Bisnis Lancar, 7 Cara Jualan Online di Twitter

December 28, 2020 9:14 am Published by Leave your thoughts
cara jualan online di twitter

Cara berjualan di Twitter?

Twitter merupakan salah satu media sosial paling populer di Indonesia. Menurut laporan We Are Social, pengguna twitter di Indonesia mencapai 56% dari total populasi. Hal ini menjadi peluang bagi Anda para pebisnis untuk memanfaatkan twitter sebagai salah satu media pemasaran produk Anda. 

Berikut beberapa cara jualan online di Twitter yang dijamin bisa buat penjualan Anda meningkat drastis.

Cara Jualan Online di Twitter: Memaksimalkan Profil

Salah satu hal mendasar yang dapat Anda lakukan dalam strategi pemasaran twitter adalah memilih username yang sesuai dengan usaha Anda. Usahakan memilih username yang sama dengan yang digunakan di media sosial lainnya, demi memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menemukan bisnis Anda di twitter. 


Selain itu, gunakan foto profil yang juga merepresentasikan bisnis Anda, gunakan juga header yang berkaitan dengan bisnis Anda untuk memperkuat branding bisnis Anda. Kemudian, lengkapi bio Anda dengan informasi yang berguna bagi pelanggan. Usahakan juga membuat bio yang unik dan eye-catching.

strategi pemasaran twitter

Lalu, Anda juga bisa mem-follow orang-orang yang berkaitan dengan bisnis Anda, baik itu supplier, distributor, perusahaan pengiriman yang digunakan, hingga selebtweet sebagai calon KOL yang akan diajak kerja sama.

Mulai Tweet

cara berjualan di twitter

Setelah profil Anda dilengkapi, mulailah ‘berkicau’. Gunakan Twitter bisnis Anda tidak hanya sebagai tempat untuk promosi produk, namun Anda juga bisa menyelipkan informasi-informasi lain yang berguna untuk followers Anda, seperti tips-tips atau trivia. Di twitter, Anda bisa menggunakan bahasa komunikasi yang santai ketika berbicara dengan followers Anda agar terasa lebih personal. 

Ada dua kunci dalam menggunakan Twitter yaitu: konsisten dan spontan. Persiapkanlah konten yang akan diunggah dan unggahlah pada waktu yang telah ditentukan atau waktu-waktu yang strategis. Lalu, ketika tidak ada konten yang perlu dibagikan, Anda bisa menjawab pertanyaan maupun ikut dalam obrolan dengan Netizen.

Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan twitter, seperti gambar, video, polling, beberapa juga dilengkapi dengan fitur voice notes, hingga fitur fleet atau twitter story yang baru-baru ini diluncurkan oleh twitter. Jangan lupa gunakan tagar (#) yang populer agar akun Anda muncul pada pencarian tertentu.

Berinteraksi dengan Followers

Komunikasi yang baik terjalin secara dua arah, oleh karena itu jadikan akun Twitter Anda sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan Anda. Interaksi secara berkala juga dapat meninggalkan kesan yang baik bagi pelanggan. Anda juga bisa membuat kuis berhadiah dalam melakukan interaksi dengan pelanggan.

contoh tweet promosi

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Twitter anda sebagai tempat bagi pelanggan untuk memberikan feedback mengenai bisnis Anda. Feedback yang positif dapat menjadi ajang promosi WOM, dan feedback yang tone-nya kurang baik dapat Anda jadikan sebagai masukan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Ikut dalam Obrolan Netizen

Banyak percakapan yang terjadi di Twitter setiap harinya, gunakan momentum tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun hindari bergabung dalam percakapan yang sensitif seperti yang mengandung SARA, politik atau berita duka. Pastikan Anda paham kapan harus ikut serta dalam percakapan tersebut dan kapan percakapan yang ada bukan tempat yang tepat untuk promosi.

Mengunggah Tweet di Waktu yang Tepat

Twitter dapat dibuka baik melalui handphone, laptop atau komputer dan biasa diakses di mana saja, rumah maupun tempat kerja. Biasanya Twitter digunakan pada saat waktu santai di rumah, jam istirahat kantor, dan dalam perjalanan ke atau dari kantor. Jam 8 – 10 AM, 6 – 9 PM merupakan waktu Twitter paling banyak digunakan oleh audiens. 

Jika bisnis Anda merupakan B2C, maka waktu yang tepat adalah saat akhir pekan, sedangkan B2B adalah saat hari biasa atau hari kerja. Ada beberapa waktu lain yang dapat Anda maksimalkan dalam menerapkan strategi pemasaran Twitter. Baca di sini.

Bekerja sama dengan Key Opinion Leader (selebtweet)

Jika Anda mau, Anda juga bisa bekerja sama dengan selebtweet sebagai cara berjualan di Twitter. Pastikan follower selebtweet tersebut sama dengan target bisnis Anda agar meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli produk Anda.

Twitter Ads

Kini twitter juga menyediakan fitur Ads untuk Anda yang ingin beriklan. Menggunakan Twitter Ads dapat menjadi salah satu strategi pemasaran Twitter yang dapat Anda gunakan selain bekerja sama dengan selebtweet.

Contoh Tweet Promosi

Dalam perihal ngetweet, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda disarankan menggunakan bahasa yang santai, atau bahasa percakapan karena inti dari twitter adalah engagement. Gunakan hashtag (tagar), saat ngetweet gunakan kata-kata ajakan seperti “Kunjungi website kami”, “Download sekarang juga”, “Baca lebih lanjut,” dan lain-lain, tetapi ingat untuk menggunakan kata-kata ajakan sesuai konteks. 

Ini beberapa contoh tweet promosi yang dapat Anda ikuti:

Begitu cara jualan di Twitter yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda, selamat mencoba!

Bagi Anda yang belum memiliki website toko online untuk berjualan, dapatkan GRATIS SELAMANYA sekarang juga.

Cukup 5 menit : 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Upload Produk Pertama Anda.
  6. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Rekomendasi Artikel:

  1. 5 Cara Promosi Online Gratis Untuk Tingkatkan Penjualan Anda
  2. Cara Meningkatkan Brand Awareness Untuk Tingkatkan Omzet Anda

Categorised in: ,

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published.