Catat! ​​Ini Alasan yang Bisa Membuat Pelanggan Tidak Membeli Produk Anda

October 5, 2021 10:27 am Published by Leave your thoughts

Hi teman AVANA! Anda sedang menjalankan sebuah bisnis online? Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang dapat sukses menjalankan sebuah bisnis online. Walaupun peluangnya besar dan cara berjualannya mudah, sebuah bisnis online juga bisa saja sepi pembeli. Padahal, Anda sebagai pemilik bisnis telah menghabiskan waktu, pikiran, tenaga dan juga biaya untuk melakukan promosi. Namun, hasilnya jumlah pembeli masih saja sedikit dan belum dapat memenuhi target yang diharapkan. 

Lantas, apa ya penyebab pelanggan tidak membeli produk Anda? Apa yang salah dan apa yang bisa diperbaiki? 

Baca juga: Bingung Jualan Apa? Ini Rekomendasi Bisnis Laku Setiap Hari

Simak yuk, beberapa alasan yang mungkin berpengaruh terhadap mengapa pelanggan tidak jadi membeli produk Anda! 

Tidak Mengenal Produk atau Brand Anda

Secara logika, mungkin nggak sih seseorang membeli produk yang ia tidak ketahui? Atau membeli produk secara asal dari brand yang ia tidak kenal? Nah, ternyata hal ini bisa jadi salah satu alasan mengapa pelanggan tidak membeli produk Anda. Yaitu, kurangnya “brand awareness”, dimana calon pelanggan tidak mengetahui brand dan produk apa yang Anda jual. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus bisa membuat strategi brand awareness yang tepat.

  • Sudahkah Anda membuat akun media sosial untuk bisnis Anda?
  • Bagaimana isi konten di media sosial bisnis Anda?
  • Apakah konten dan informasi yang Anda sampaikan sudah sesuai dengan target pasar Anda?
  • Apakah Anda sudah menggunakan platform yang tepat untuk memasarkan produk Anda?

Lakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang Anda lakukan. Mana yang dapat ditingkatkan lagi, mana yang berhasil dan mana yang tidak. Lakukan juga riset terhadap brand-brand kompetitor untuk menambah referensi Anda ya! 

Menemukan Produk dengan Harga Lebih Terjangkau

Harga memang merupakan salah satu pertimbangan utama saat seseorang ingin membeli sesuatu. Namun, jangan jadikan harga rendah patokan Anda menentukan harga jual. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum Anda menentukan harga jual sebuah produk. Jangan sampai Anda mengalami kerugian hanya karena ingin mematok harga murah untuk menarik banyak pelanggan. 

Dibandingkan mematok harga murah dan berakhir perang harga dengan toko online lain, Anda bisa menonjolkan keunggulan dan keunikan produk Anda dibandingkan dengan para kompetitor untuk meyakinkan calon pelanggan Anda. 

Pelanggan Tidak Memahami Manfaat Produk Anda 

Ketika ingin membeli sebuah produk, calon pelanggan tentu fokus untuk mendapatkan manfaat dari produk tersebut. Apakah produk tersebut benar-benar sesuai kebutuhan mereka? Apakah produk tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka? 

Sebagai contoh, Anda menjual skincare untuk wanita yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Nah, jika produk Anda masih sepi pembeli, coba lakukan evaluasi kembali. Apakah calon pelanggan sudah benar-benar tahu dan memahami manfaat produk yang Anda jual? Apakah selama ini Anda hanya fokus promosi produk dengan harga murah saja tanpa memberi tahu lebih detail tentang manfaat produk Anda? 

Coba lakukan juga evaluasi terhadap konten-konten yang Anda sampaikan. Dari mulai konten media sosial, deskripsi produk, dan pemasaran lainnya. Buatlah calon pelanggan lebih mengenal manfaat produk Anda agar mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda. 

Baca juga: Tips Menentukan Harga Jual Produk Anda Agar Tidak Rugi!

Reputasi Brand Kurang Meyakinkan

Masalah ini biasanya terjadi pada bisnis yang baru saja dirintis. Ketika ingin membeli suatu produk, kebanyakan orang pasti melihat reputasi brand terlebih dahulu. Jika calon pelanggan belum familiar dan belum kenal dengan brand Anda, calon pelanggan akan merasa ragu untuk membeli produk Anda. 

Nah, untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan meskipun bisnis Anda baru saja dirintis, Anda bisa minta bantuan orang terdekat dengan mengirimkan produk Anda, lalu meminta testimoni mereka yang nantinya bisa Anda jadikan konten testimonial di media sosial bisnis Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer media sosial untuk meningkatkan reputasi dan awareness brand Anda. 

Kesulitan Mengakses Produk

Poin terakhir yang merupakan alasan pelanggan tidak jadi membeli produk Anda adalah sulitnya mengakses produk Anda dan berakhir mencari produk dari toko lain. Saat ini, sudah ada banyak sekali platform yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan online. Oleh karena itu, pastikan toko Anda mudah diakses oleh calon pelanggan ya. 

Sebagai contoh, pelanggan bisa memesan produk Anda melalui media sosial Instagram, bisa juga melalui Facebook, WhatsApp dan e-commerce. Dengan banyaknya pilihan, calon pelanggan pun tidak akan merasa kesulitan untuk membeli produk Anda. Pastikan juga stok produk Anda selalu tersedia dan sediakan berbagai jasa pengiriman agar pelanggan dapat memilih sesuai dengan budget dan kebutuhannya. 

Itu dia beberapa alasan yang mungkin membuat pelanggan tidak jadi membeli produk di toko Anda! Nah, semoga tips dari AVANA bisa Anda implementasikan ya! Anda juga bisa menggunakan AVANA sebagai platform Social Commerce untuk mengoptimalkan bisnis Anda. AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! Dengan puluhan fitur canggih, Anda bisa berjualan langsung dari media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Mesengger, tanpa mengharuskan pelanggan Anda keluar dari aplikasi media sosial tersebut. Ingin mencoba? AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *