Berikut 5 Jenis Promosi Online Favorit Calon Pembeli!

June 9, 2021 2:53 pm Published by Leave your thoughts

Saat berbelanja online, tentu ada satu hal yang selalu dinanti-nanti dan sangat disukai oleh calon pembeli. Apalagi kalau bukan promo toko online! Dengan memberikan beragam promo online untuk calon pembeli, Anda bisa meningkatkan omzet, mendapatkan pelanggan-pelanggan baru, meningkatkan branding, hingga menghabiskan stok lama yang tidak terjual. Penjual puas, pembeli pun senang!

promo, promo online, jenis promosi online, promo onilne shop

Namun, tidak semua penjual terpikir untuk menjalani promo toko online karena takut akan merasa rugi. Diperlukan strategi yang tepat agar promo tersebut bisa membawa hasil yang baik bagi pemilik toko online. Jadi, apa saja sih strategi jenis promosi yang efektif di pasaran untuk memikat calon pembeli? Yuk, simak bersama-sama!

Baca juga: Cara Promosi Baju Di Whatsapp? Simak Selengkapnya!

– Jenis Promo Online: Free ongkir

Tidak sedikit orang yang mengurungkan niat untuk membeli suatu produk jika ongkos kirim yang dibebankan ekspedisi terlalu mahal atau malah lebih mahal daripada produk yang akan ia beli. Terlebih lagi, jika kota atau pulaumu berjarak cukup jauh dari calon pembeli. Oleh karena itu, free ongkir merupakan jenis promosi penjualan online yang sangat diminati oleh calon pembeli. Agar tidak rugi, Anda bisa memaksimalkan nominal free ongkir tersebut atau menetapkan minimal pembelian. 

Contoh: 

  1. FREE ONGKIR!

*Maksimal ongkir yang ditanggung toko adalah Rp 10.000,-

  1. FREE ONGKIR

*Setiap pembelian min. Rp 250.000,-

promo, promo online, jenis promosi online, promo onilne shop

-Promo Toko Online: Bundling

Jenis promosi online lain yang bisa Anda coba juga adalah program Bundling/Gabungan. Disini, sebagai seller Anda bisa memilih produk manakah yang cocok untuk digabungkan dalam 1 paket dengan harga yang lebih terjangkau dan Anda tidak rugi. 

CONTOH:

-Harga 1 porsi dimsum mentai Rp 22.000

-Harga 1 teh botol Rp 5.000

Total Rp 27.000


Harga bundling: Rp 25.000 

Tentu calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli paket bundling karena lebih murah dan untung kan? 

-Voucher/Kode Promo

Selain dua promo di atas, Anda juga bisa lho memberikan voucher atau kode promo untuk calon pembeli toko online Anda. Hingga saat ini, jenis promo online berupa voucher atau kode promo masih banyak diminati calon pembeli, kok. Anda juga bisa bekerjasama dengan influencer yang sesuai dengan produk yang ANda jual, lalu membuatkan kode promo/voucher jika followers dari influencer tersebut membeli produkmu dengan kode promo/voucher mereka. 

Baca juga: Cara Promosi Baju Di IG Hingga Terjual Ribuan Produk

-Free Product

Macam promosi online lain yang bisa Anda coba adalah promo online FREE PRODUCT dari toko online Anda. Dengan promo online ini tentu pembeli akan semakin yakin dan puas ketika sudah membeli produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda berjualan hijab, Anda bisa memberikan jarum pentul gratis atau masker kain tiap pembelian minimal 2 hijab. 

– Diskon Spesial Media Sosial

Terakhir, untuk Anda yang ingin meningkatkan followers atau brand awareness di media sosial, Anda bisa banget nih menggunakan strategi diskon untuk media sosial. Umumnya, bentuk diskon media sosial ini mengharuskan calon pembeli untuk mengikuti aturan yang telah dibuat penjual. Contoh aturan yang dibuat penjual serta contoh diskonnya:

  • Disc 5% maks Rp 20.000 untuk Anda yang follow semua media sosial @hijab.nadira
  • Disc 10% maks Rp 50.000 untuk Anda yang follow, serta post produk @hijab.nadira di Instastory maupun Feeds Instagram kalian
promo, promo online, jenis promosi online, promo onilne shop
Beautiful smart Asian young entrepreneur business woman owner of SME online checking product on stock and save to computer working at home. Small business owner at home office concept.

Itu dia beberapa contoh jenis promosi onlnie yang disukai oleh calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan promo-promo tersebut untuk meningkatkan omzet penjualan toko online Anda!

Sebelum itu, pastikan juga ya bahwa Anda sudah membuat toko online profesional yang dapat digunakan pembeli untuk bertransaksi langsung dari website. AVANA bisa membantu Anda mewujudkan hal tersebut, lho. AVANA adalah social commerce platform yang menyediakan website toko online yang terhubung dengan Instagram, Facebook, dan Whatsapp.

Baca juga: Bikin Materi Promo Bagus? Ini Cara Menggunakan Aplikasi Canva!

Ingin membuat website untuk toko online Anda? Gunakan AVANA secara GRATIS dengan mengikuti tahap-tahap berikut.

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *