7 Tips Bisnis Online Cuan Selangit

February 5, 2021 7:21 pm Published by Leave your thoughts
7 tips bisnis online cuan selangit

Apakah Anda satu di antara calon orang sukses yang ingin memulai bisnis sendiri? Tenang, AVANA punya 7 tips bisnis online cuan selangit yang pastinya akan membantu Anda dalam membangun bisnis Anda.

Penasaran?

Yuk simak 7 tips bisnis online di bawah ini!

Tips Bisnis Online #1 Melakukan Riset

Tips pertama dari 7 tips bisnis online cuan selangit adalah “Riset”. Sebelum Anda memulai bisnis, Anda terlebih dahulu harus melakukan riset pasar, produk atau jasa yang seperti apa yang akan Anda tawarkan, apa yang menjadi tujuan Anda membangun bisnis tersebut juga harus jelas.

Riset yang dapat Anda lakukan banyak sekali jenisnya, ada riset keyword di mesin pencari apa yang paling populer atau yang sedang hangat dibicarakan. Lalu Anda juga bisa memperhatikan tren di media sosial. Anda juga dapat melakukan riset dengan membuat survei.

#2 Menentukan Target Audiens/Konsumen

Setelah Anda mempunyai informasi yang cukup mengenai bisnis apa yang akan Anda jalankan, Anda lalu bisa menentukan kepada siapa produk atau jasa itu akan Anda tawarkan. Pastikan keduanya saling berkaitan, jika target produk atau bisnis Anda tepat sasaran maka peluang bisnis online Anda berkembang akan semakin besar.

#3 Pilih Channel Promosi yang Tepat

Setelah anda mengikuti tips ke 2 dari 7 tips bisnis online cuan selangit, Anda juga harus memilih channel promosi yang tepat dan sesuai dengan target bisnis Anda. Ada banyak sekali channel promosi yang dapat Anda pilih, mulai dari media online dan media sosial hingga media offline. Namun karena bisnis yang dibangun adalah online maka penggunaan media sosial adalah yang paling tepat dari segi jangkauan dan harga.

Anda dapat menggunakan berbagai macam media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram maupun Whatsapp sebagai salah satu channel untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Whatsapp Business.

Tips Bisnis Online #4 Buat Materi Promosi yang Menarik

Setelah menentukan channel yang tepat, kini saatnya Anda membuat materi promosi yang menarik untuk dibagikan di channel tersebut. Materi promosi dapat berupa foto atau video yang dilengkapi dengan caption yang menarik dan informatif. Persiapkan materi promosi dengan baik ya! Karena pelanggan pasti akan memberikan nilai plus pada foto atau video yang diambil dengan baik.

Karena bisnis Anda dijalankan secara online, maka pelanggan tidak dapat melihat langsung produk yang Anda jual, oleh karena itu dengan foto, video dan caption yang menarik, mereka dapat mengetahui bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang memiliki kualitas yang baik.

Anda juga bisa membuat campaign-campaign yang dapat membantu promosi bisnis Anda, campaign tersebut kemudian dapat disertai dengan promo-promo yang dapat memperkuat keinginan pelanggan untuk berbelanja.

#5 Berikan Pelayanan yang Berkualitas

Salah satu tips bisnis online sukses adalah pelayanan yang berkualitas, mulai dari pelayanan sebelum pembelian, saat pembelian dan sesudah pembelian. Respon yang cepat dan ramah juga informatif terhadap segala pertanyaan pelanggan dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli. Saat pembelian apakah Anda menawarkan kemudahan dalam prosesnya? Itu juga merupakan pemberian pelayanan yang berkualitas.

Ketika transaksi selesai dan produk telah sampai kepada pelanggan, jangan lupa untuk meminta testimonial, jika feedback yang diberikan kurang baik, tetaplah merespon dengan baik dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk memperbaiki kekurangan dan menjadi lebih baik. Jika pelanggan memberi feedback yang baik, Anda dapat membagikan testi tersebut sebagai salah satu cara mempromosikan bisnis Anda.

Ada dua cara mengembangkan bisnis online yang tidak kalah penting dari 5 cara di atas, simak sampai akhir ya!

Tips Bisnis Online #6 Buat Website Toko Online Sendiri

Salah satu cara mengembangkan bisnis online yang dapat Anda lakukan adalah membuat website toko online sendiri.

Kenapa sih kok buat website toko online sendiri?

Dalam kondisi tertentu, memiliki website toko online sendiri itu bisa membangun kredibilitas dan citra profesional dari bisnis Anda lho! Selain itu dengan memiliki website pelanggan akan lebih mudah untuk memperoleh informasi mengenai bisnis Anda. 

Oleh karena itu sangat disarankan untuk punya website toko online sendiri.

Jangan khawatir, jangan bingung. AVANA bisa menyediakan website toko online gratis yang profesional untuk Anda. Fitur-fitur yang ditawarkan juga banyak, contohnya:

  • Sistem manajemen produk dan order yang teratur, gak perlu pusing mikirin harus mencatat secara manual karena semua sudah memiliki sistem yang baik di AVANA.
  • Integrasi media sosial, pada tips nomor 3, jika Anda menggunakan lebih dari 1 media sosial dan Anda merasa kewalahan untuk mengelolanya, pakai AVANA untuk sistem integrasi media sosial. Cukup atur dari satu dashboard saja! Super efisien!
  • Auto reply, ini masuk ke pemberian pelayanan berkualitas. Dengan AVA Chat Anda bisa membalas pertanyaan pelanggan dari satu dashboard juga! Terus sekarang juga ada fitur whatsapp rotator yang sudah bisa dikelola melalui dashboard AVANA Anda, jadi tidak perlu khawatir pertanyaan pelanggan ada yang terlewat! 
  • Manajemen reseller, masih membuka pendaftaran reseller secara manual? Ribet! Di AVANA Anda bisa memanfaatkan fitur manajemen reseller agar semua tercatat secara rapi dan otomatis! Fitur ini akan memudahkan Anda sebagai tangan pertama dan juga akan memudahkan para reseller yang bergabung dengan bisnis Anda.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi?

Ingin Punya Toko Online Sendiri?

#7 Manfaatkan Diskon dan Voucher

Agar pelanggan semakin tertarik untuk belanja di toko online Anda, buat program diskon pada hari-hari tertentu, misalnya pada saat valentine yang sebentar lagi ini.

Anda juga dapat memberikan program voucher kepada pelanggan yang telah berbelanja di toko online Anda, misal untuk transaksi pertama kali atau dengan nilai pembelian yang melebihi nominal tertentu.

Diskon dan voucher menjadi salah satu bagian penting dari tips bisnis online yang bisa Anda ikuti agar bisnis anda terus berkembang.

AVANA juga sedang ada promo besar-besaran loh! Mau tau apa aja promonya? Cek gambar di bawah ini!

Tertarik? Ingin klaim voucher-voucher tersebut? Hubungi CS kami! Waktu promo terbatas untuk bulan ini saja, lho!

Categorised in: ,

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *