Begini Cara Memilih Influencer Tepat untuk Bisnis Anda

August 5, 2021 4:21 pm Published by Leave your thoughts

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah endorsement dan influencer. Di zaman yang serba canggih ini, promosi produk secara online dengan melibatkan influencer dalam bentuk kerja sama atau endorsement sangat lumrah dan banyak sekali dilakukan. 

Namun, agar hasilnya maksimal, Anda harus selektif dalam memilih influencer yang tepat untuk melakukan endorse produk. Sebelum masuk ke cara untuk memilih influencer yang tepat untuk bisnis, kita baca dulu yuk apa itu Endorsement dan Influencer agar lebih paham!

Apa Itu Endorse?

Endorse diambil dari kata endorsement yang artinya tindakan dukungan terhadap suatu produk atau brand. Endorse biasanya dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk tersebut serta sebagai media promosi untuk menarik calon konsumen. Nah, orang-orang yang dapat melakukan endorsement tersebut, biasa dikenal dengan Key Opinion Leader (KOL) atau influencer.

influencer, endorsement, cara pilih influencer, tips endorse, tips endorsement

Apa Itu Influencer?

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki banyak audiens di media sosial mereka. Biasanya nih, apa pun yang mereka sampaikan, mereka gunakan atau pakai, bahkan yang mereka lakukan, memberi pengaruh terhadap audiens dan membuat para pengikut mereka meniru atau mencoba produk yang digunakan sang influencer. 

Nah, simak yuk Cara Memilih Influencer Tepat untuk Bisnis!

Perhatikan Jumlah Followers

Hal penting pertama yang perlu dilihat adalah followers dari influencer potensial yang ingin diajak bekerja sama. Dengan melihat jumlah followers, pemasar dapat mengestimasi seberapa banyak sekiranya audiens yang akan melihat pesan tersebut. Namun, followers bukan tolak ukur hasil kerja sama Anda pasti berhasil ya. Jadi, Anda harus memikirkan aspek-aspek lainnya juga. 

Cek Engagement Akun Influencer

Nah, poin berikutnya yang Anda perlu perhatikan dalam menentukan influencer yang tepat adalah engagementnya. Nggak sedikit lho, influencer dengan jumlah followers besar namun menghasilkan engagement yang tidak terlalu bagus. Misal, seorang influencer memiliki 100 ribu followers, namun setiap ia memposting foto, likes fotonya hanya 50 dan tidak ada komentar dalam postingannya. 

Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan engagement akun influencer tersebut ya. Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs pengecek engagement akun media sosial.

influencer, endorsement, cara pilih influencer, tips endorse, tips endorsement

Relevansi Influencer dengan Target Pasar Brand

Followers dan engagement besar tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika Anda tidak memastikan relevansi influencer yang Anda pilih dengan target pasar brand Anda. Misalnya, Anda menjual kosmetik dan skincare, Anda harus memilih untuk mengendorse beauty vlogger, beauty blogger atau artis yang sering menggunakan makeup. Jangan sampai Anda asal memilih influencer, misalnya influencer yang Anda pilih adalah seorang olahragawati, atau seorang aktivis perempuan, tentu promosi Anda akan sia-sia karena tidak ada relevansi antara Influencer dengan target pasar brand. 

Baca juga: Ternyata Ini 4 Fitur Instagram Yang Bisa Dongkrak Bisnis Onlinemu

Cari Tahu Insight Influencer Tersebut

Agar lebih yakin dalam memilih influencer yang tepat, Anda perlu mencari tahu data engagement dan insight media sosial milik influencer. Influencer yang memiliki engagement bagus bisa terlihat dari jumlah like dan komentar yang proporsional dengan jumlah follower. Nah, untuk mengecek data tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk cek data engagement di situs-

Selain data engagement, Anda perlu mengetahui insight tiap influenceryang hendak Anda ajak kerja sama. Data insight bisa Anda tanyakan langsung dengan influencer, misalnya data seputar:

– Dari daerah mana saja rata-rata audiens influencer?

– Lebih banyak audiens perempuan atau laki-laki?

– Berapa rata-rata usia audiensnya?

influencer, endorsement, cara pilih influencer, tips endorse, tips endorsement

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa lakukan dalam memilih influencer yang tepat. Kesimpulannya, influencer merupakan salah satu cara untuk melakukan promosi yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis dari segi marketing.

Namun, tidak hanya masalah influencer saja ya yang perlu dan bisa Anda lakukan. Anda juga tetap harus melakukan strategi-strategi lain untuk meningkatkan omzet penjualan Anda. Salah satunya dengan membuat website toko online. Website juga dianggap merupakan salah satu sarana media digital penting untuk mempromosikan sebuah brand. Fungsi website sendiri adalah untuk mempromosikan produk bisnis online Anda, serta meningkatkan brand awareness bisnis online Anda. Fungsi website juga penting untuk keberlangsungan bisnis online Anda kedepannya

Baca juga: Ini 5 Fungsi Website Untuk Bisnis Online Anda!

Saat ini, mungkin masih banyak orang yang merasa kesulitan membuat website bisnis online karena terhalang biaya pembuatan yang cukup mahal, atau minimnya informasi tentang cara membuat website bisnis online. Disini, AVANA bisa membantu Anda membuat website bisnis online secara mudah dan pastinya gratis! Yuk, ikuti langkah berikut ini:

influencer, endorsement, cara pilih influencer, tips endorse, tips endorsement
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *