Begini lho Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana

August 24, 2021 4:44 pm Published by Leave your thoughts

Sedang menjalankan sebuah bisnis atau baru ingin memulai bisnis? Sebaiknya, Anda punya rencana bisnis yang matang dulu ya. Bisnis plan/business plan atau rencana bisnis dapat diartikan sebagai suatu rancangan bisnis tertulis yang akan Anda lakukan yang bertujuan untuk mencapai sebuah tujuan bisnis. 

bisnis plan, cara membuat bisnis plan, business plan, rencana bisnis, cara membuat rencana bisnis

Sebuah bisnis plan sangat penting lho untuk mendukung visi misi bisnismu. Tanpa bisnis plan yang matang, Anda mungkin akan kebingungan karena tidak tahu kemana arah bisnis Anda berjalan dan bagaimana gambaran bisnis Anda kedepannya. 

Keuntungan membuat bisnis plan:

– Memperjelas Fokus Bisnis

Membantu Membuat Keputusan

-Tujuan dan Prioritas Bisnis Lebih Jelas

Nah gimana? Mau buat bisnis plan sederhana untuk bisnis Anda? Apa saja ya yang perlu ada dalam bisnis plan sederhana? Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca juga: Tips Atur Keuangan Bisnis Secara Efektif

Bisnis Plan: Latar Belakang Bisnis Anda

Hal pertama yang bisa Anda masukkan ke dalam bisnis plan adalah latar belakang bisnis Anda. Dari mulai nama bisnis, bidang bisnis, produk apa yang Anda jual, logo apa yang akan digunakan, hingga visi dan misi bisnis Anda. Berikan juga gambaran singkat tentang bisnis Anda, seperti mengapa memilih memulai bisnis ini? Bagaimana peluang bisnis ini kedepannya

bisnis plan, cara membuat bisnis plan, business plan, rencana bisnis, cara membuat rencana bisnis

Bisnis Plan: Jelaskan Secara Rinci Seputar Produk Anda

Hal penting kedua yang perlu Anda masukkan ke dalam business plan adalah informasi tentang produk Anda secara detail. Sebagai contoh, Anda akan menjual roti. Berikut poin yang perlu Anda jabarkan:

-Keunikan roti Anda

-Pilihan rasa

-Jenis roti 

-Supplier bahan-bahan produksi

-Harga produk, 

Analisa Target Market/Pasar Bisnis Anda

Selanjutnya adalah analisa terkait target market atau pasar bisnis Anda. Target pasar yang jelas, akan mempermudahmu menentukan produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Anda perlu menjelaskan secara spesifik terkait pasar yang Anda tuju, dari mulai berapa umur target pasar Anda, berasal dari wilayah mana, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan pertanyaan yang biasa digunakan pada analisis SWOT, seperti: 

  1. Apa kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada bisnis Anda? 
  2. Siapa target pasar Anda secara demografis, sosial budaya, geografis? Misalnya; mau dijual di area mana saja, melalui saluran apa produk akan dijual, dan siapa yang cenderung akan menjadi pelanggan Anda?
bisnis plan, cara membuat bisnis plan, business plan, rencana bisnis, cara membuat rencana bisnis

Buat Analisa Kompetitor

Siapa saja kompetitor produk atau jasa Anda? Lakukan riset kompetitor sedetail mungkin. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan insight baru yang kiranya dapat berguna untuk kelangsungan bisnis Anda. 

Buat Rencana Keuangan

Membuat rencana keuangan dalam tahap awal sangat penting untuk menjalankan sebuah bisnis lho! Berikut beberapa poin yang perlu Anda masukkan dalam rencana keuangan bisnis Anda:

  • Nominal Modal Awal
  • Pengeluaran
  • Modal investasi (jika ada)
  • Modal kerja (biaya sehari-hari saat menjalankan bisnis)

Baca juga: Tips Menentukan Harga Jual Produk Anda Agar Tidak Rugi!

Nah itu dia beberapa hal serta contoh bisnis plan sederhana yang perlu Anda masukkan saat ingin membuat rencana bisnis sederhana. Setelah tahu bisnis plan yang akan Anda jalani, jangan lupa juga untuk mulai menjual produk Anda secara online ya! Terutama di masa pandemi ini, jualan secara online sangat memudahkan para pebisnis untuk meningkatkan omzet penjualan.

Anda bisa membuka website toko online Anda di AVANA. Anda bisa mempromosikan produk Anda secara mudah, efektif dan efisien, serta mengintegrasikan langsung media sosial bisnis Anda agar pelanggan bisa langsung belanja lewat media sosial. 

Kami memberikan Anda kesempatan untuk membuka website toko online SECARA GRATIS. Mau? Ikuti langkah berikut ini ya!

  • Klik tombol “Dapatkan Toko Online” di bawah ini
  • Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda
  • Klik “Create Shop’Lengkapi informasi dari empat bagian form
  • Upload produk Anda (WAJIB)
  • SELAMAT! TOKO ONLINE ANDA SUDAH BISA DIGUNAKAN!

Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *