian.

Perusahaan bioteknologi menggunakan proses organisme hidup ketika mereka memproduksi produk atau memecahkan masalah. Identifikasi dan sumber DNA telah membantu industri membuat lompatan besar. Perusahaan di sektor ini telah mengembangkan tanaman tahan hama, membuat biofuel seperti etanol, dan mengembangkan kloning gen.

Ada juga pengenalan produk besar dalam obat biofarma . Beberapa produk medis bioteknologi yang paling sering digunakan baru-baru ini diperkenalkan meliputi:

  • Humira AbbVie digunakan untuk mengobati radang sendi, psoriasis, dan penyakit Crohn, di antara penyakit lainnya.
  • Roche’s Rituxan digunakan untuk memperlambat pertumbuhan tumor pada beberapa jenis kanker.
  • Amgen / Pfizer’s Enbrel digunakan untuk mengobati beberapa penyakit autoimun.

Perusahaan bioteknologi terkemuka yang berbasis di AS dalam hal kapitalisasi pasar pada akhir 2018 adalah Amgen Inc., Gilead Sciences, Celgene Corp, dan Biogen Inc.

Dalam beberapa tahun terakhir, startup bioteknologi telah tumbuh bersama perusahaan teknologi komputer di Silicon Valley. Tujuan sebagian besar adalah menggunakan proses bioteknologi untuk membuat obat terobosan. Bioteknologi medis saja telah menjadi bisnis $ 150 miliar per tahun. bioteknologi akan menjadi bisnis masa depan karena memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Bahkan di pasar dunia hasil bioteknologi diperkirakan mencapai US$ 604,40 miliar di tahun 2020.

Secara Umum, Teknologi Bioteknologi Mencakup Beberapa Model Teknologi Bisnis:

  • Teknologi Partnering:  melisensikan bisnis yang  Anda ciptakan dan memberikan layanan terkait bioteknologi ke biofarma yang pada gilirannya menggunakan bantuan Anda untuk membuat, mengembangkan dan mengkomersialkan produk farmasi client Anda.
  • Pengembangan & Komersialisasi Produk:  menciptakan aset farmasi Anda sendiri dan kemudian mengembangkan dan mengkomersialkannya.

Bioteknologi sangat berkembang pesat tentu saja menghasilkan bibit unggul, sehingga sangat menghasilkan. Saat ini tidak hanya pemanfaatan bioteknologi namun banyak perusahaan yang tidak bergerak di bidang bioteknologi juga sangat menerapkan prinsip go green.

“Go green” lebih dari sekadar tren bagi pemilik bisnis yang menginvestasikan sumber dayanya untuk menemukan cara paling efisien untuk menghijaukan perusahaan mereka. Banyak pebisnis mengakui banyak manfaat dari menganut paham  dan kebijakan yang ramah lingkungan. Mereka memperkuat upaya mereka dengan membentuk komite. Komite-komite ini terdiri dari karyawan yang fokus pada inisiatif dalam Gerakan go green seperti daur ulang, mengambil transportasi umum dan menghemat energi dengan mematikan peralatan dan lampu saat tidak digunakan.

Perusahaan mulai bertindak hijau untuk manfaat lingkungan dan finansial. Para pendukung praktik hijau memahami betapa pentingnya praktik hijau dalam mempertahankan bisnis mereka. Ketika mengadopsi praktik ramah lingkungan, itu berarti Anda membantu masyarakat untuk menyediakan lingkungan yang ramah lingkungan saat melakukan bisnis Anda. Jika Anda belum mengamati praktik ramah lingkungan, sekarang saatnya untuk mulai melakukannya sekarang. Going green adalah peluang untuk mempromosikan keberhasilan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mulai go green dan pengaruh yang akan terjadi pada bisnis Anda.

1. Keunggulan Kompetitif

Keuntungan menerapkan prinsip go green dapat langsung terasa karena jika Anda melihat bisnis Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan dari pada pesaing Anda dan tentu saja membuka peluang agar pelanggan dating. Go green memberi bisnis Anda perspektif berbeda yang berarti pelanggan, pemasok dll akan mulai tertarik pada konsep baru bisnis Anda. Pelanggan yang mendukung gerakan go green akan melindungi bisnis Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan serta menjamin kesetiaan mereka.

2. Pengurangan Biaya

Mengamati prinsip go green juga merupakan cara lain yang efektif untuk menghemat biaya di perusahaan. Jumlah energi yang digunakan perusahaan berkurang ketika mereka berubah yang berarti bahwa limbah berkurang dan perusahaan mendapatkan sistem manajemen yang lebih baik. Tentu memungkinkan bisnis untuk mengadopsi teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas.

3. Kesadaran Brand

Dunia prihatin tentang planet ini dan pelanggan berharap bahwa bisnis juga harus peduli untuk melestarikan lingkungan. Untuk menarik perhatian pelanggan, penting bahwa perusahaan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan mereka. Menambahkan kampanye go green tentu membantu membangun kesadaran Brand. Bisnis yang dikenal mendukung gerakan ramah lingkungan akan mendapat keuntungan dengan meningkatkan kesadaran dan reputasi brand mereka.

4. Peningkatan Produktivitas

Karyawan juga mendapat manfaat dari praktik go green dalam bisnis karena memberi mereka lingkungan yang aman dan sehat untuk bekerja. Ini juga merupakan cara untuk menciptakan kesadaran sehingga karyawan dapat menyadari betapa pentingnya go green adalah baik untuk lingkungan. sistem. Ini juga menarik orang untuk bergabung dengan perusahaan, terutama mereka yang memahami manfaat praktik ramah lingkungan. Ini juga menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan bisnis dengan perusahaan Anda.

5. Melindungi Eco-System

Bisnis yang menerapkan prinsip go green biasanya peduli dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan. Mereka tidak peduli untuk mendapat untung dengan merugikan lingkungan atau orang-orang di sekitar mereka. Bisnis-bisnis ini selalu mempertimbangkan cara-cara untuk mengurangi risiko merusak lingkungan dan bagaimana mereka dapat menyelamatkan planet ini dari pemanasan global serta bahaya bio lainnya.

Ada begitu banyak bisnis saat ini yang sudah mulai go green dan mereka terus menikmati manfaat dari langkah yang mereka tempuh. Lebih baik bagi bisnis untuk merangkul prinsip go green untuk membantu keberlanjutan bisnis mereka dan juga untuk melindungi lingkungan dalam jangka Panjang.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.