8 Tips Membuat Konten Iklan Menarik & Efektif!

October 19, 2021 4:42 pm Published by Leave your thoughts

Untuk mengembangkan bisnis, Anda harus membuat calon pelanggan “aware” dengan produk dan brand yang Anda miliki. Kecanggihan teknologi kini mempermudah pemilik bisnis untuk menjalankan strategi pemasaran secara digital. Sehingga, pemasaran digital dapat dikatakan sebagai hal yang wajib dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah dengan menjalankan iklan. Tentunya dengan konten iklan yang menarik dan efektif ya!

Teman AVANA pasti pernah dong, menemukan konten iklan saat sedang membuka media sosial di gadget Anda? Nah, iklan tersebutlah yang AVANA maksud. Saat ini, internet tidak lagi hanya menjadi sarana untuk berbagi informasi saja, namun banyak sekali orang yang sudah menjalankan pemasaran bisnis dan aktivitas jual beli melalui internet. Semuanya serba digital! Jadi, iklan penting sekali dijalankan oleh para pemilik bisnis. 

Nah, Anda ingin menjalankan iklan digital? Tapi bingung, iklan seperti apa yang menarik dan efektif? Simak bersama-sama yuk tips membuat konten iklan digital menarik berikut ini! 

Konten Iklan: Pahami Siapa Target Audiens Bisnis Anda

Tips pertama dalam membuat konten iklan yang efektif dan menarik adalah dengan cara memahami siapa target audiens Anda. Tanpa mengetahui target audiens, Anda akan kesulitan membuat konten yang benar-benar efektif dan menarik. Anda harus tau target audiens Anda ada dirange umur berapa, apa yang mereka sukai, darimana mereka berasal, dan sebagainya. 

tips buat iklan, tips membuat iklan efektif, iklan menarik, cara bikin konten iklan

Posisikan diri Anda sebagai audiens Anda.

Tetapkan Tujuan Beriklan

Berikutnya adalah menetapkan tujuan Anda beriklan. Semua pebisnis mungkin akan menjawab hal serupa ketika ditanya apa tujuan mereka beriklan, yaitu “meningkatkan penjualan”. Namun sebenarnya, Anda bisa menjalankan iklan di awal untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pasar. Disini, Anda bisa membuat konten yang memperkenalkan bisnis Anda secara keseluruhan terlebih dahulu agar lebih banyak orang yang tahu. 

Setelah beberapa waktu, baru Anda bisa mulai merubah tujuan beriklan menjadi meningkatkan omzet penjualan. 

Tentukan Platform Beriklan yang Pas

Dengan mengetahui siapa target audiens Anda, Anda akan lebih mudah menentukan platform beriklan mana yang paling pas dan tepat. Anda perlu paham juga bahwa karakter pengguna tiap media sosial pasti berbeda-beda. Jadi, jangan sampai asal pilih ya!

tips buat iklan, tips membuat iklan efektif, iklan menarik, cara bikin konten iklan

Follow The Trend!

Untuk membuat konten yang menarik dan efektif, Anda bisa mulai dengan membuat konten yang sedang tren. Bagaimana cara mengetahui konten apa yang sedang tren? Itu tergantung platform apa yang nantinya Anda gunakan untuk beriklan!

Misalnya Tiktok. Anda bisa membuka halaman For You Page atau membuka bagian Discover untuk melihat apa yang sedang tren. Di Instagram, Anda bisa buka bagian explore atau reels. Atau untuk di Twitter, Anda bisa melihat list trending topics yang sedang hangat. Lalu, Anda bisa menentukan konten menarik apa yang bisa Anda buat.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apa yang sedang tren melalui Google Trends. Anda bisa melihat topik-topik apa yang sedang hangat dan banyak diperbincangkan, lalu Anda bisa mendapatkan inspirasi dan referensi membuat konten dari sana. Semangat!

Buat Berbagai Jenis Konten

Untuk membuat iklan yang menarik dan efektif, Anda bisa membuat berbagai jenis konten iklan. Misalnya, ada konten iklan edukasi yang memberikan tips & trick dan tutorial, lalu konten informatif seperti menjelaskan tentang fungsi, kelebihan dan manfaat produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten iklan yang menghibur, seperti meme atau story telling yang berujung soft sell ke produk Anda.

Gunakan Prinsip AIDA

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan prinsip AIDA untuk membuat sebuah konten iklan. 

A untuk Attraction, dimana Anda perlu menarik perhatian audiens dari konten visual iklan yang Anda jalankan. Gunakan warna yang eye catching, gambar atau video yang menarik, dan tipografi/font yang juga dapat memikat perhatian audiens. 

I untuk Interest, harus ada unsur menarik selain dari visual iklannya, seperti slogan atau tagar yang unik. Contoh: McDonalds Im Lovin’ it, Tokopedia Mulai Aja Dulu, Yamaha Selalu di Depan, atau tagar seperti #DiRumahAja, #JualanJadiMudah. 

D untuk desire, ini adalah unsur yang membuat audiens dari tertarik menjadi ingin. Misalnya copywriting yang berbentuk ajakan, atau narasi berbentuk bujukan dalam konten iklan video. 

A untuk Action, disini diharapkan audiens akan memutuskan untuk melakukan tindakan setelah melihat iklan Anda!

Pastikan, konten visual iklan Anda yang menarik didukung juga dengan copywriting atau slogan yang mudah diingat ya. 

tips buat iklan, tips membuat iklan efektif, iklan menarik, cara bikin konten iklan

Promo Promo Promo

Nah, siapa sih yang gak suka promo? Untuk membuat konten iklan menarik, Anda bisa banget nih membuat promo yang nantinya dicantumkan dalam iklan Anda. Misalnya, promo gratis ongkir, promo potongan harga atau promo buy 1 get 1. Pastikan, promo ini mudah terlihat dan ter highlight dalam konten iklan Anda!

Bekerja Sama dengan Influencer

Saat ini, banyak sekali cara untuk membuat brand Anda jadi lebih dikenal banyak orang. Salah satunya denga manggaet Influencer. Karena kita akan beriklan secara digital dan kebanyakan iklan akan disebar melalui platform media sosial dan mesin pencarian, alangkah baiknya jika Anda menggaet influencer media sosial. Namun, Anda tidak bisa  asal memilih influencer untuk bekerja sama dengan brand Anda. 

tips buat iklan, tips membuat iklan efektif, iklan menarik, cara bikin konten iklan

Tidak hanya dilihat dari jumlah followers saja, Anda juga harus memastikan bahwa influencer tersebut benar-benar cocok untuk merepresentasikan brand Anda sehingga hasilnya pun bisa maksimal. Jadi pastikan Influencer yang bekerja sama dengan Anda ada di dalam konten iklan bisnis Anda ya. 

Baca juga: Begini Cara Memilih Influencer Tepat Untuk Bisnis Anda

Itu dia 8 tips membuat konten iklan menarik dan efektif! Anda juga bisa menggunakan AVANA sebagai platform Social Commerce untuk mempromosikan bisnis Anda. AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *