Apa itu Bisnis Thrifting? Simak Penjelasan dan Tips Memulainya!

November 4, 2021 4:00 am Published by Leave your thoughts

Pernah dengar istilah Thrift Shop/Thrifting nggak, teman AVANA? Bisnis Thrift Shop dapat diartikan sebagai toko atau usaha yang menjual barang-barang bekas yang masih kayak dari luar maupun dalam negeri. Saat ini, bisnis thrift shop ini sangat marak lho di Indonesia. 

Baca juga: Mulai Jualan Online? Ini Dia 4 Hal Yang Wajib Anda Perhatikan!

Bisnis thrifting ini dikenal sebagai bisnis yang tidak memerlukan modal terlalu besar di awal, namun jika ditekuni bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis thrifting nggak hanya dilakukan secara online, namun juga bisa ditemukan secara offline lho. 

Tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang bisnis thrifting?

Simak yuk, produk apa saja yang bisa dan umumnya dijual dalam bisnis Thrifting! 

Pakaian

Produk pertama yang sangat sering dijual dalam bisnis thrifting adalah pakaian. Anda dapat menjual beragam jenis pakaian dari mulai jaket, kaos, kemeja, celana, rok dan masih banyak lagi. Oh iya, jika Anda menjual pakaian branded dengan nilai jual yang cukup tinggi meskipun dalam kondisi bekas. Tapi, pastikan produk yang Anda jual masih sangat berkualitas dan layak digunakan ya! Semakin bagus kualitasnya, semakin tinggi juga harga jual dan keuntungan yang Anda dapatkan. 

Tas

Produk thrifting kedua adalah tas. Sama halnya seperti pakaian, semakin bagus brand dari tas yang ingin dijual, semakin tinggi harga jualnya. Anda bisa menjual berbagai macam tas koleksi Anda yang masih berkualitas. 

Baca juga: 5 Ide Konten Tiktok Untuk Promosi Bisnis Anda!

Sepatu

Banyak lho pengusaha thrift shop yang menjual sepatu bekas. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika Anda menjual sepatu sepatu unik dan limited edition. Saat ini, masih banyak banget kok orang yang belanja sepatu bekas berkualitas, terutama yang branded ya!

Selain dari 3 barang di atas, Anda juga bisa menjual barang-barang seperti jam tangan, perhiasan, atau aksesoris lainnya. 

Tips Memulai Bisnis Thrifting!

Tentukan Target Pasar!

Tips pertama yang paling penting untuk dilakukan dalam bisnis thrifting adalah menentukan target pasar. Anda perlu memahami seperti apa calon customer yang ingin Anda dapatkan. Saat ini, Thrift Shop ini umumnya digemari oleh para generasi milenial dan gen z lho! Kalau Anda ingin memulai bisnis thrifting, mungkin bisa dimulai dengan menargetkan milenial dan gen z. 

Cari Supplier yang Tepat

Walaupun produk yang dijual adalah produk bekas, Anda harus tetap mencari kualitas terbaik agar produk Anda bisa laku di pasaran. Anda bisa mencari supplier thrifting ini secara online, sudah banyak sekali penjual produk thrifting yang menjual produknya dalam bentuk paket bal, dimana Anda akan mendapatkan banyak produk random sekaligus dengan harga murah. Atau, Anda bisa langsung mencari produknya secara offline di toko-toko Thrift kota Anda, lalu menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. 

Jual Produk yang Sedang Tren/Banyak Diminati

Jangan asal pilih produk untuk dijual ya, Teman AVANA. Walaupun dijual dengan harga murah dan kualitasnya tergolong bagus, Anda juga harus memposisikan diri Anda sebagai customer. Apakah produk yang ingin Anda jual ini akan diminati banyak orang? Apakah orang akan tertarik saat melihat produk ini? Agar lebih mudah, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, mencari produk apa yang sedang tren dan banyak diminati di pasaran serta yang sesuai dengan target pasar Anda yaa. 

Ingin Dapat Untung Lebih Besar? Cari Produk Branded

Tips bisnis thrifting berikutnya adalah menjual produk yang bermerk/branded. Produk branded, terutama brand yang dikenal bagus, akan membuat produk Anda lebih mudah terjual dan juga memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan produk yang tidak bermerk lho. 

Baca juga: Laris Manis! Ini Tips Menulis Deskripsi Produk Yang Menarik & Menjual

Jalankan Strategi Marketing yang Tepat

Terakhir, ketika produk sudah siap untuk dijual, ini saatnya mulai mempromosikan produk Anda. Anda memerlukan strategi marketing yang tepat agar produk Anda bisa laku terjual ya, teman AVANA. Jika Anda ingin berjualan secara online, Anda bisa menjual produk Anda melalui media sosial atau platform lain seperti e-commerce dan social commerce. Jangan lupa, lakukan juga promosi digital marketing yang sedang tren, misalnya membuat konten di Tiktok, Reels Instagram, atau berkolaborasi dengan influencer dan menjalankan iklan berbayar.

Selain itu, Anda juga bisa lebih optimal dan maksimal dalam menjalankan bisnis thrifting Anda dengan menggunakan AVANA! AVANA merupakan platform Social Commerce yang dilengkapi puluhan fitur canggih yang siap membantu bisnis Anda jadi lebih berkembang. 

AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *