9 Jurus Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

April 16, 2021 11:37 am Published by Leave your thoughts
9 jurus meningkatkan penjualan di bulan ramadhan

Bulan Ramadhan memang jadi bulan yang penuh berkah, termasuk kepada para pebisnis online. Data bahkan menunjukan terjadi peningkatan transaksi online hingga 300% dibandingkan hari-hari biasanya. Tentunya jika Anda bisa menyusun strategi secara tepat, bisnis Anda juga pastinya bisa berkembang pesat di Bulan Ramadhan ini. Simak 9 jurus meningkatkan penjualan di Bulan Ramadhan ini! Ada tips marketing di bulan Ramadhan dan promosi di bulan Ramadhan juga, lho!

Merilis Produk Edisi Ramadhan

Salah satu tips meningkatkan penjualan produk di Bulan Ramadhan adalah dengan merilis produk edisi terbatas Ramadhan. Fungsinya adalah untuk memberikan kesan eksklusif dan “memaksa” konsumen untuk membeli produk tersebut. Prinsipnya sesuai dengan teknik psikologi FOMO yang mana merupakan bagian dari cara closing penjualan online yang paling ampuh.

Salah satu contohnya adalah Indomie edisi Ramadhan ini. Tidak ada yang berbeda dari isi maupun rasanya. Namun dengan bungkus mie tanpa mie yang spesial, brand ini sempat viral di berbagai media sosial dan membuat orang-orang berbondong-bondong membeli mie tersebut hanya karena rasa penasaran dan ingin mengikuti tren.

tips meningkatkan penjualan produk di bulan ramadhan

Bagikan Promo Ramadhan

marketing di bulan Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan ini, berbagai brand dan platform e-commerce saling bersaing memberikan diskon besar-besaran. Anda bisa memberikan berbagai variasi diskon mulai dari diskon gratis ongkir, diskon gratis produk hingga diskon persenan. Pastikan Anda memberikan rentang waktu berlakunya promo tersebut agar konsumen juga lebih bersemangat untuk membeli produk.

Baca juga : Contoh dan Cara Buat Kata-Kata Promo Ramadhan

Penyesuaian Jam Layanan

9 jurus meningkatkan penjualan di Bulan Ramadhan berikutnya adalah dengan menyesuaikan jam layanan toko Anda. Kalau biasanya Anda hanya membuka toko di jam 09.00 – 17.00, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk merespon pesanan pelanggan setelah jam sahur (03.00 WIB) atau setelah jam berbuka ifthar (18.00 WIB).

Penyesuaian Perilisan Konten

promosi di bulan Ramadhan

Selain jam layanan, waktu promosi di Bulan Ramadhan juga harus mengalami perubahan. Jika Anda biasanya memposting konten di siang hari dengan target karyawan yang sedang istirahat makan siang, Anda bisa mengubah waktu posting menjadi sore atau malam hari setelah jam berbuka.

Bahkan, data dari arabianbusiness menunjukan bahwa pengguna Facebook meningkat drastis hingga 57,6 juta jam ketika jam 03.00, sehingga Anda juga bisa bereksperimen untuk melakukan postingan konten di jam tersebut.

Promosikan Produk dan Brand Anda

Percuma Anda mengadakan promo besar-besaran ketika tidak dipromosikan melalui berbagai channel Anda. Baik itu melalui media tradisional seperti TV atau media online seperti media sosial dan iklan, pastikan Anda memanfaatkan momen Ramadhan untuk mempromosikan produk dan brand Anda agar bisa lebih dikenal masyarakat. Itulah salah satu teknik marketing di Bulan Ramadhan yang paling mudah dan sederhana.

Adakan Campaign Ramadhan

Marketing campaign adalah salah satu teknik marketing di Bulan Ramadhan yang bisa menjamin kesuksesan brand Anda. Sebelumnya, pastikan dulu tujuan atau objektif dari campaign Anda, apakah untuk membangun brand image, memperkenalkan produk baru, maupun meningkatkan penjualan produk.

Salah satu campaign Ramadhan yang paling unik dengan objektif yang jelas pula adalah Gojek dengan campaign eBadah. Pesan yang disampaikan adalah ibadah bisa dilakukan #dirumah aja meskipun dalam situasi pandemi.

usaha di bulan ramadhan

Disini, Gojek pun mempromosikan fitur-fiturnya yang dapat digunakan untuk memberik sedekah, parcel, buka bersama hingga berbagi rezeki.

  • eSedekah : Fitur GoGive dan GoMart
contoh kampanye ramadhan 2021
  • eParsel : Fitur Go-Send
marketing di bulan ramadhan 2021
  • eRezeki : Fitur Go-Pay
taktik campaign marketing dari gojek

Baca juga : Tips Jalankan Kampanye “Terapik” Di Ramadhan 2021

Optimasi SEMUA Channel Penjualan

Salah satu 9 jurus meningkatkan penjualan di Bulan Ramadhan yang paling penting namun banyak yang melupakan adalah menggunakan berbagai channel penjualan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan lagi. Jika sebelumnya Anda hanya berjualan menggunakan Instagram, coba juga media sosial Facebook dan Twitter. Selain itu, ada juga media penjualan website yang bisa membantu Anda untuk menjangkau miliaran pengguna internet.

Dengan menggunakan website toko online, bisnis Anda bisa terlihat lebih terpercaya dan menjangkau pengguna internet yang mencari informasi melalui Google.

Bekerjasama dengan Influencer

9 jurus meningkatkan penjualan di bulan ramadhan

Meskipun tidak langsung, salah satu tips meningkatkan penjualan produk di Bulan Ramadhan adalah dengan bekerjasama dengan influencer baik itu influencer Instagram, Twitter maupun Vlogger. Bentuk kerjasama ini pun bisa berbeda-beda tergantung pada tujuan Anda, mulai dari shoutout, giveaway, platform takeovers, affilaite marketing, sponsored content hingga brand ambassador.

Satu tips yang paling penting ketika memilih influencer untuk bekerjasama adalah pastikan bahwa target audiens dari influencer tersebut memang sama dengan target audiens Anda.

Hubungi Langsung Pelanggan Anda

tips meningkatkan penjualan produk di bulan ramadhan

Meskipun sedikit menghabiskan waktu dan tenaga, salah satu dari 9 jurus meningkatkan penjualan di Bulan Ramadhan yang juga bisa Anda coba adalah dengan menghubungi langsung pelanggan Anda, baik melalui media Email, Whatsapp, maupun menelepon mereka secara langsung.

Ketika menghubungi mereka, Anda bisa menawarkan diskon atau penawaran khusus di Bulan Ramadhan yang membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

Nah, itu dia 9 jurus meningkatkan penjualan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba terapkan. Melalui tips meningkatkan penjualan produk di Bulan Ramadhan ini, semoga bisnis Anda juga bisa lebih berkembang dan dikenal oleh lebih banyak orang lagi.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *