Apa Itu Paid Promote dan Seberapa Pentingkah Untuk Bisnis?

February 18, 2022 1:45 pm Published by Leave your thoughts

Hi Teman AVANA!

Jika Anda pengguna aktif media sosial, khususnya Instagram, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Paid Promote atau promosi berbayar. Tapi, sebetulnya apa sih Paid Promote itu? Gimana ya, cara kerjanya? Apakah efektif untuk sebuah bisnis? Kita simak sama-sama dalam artikel kali ini yuk!

Pengertian Paid Promote

Secara simple, paid promote atau promosi berbayar dapat didefinisikan sebagai sebuah aktivitas atau kegiatan untuk mempromosikan sebuah brand  secara online yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan dan membuat calon pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk/jasa dari sebuah brand.

Baca juga: Tren Influencer Marketing 2022 Yang Wajib Anda Tahu!

Perbedaan Endorsement dan Paid Promote

Paid promote, apakah berbeda dengan endorsement? Sebenarnya, keduanya sama-sama merupakan aktivitas mempromosikan sebuah brand melalui akun di media sosial. Akan tetapi, ada perbedaan yang perlu Anda perhatikan:

– Endorsement:

Biasanya, pihak brand akan memberikan produk maupun jasa kepada pemilik akun sebelum pemilik akun mereviewnya di media sosial miliknya. Jadi, ulasan di media sosial pemilik akun baru akan dilakukan setelah pemilik akun mencoba atau menggunakan produk maupun jasa dari brand tersebut dan kemudian akan diunggah di media sosial sesuai dengan kesepakatan yang ditentukan. 

Sedangkan pada paid promote, biasanya brand tidak wajib memberikan produk atau jasanya kepada pemilik akun. Namun, brand akan menyiapkan konten dan materi yang perlu diunggah oleh pemilik akun di media sosialnya. 

Dari sini, terlihat ya bedanya? 

Baca juga: Begini Cara Memilih Influencer Tepat Untuk Bisnis Anda

Cara Kerja Paid Promote

Bagaimana cara kerja sebuah paid promote? Biasanya, sebuah brand akan meminta sebuah akun yang memiliki jumlah followers dan engagement tertentu (sesuai keinginan brand) untuk melakukan promosi di media sosial. Promosi tersebut akan dibayar dengan tarif yang berbeda-beda tergantung brand dan akun yang mempromosikan brand tersebut. Akan tetapi, hasil dari paid promote tersebut tidak akan berpengaruh terhadap pembayaran ya. Jadi, brand harus tetap membayar tarif paid promote sesuai dengan kesepakatan, bagaimana pun hasil dari paid promote tersebut. 

Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya, simak dulu yuk Tingkatan Influencer berdasarkan Followersnya!

-Mega Influencer: > 1 Juta followers

-Macro Influencer: 100.000 – 1 juta followers

-Micro Influencer: 10.000 – 100.000 followers

-Nano Influencer: 1.000 – 10.000 followers

Biasanya, brand-brand yang sudah besar dan memiliki pasar yang luas akan menggunakan akun Influencer dengan jumlah followers yang tinggi seperti Mega dan Macro Influencer. Memang secara logika, semakin banyak followers sebuah akun, semakin besar juga peluang untuk meningkatkan traffic sebuah brand. 

Tapi, akun dengan followers yang tidak begitu besar atau dapat disebut juga micro atau nano influencer juga tetap bisa efektif menjalankan sebuah paid promote loh! Asalkan, Anda memilih micro atau nano influencer yang tepat dan sesuai dengan target pasar sebuah brand. 

Apa Saja Manfaat Paid Promote untuk Bisnis?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu keuntungan dan manfaat dari paid promote adalah untuk meningkatkan brand awareness sebuah brand. Semakin banyak dan efektif sebuah paid promote, kredibilitas brandmu juga bisa terus bertambah. Jangan lupa, pastikan konten yang Anda buat informatif, menarik dan berkesan untuk audiens.

2. Biaya yang Lebih Terjangkau

Dibandingkan jenis kerja sama dengan influencer lain, paid promote merupakan jasa promosi yang paling terjangkau. Dengan biaya yang murah, Anda tetap bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Terlebih lagi, jika target pasar Anda dengan akun tersebut sudah sesuai. Jadi, paid promote ini bisa jadi salah satu alternatif promosi online selain iklan media sosial!

3. Meningkatkan Engagement

Selain meningkatkan brand awareness, dengan paid promote Anda juga bisa meningkatkan engagement akun media sosial bisnis Anda loh. 

Paid promote yang efektif juga bisa berpeluang untuk menambah jumlah followers Anda.  Jumlah followers yang besar juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis karena audiens menilai bahwa brand Anda telah dipercaya oleh banyak orang.

Itu dia Teman AVANA, pengertian, cara kerja, hingga manfaat dari paid promote untuk sebuah bisnis. Sampai sini, Anda berminat nggak untuk melakukan paid promote untuk bisnis yang sedang Anda jalankan? 

Selain tips di atas, Anda juga dapat memaksimalkan penjualan di media sosial dengan AVANA lho. 

Anda bisa membuka website toko online Anda di AVANA. Anda bisa mempromosikan produk Anda secara mudah, efektif dan efisien, serta mengintegrasikan langsung media sosial bisnis Anda agar pelanggan bisa langsung belanja lewat media sosial.

Kami memberikan Anda kesempatan untuk membuka website toko online SECARA GRATIS. Mau? Ikuti langkah berikut ini ya!

contoh caption, caption promosi, tips buat caption, caption jualan, contoh caption online shop
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *