Nggak Mahal, Ini Biaya Facebook Ads!

January 29, 2021 4:14 pm Published by Leave your thoughts
biaya facebook ads

Memasang iklan di Facebook berbeda dengan memasang iklan secara tradisional. Selain medianya yang berbeda tentunya biaya Facebook Ads juga berbeda dari biaya iklan tradisional. Biaya iklan di Facebook bisa dibilang jauh lebih murah dibanding iklan biasanya. Karena Anda dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki dengan tujuan iklan Facebook Anda.

Biaya Facebook Ads

biaya iklan di facebook

Biaya Facebook Ads adalah biaya yang akan Anda keluarkan ketika Anda mulai beriklan di Facebook, untuk objective yang Anda inginkan. Misalnya objective yang Anda inginkan berupa traffic maka jumlah klik adalah parameternya. Jumlah klik yang akan kita peroleh adalah jumlah dari biaya iklan di Facebook yang Anda keluarkan.

Bingung?

Jadi begini, banyak faktor yang mempengaruhi biaya menggunakan Facebook Ads, pada dasarnya tidak ditentukan berapa minimum biaya yang harus Anda keluarkan. Berapapun biaya iklan di Facebook yang Anda keluarkan nanti akan dioptimalkan penggunaannya oleh Facebook.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya iklan di Facebook (cost per click, cost per purchase, dan lain-lain). Salah satu faktornya adalah jumlah audiens yang ingin Anda targetkan. Semakin banyak atau semakin luas target audiens Anda maka biaya yang dikeluarkan semakin kecil, namun sebaliknya semakin kecil atau spesifik target audiens yang Anda inginkan untuk iklan Anda maka biaya Facebook Ads-nya akan lebih mahal.

Pada dasarnya ada dua cara untuk menentukan biaya: 

  • Jumlah keseluruhan yang dibelanjakan
  • Biaya per hasil yang didapatkan

Facebook Ads juga memberikan alternatif lain, yaitu:

  • Batas pengeluaran per kampanye, Anda menetapkan jumlah pengeluaran maksimum yang akan Anda belanjakan untuk kampanye iklan tertentu.
  • Batas pengeluaran akun, Anda menetapkan jumlah maksimum untuk akun bisnis Anda untuk semua kampanye yang dijalankan.

Budget Facebook Ads Kecil?

biaya facebook ads

Karena tempat beriklan terbatas dan  yang ingin beriklan di Facebook bukan hanya Anda saja maka Anda harus ‘bertarung’ dengan mereka yang beriklan dengan budget yang besar, Facebook kemudian menerapkan sistem lelang.

Budget lebih besar berarti peluang iklan tampil ke target audiens lebih besar juga. Namun bagi Anda yang memiliki biaya Facebook Ads yang kecil jangan khawatir, Anda bisa melakukan 2 hal ini agar iklan Anda tetap bisa dilihat oleh target audiens Anda:

  • Membuat iklan yang lebih menarik, Anda bisa menang dalam lelang ini jika gambar, video dan atau copywriting iklan Anda menarik. Karena yang lebih menarik akan lebih banyak mendatangkan traffic
  • Memiliki sales funnel yang tepat untuk retargeting.

Murah atau Mahal?

biaya iklan di facebook

Dalam beriklan di Facebook sebenarnya tidak ada kategori murah atau mahal, tingkat keberhasilan iklan tidak melulu ditentukan oleh seberapa besar budget yang Anda keluarkan. Sebaliknya, Anda harus lebih fokus terhadap objektif atau tujuan beriklan tercapai atau tidak.

Misalnya tujuan yang ingin dicapai adalah pembelian, maka Anda harus fokus pada cost per purchase, jika tujuan Anda adalah klik maka fokusnya jatuh pada cost per click, begitu juga pada tujuan lain. Facebook memiliki banyak metrik yang tidak semuanya harus Anda lihat.

Harga Beriklan Dengan Facebook Ads

Jika biaya adalah yang dibayarkan ketika iklan sudah berjalan, harga adalah nominal yang ditentukan oleh Facebook untuk bisa menjalankan iklan. Harganya bisa $50 untuk satu minggu atau $50000 untuk satu minggu, sehingga harga beriklan bisa sangat fleksibel. Berdasarkan pengalaman AVANA sih Anda bisa mulai dengan Rp. 30,000 per hari.

Sekian pembahasan mengenai biaya Facebook Ads kali ini. Apakah Anda belum mencoba beriklan di Facebook? Tunggu apa lagi? Ikuti langkah berikut ini untuk memulai! Setelah itu pelajari trik lookalike audience Facebook Ads di sini agar iklan lebih efektif.

Apakah Anda takut tidak punya waktu untuk membuat iklan di Facebook? Tenang, AVANA bisa bisa menjadi jasa pasang iklan Facebook untuk bisnis Anda!

Di AVANA, jualan jadi mudah dengan berbagai fitur yang tersedia, salah satunya melalui Facebook Ads loh! Belum join AVANA? Ikuti caranya di bawah ini:

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Biar lebih mudah dalam mengelola bisnis Anda, download aplikasi AVANA sekarang!

Download sekarang!

Categorised in:

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published.