Begini Langkah Bijak Tanggapi Komplain Pelanggan Bisnis Anda!

June 14, 2021 10:45 am Published by Leave your thoughts

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah komplain atau keluhan dari pelanggan. Dilansir dari web definisimenurutparaahli.com, komplain adalah tanggapan yang disebabkan oleh ketidakpuasan yang dirasakan seseorang ketika melakukan pembelian. (Burhanudin : 2006).

Anda pasti pernah mengalami masa dimana Anda menerima komplain pelanggan yang merasa tidak puas dengan produk maupun layanan bisnis Anda. Mengingat persaingan bisnis yang semakin kuat tiap waktunya, kepuasan pelanggan sangatlah penting untuk kita jaga agar pelanggan tetap setia. Jika komplain tidak ditanggapi dengan baik, reputasi bisnis di mata pelanggan tentu akan memburuk dan membuat pelanggan lari dari toko kita ke toko lainnya. 

KOMPLAIN PELANGGAN, CARA TANGGAPI KOMPLAIN, CARA HADAPI KOMPLAIN, CARA BIJAK TANGGAPI KOMPLAIN, KELUHAN PELANGGAN, RATING PELANGGAN

Satu bentuk kekecewaan dari pelanggan pun, bisa berefek besar lho ke toko kita. Misalnya, komplain pelanggan diterima di media sosial kita, yang mana dapat dibaca oleh seluruh pelanggan maupun calon pelanggan kita. Nggak mau kan, pelanggan dan calon pelanggan kita lari dari toko kita karena kita tidak dapat menanggapi komplain dengan baik dan benar?

Baca juga: Contoh Dan Cara Buat Kata-Kata Promo Ramadhan Yang Menjual

Yuk, kita sama-sama pelajari cara bijak tanggapi komplain pelanggan!

Komplain Pelanggan: Tetap tenang dan dengarkan keluh kesah pelanggan

Ketika menerima sebuah komplain pelanggan, pastikan untuk tetap tenang dan mendengarkan keluh kesah pelangganmu. Dengarkan dengan sepenuh hati, buatlah pelanggan merasa nyaman dan diperhatikan. Ingat, demi kelangsungan bisnis yang Anda miliki, komplain bisa dijadikan pelajaran dan masukan penting lho. Jadi, pastikan Anda mencatat dan mendengarkan dengan baik apa yang pelanggan sampaikan tentang bisnis Anda. 

KOMPLAIN PELANGGAN, CARA TANGGAPI KOMPLAIN, CARA HADAPI KOMPLAIN, CARA BIJAK TANGGAPI KOMPLAIN, KELUHAN PELANGGAN, RATING PELANGGAN

Hadapi Komplain Pelanggan: Sampaikan permintaan maaf & tunjukkan rasa empati

Cara tanggapi komplain pelanggan berikutnya adalah dengan menyampaikan permintaan maaf dengan sepenuh hati dan tunjukkanlah rasa empati. Di awal, Anda sudah mendengarkan keluh kesah pelanggan tanpa menghakimi, setelah itu, Anda bisa langsung menyampaikan permintaan maaf tentang ketidaknyamanan yang pelanggan rasakan sekali pun Anda merasa keluhan tersebut tidak masuk akal. Tetap profesional, jangan sampai terbawa emosi yang pada akhirnya hanya akan bedampak pada reputasi bisnis Anda ya. 

Baca juga: Aktifkan Sistem Pembayaran Non-Tunai, Buat Pelanggan Nyaman

Berikan layanan terbaik 

Setelah mendengarkan komplain pelanggan dan menyampaikan permintaan maaf, pastikan Anda memberikan layanan terbaik dan solusi sesegera mungkin. Misalnya, jika komplain pelanggan berupa produk yang tidak sesuai dengan apa yang mereka pesan, pastikan bisnis Anda dapat memberikan solusi berupa penukaran produk. Atau, jika produk sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan rusak, Anda bisa memberikan opsi untuk refund atau pun opsi untuk mengirimkan produk yang baru. Intinya, Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama agar pelanggan tidak merasa kebingungan dan merasa digantungkan.

Itu dia langkah bijak tanggapi komplain atau keluhan dari pelanggan. Tenang, keluhan pelanggan merupakan hal yang wajar, dan jangan sampai menanggapinya dengan panik, atau bahkan dihindari. Jadikanlah komplain pelanggan sebagai pelajaran dan masukan untuk kemajuan bisnismu kedepannya. Jika Anda dapat menanggapi komplain pelanggan dengan baik, pelanggan tentu akan merasa puas dan tidak merasa rugi telah membeli produkmu. Bahkan, pelanggan yang mungkin sebelumnya kecewa terhadap produk Anda bisa merekomendasikan toko Anda ke orang lain karena puas dengan pelayanan toko Anda lho. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan kualitas toko Anda untuk mengurangi adanya komplain pelanggan dikemudian hari. 

Baca juga: Jangan Mau Diduakan, 5 Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Tetap Setia

Agar toko online Anda dapat berjalan dan terus berkembang, pastikan juga Anda menggunakan sistem maupun fitur terbaik ya. Anda bisa lho membuat website toko online gratis dengan AVANA. AVANA menghadirkan fitur-fitur canggih dan menarik yang bisa Anda gunakan untuk toko online Anda. Yuk, klaim hadiah website toko online gratis dari AVANA!

KOMPLAIN PELANGGAN, CARA TANGGAPI KOMPLAIN, CARA HADAPI KOMPLAIN, CARA BIJAK TANGGAPI KOMPLAIN, KELUHAN PELANGGAN, RATING PELANGGAN
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published.