7 Kelebihan dan Kekurangan Reseller

March 18, 2021 4:35 pm Published by Leave your thoughts
kelebihan dan kekurangan reseller

Reseller adalah salah satu jenis bisnis yang belakangan ini sering terdengar. Sistemnya yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja menjadi salah satu daya tarik bisnis ini. Simak 7 kelebihan dan kekurangan reseller ini sebelum Anda memutuskan untuk menjadi reseller

Kelebihan dan Kekurangan Reseller

Kelebihan Reseller

Beberapa keuntungan jadi reseller adalah karena caranya yang mudah dan modalnya yang relatif kecil. Namun bukan hanya itu saja, simak kelebihan reseller lainnya di bawah ini.

Tidak Butuh Inventoris

kelebihan dan kekurangan reseller

Menjadi reseller, ANda tidak perlu menyewa tempat khusus untuk inventaris. Jika ada orang yang tertarik untuk membeli produk, barulah Anda membeli stok produk dari supplier sesuai dengan jumlah pesanan pelanggan.

Hemat Modal dan Uang

Dengan tidak adanya inventoris, otomatis Anda tidak perlu membayar sewa gedung, perawatan, operasional dan biaya-biaya lainnya. Selain itu, Anda sebagai reseller juga menjual produk milik orang lain sehingga tidak perlu menyiapkan modal untuk biaya riset dan produksi.

Hemat Waktu

keuntungan menjadi reseller

Keuntungan menjadi reseller lainnya adalah karena Anda bisa menghemat waktu kerja. Bayangkan saja ketika membuat bisnis Anda sendiri dari nol, Anda harus sibuk melakukan riset, mencari supplier bahan, mencari investor, menjalin koneksi hingga mempromosikan produk.

Salah satu keuntungan jadi reseller yang utama adalah Anda hanya perlu mencari supplier dan mempromosikan produk, tidak perlu mengurus hal-hal rumit dan memakan waktu seperti operasional maupun tenaga kerja.

Resiko Kecil

Memang terdapat kelebihan dan kekurang reseller, namun hal yang sama juga terjadi pada setiap bisnis. Dengan kelebihan reseller seperti resiko gagal yang relatif kecil, tentunya bisnis ini bisa menjadi pilihan yang menggiurkan.

Beberapa supplier bahkan memiliki kebijakan pengembalian barang apabila tidak laku sehingga resiko mengalami kerugian menjadi reseller nyaris tidak ada sama sekali.

Cocok untuk Trial dan Error

Keuntungan menjadi reseller berikutnya adalah bisnis ini bisa Anda jadikan sebagai trial dan error. Misalnya Anda menyasar pasar anak muda dan berniat menjual kaos distro, lalu Anda bisa menyetok dulu kaos sebanyak 50 buah. Jika ternyata tidak laku, Anda bisa mengembalikan kaos tersebut dan mencoba produk lain yang lebih cocok untuk pasar yang Anda tuju. Mudah sekali, bukan?

Mudah Melakukan Ekspansi

Keuntungan reseller berikutnya adalah kemudahan untuk melakukan ekspansi. Anda tidak perlu bergantung pada satu produk saja. Seandainya Anda ingin memperluas pasar, maka Anda tinggal mencari supplier lain dan menambah varian produk Anda.

Dengan menjual jenis barang yang lebih beragam, maka Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas juga.

Fleksibel

Menjadi reseller, tugas Anda hanyalah melakukan promosi, yang mana dapat dilakukan secara online pula, sehingga Anda bisa mengelola bisnis reseller Anda secara fleksibel kapan saja, dimana saja, hanya dengan bermodal handphone dan internet.

Baca juga : Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal

Kekurangan Reseller

Margin Relatif Kecil

keuntungan reseller

Meskipun belum pasti, salah satu kekurangan reseller adalah jumlah margin yang relatif kecil dibandingkan ketika Anda menjual produk sendiri. Alasannya adalah karena tidak semua supplier memberikan harga grosir dan beberapa hanya memberikan harga yang sedikit lebih murah dari harga jual normal.

Karena brand sudah dikenal luas, Anda juga tidak bisa sembarangan menaikan harga karena justru akan menyebabkan produk tidak laku.

Ketatnya Kompetisi

Yap, produk yang sudah dikenal luas menyebabkan jumlah kompetitor yang semakin banyak pula. Jika Anda tidak melakukan strategi promosi yang tepat, maka akan sulit untuk bersaing dengan reseller-reseller lain maupun supplier utama.

Keterbatasan Inovasi

Karena Anda menjual produk orang lain, Anda tidak bisa memperbaharui produk maupun metode operasional seenaknya. Satu-satunya variabel yang bisa Anda ubah adalah metode promosi.

Ini Bukan Bisnis Anda

keuntungan menjadi reseller

Ketika menjual produk lain, Anda harus ingat bahwa itu bukanlah bisnis Anda, melainkan bisnis orang lain. Apabila tiba-tiba supplier terpaksa menutup perusahaannya karena alasan tertentu, maka tidak ada hal yang bisa Anda lakukan.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan reseller. Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman di dunia bisnis, reseller bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena Anda hanya membutuhkan modal yang kecil untuk memulai. Bagaimana, tertarik untuk menjadi reseller?

AVANA sendiri menyediakan program discovery dimana Anda bisa memilih untuk menjadi reseller dari ribuan brand yang bekerjasama dengan kami. Menarik, bukan?

Untuk Anda yang ingin bergabung dengan program discovery, Anda bisa mendaftar melalui link berikut gabung reseller AVANA.

  1. Pilih minat Anda, lengkapi form hingga akhir.
  2. Pada bagian explore, pilih jenis brand yang Anda ingin bergabung menjadi reseller mereka.
  3. Klik Join to be Agent.

Ada pertanyaan mengenai AVANA maupun program ini ? Hubungi CS kami.

Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *