Bingung Bagaimana Caranya? Ini Langkah Awal Memulai Usaha!

January 8, 2021 2:55 pm Published by Leave your thoughts
langkah awal memulai usaha

Pandemi di awal tahun 2020 membuat segalanya tidak pasti, termasuk pekerjaan. Kemudian hal ini menyebabkan banyak orang mulai merintis usaha baru dan mencoba peruntungan di dunia bisnis. 
Jika di tahun 2021 ini, Anda berpikiran yang sama namun masih bingung apa yang harus Anda lakukan untuk bisa membangun bisnis yang sukses, simak langkah awal memulai usaha di bawah ini!

1. Lakukan Riset

tips memulai bisnis

Langkah memulai usaha yang paling awal yang Anda harus lakukan adalah ‘Riset’. Cari tahu jenis industri apa yang paling tepat untuk Anda yang dapat Anda jalankan, dan seberapa besar peluang bisnis yang telah Anda pilih akan berkembang di pasaran. 

Pada tahap ini, Anda juga harus bisa menemukan tujuan dari bisnis yang akan Anda jalani atau identifikasi jenis ‘masalah’ yang seperti apa yang ingin Anda hadirkan solusinya. Anda dapat melakukan beberapa survei seperti survei lokasi, konsumen, harga, dan lain-lain demi mendukung jalannya bisnis yang akan Anda mulai.

2. Buat Perencanaan Matang

cara membangun usaha

Cara membangun usaha yang kedua setelah melakukan riset adalah membuat perencanaan yang matang. Tentukan visi dan misi dari bisnis yang Anda inginkan agar Anda mempunyai tujuan yang jelas dalam menjalankan usaha. 
Selain visi dan misi, Anda juga dapat membuat perencanaan keuangan yang baik, berapa modal yang anda butuhkan, rencana pengeluaran dan lain-lain. Untuk cara lengkapnya bisa Anda baca di sini. Jangan lupa juga untuk menentukan struktur bisnis yang akan Anda mulai.

3. Bekali Diri

langkah memulai usaha

Langkah selanjutnya dalam cara memulai usaha baru bagi seorang wirausaha adalah membekali diri sebaik mungkin. Bekal tersebut dapat berupa edukasi diri tentang industri atau bisnis yang akan dijalani, belajar mengenai  proses administrasi yang harus dilakukan, ikut workshop atau training, dan lain-lain. Memiliki modal juga termasuk dalam salah satu bekal yang patut disiapkan dalam memulai bisnis.
Selain itu, Anda juga dapat membekali diri dengan meminta dukungan orang-orang terdekat, jangan terjun ke dalam dunia bisnis sendiri, karena dukungan moral juga merupakan hal yang penting dalam langkah-langkah memulai usaha.

4. Action!

Rencana yang baik adalah rencana yang direalisasikan, oleh karena itu setelah mengumpulkan bekal yang Anda rasa cukup, Anda dapat mulai menjalankan bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwa sebelum memulai, Anda harus memilih waktu yang tepat dalam ‘merilis’ bisnis Anda. 

Dalam tahap ini Anda juga harus selalu rajin dalam mendokumentasikan perkembangan bisnis Anda baik dalam hal keuangan maupun pertumbuhan secara keseluruhan.

5. Promosikan Bisnis

langkah langkah memulai usaha

Promosi merupakan hal yang tidak dapat Anda lewatkan dalam merintis bisnis. Promosi dilakukan untuk membuat pelanggan lebih familiar dengan bisnis Anda dan kemudian menggunakan atau membeli jasa atau produk yang Anda tawarkan. 
Promosi bisnis dapat dilakukan secara efektif jika Anda telah mengetahui target Anda, pesan yang ingin Anda sampaikan dan channel apa yang ingin Anda gunakan. Di era modern ini Anda memiliki banyak pilihan platform yang dapat Anda gunakan, sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Hadapi Rintangan

Dalam dunia bisnis, tentunya akan banyak sekali rintangan yang Anda temui seiring berjalannya waktu. Persaingan yang ketat tidak dapat dihindarkan, oleh karena itu Anda harus mempersiapkan diri Anda dan bisnis Anda sebaik mungkin. 
Adanya persaingan dalam bisnis dapat menjadi peluang Anda untuk belajar mengenai kekurangan bisnis Anda dan apa yang harus Anda tingkatkan, poin-poin apa yang dapat Anda tonjolkan, keunikan apa yang Anda tawarkan dibanding dengan yang lain. Salah satu platform populer yang dapat Anda gunakan adalah instagram, cari tahu caranya pada artikel ini.

7. Do Your Best!

Percaya kepada diri sendiri adalah aset yang penting dalam membangun sebuah bisnis. Selain itu Anda juga harus selalu berpikiran positif, segala hambatan, rintangan dan kegagalan yang Anda hadapi dapat Anda jadikan motivasi dan pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi, selain itu, hal tersebut juga dapat memperkuat mental pebisnis Anda. 

Tidak ada kesuksesan yang instan, oleh karena itu take your time dan selalu berikan yang terbaik untuk usaha Anda, karena kalau bukan Anda siapa lagi?

Itu dia tips memulai bisnis yang dapat anda ikuti. Setelah Anda mengikuti 7 langkah awal memulai usaha di atas, Anda juga bisa join AVANA untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Caranya ada di bawah ini:

  1. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  2. Klik “Create Shop”
  3. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  4. Upload Produk Pertama Anda.
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Selamat berusaha!

Categorised in:

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published.