5+ Tema Ramadhan yang Menarik 2021

March 23, 2021 3:10 pm Published by Leave your thoughts
tema ramadhan yang menarik 2021

Memasuki bulan Ramadhan, pebisnis pastinya mempersiapkan konten-konten dan acara menarik guna meningkatkan penjualan maupun brand awareness bisnis mereka. Untuk Anda yang bingung harus memulai darimana, simak berbagai tema Ramadhan yang menarik, ide konten Ramadhan, dan konten Instagram Ramadhan ini sebagai sumber inspirasi.

Tema Ramadhan yang Menarik

Ramadhan Mini Zoo

tema ramadhan yang menarik

Tema Ramadhan yang satu ini sangatlah menarik karena mengambil unsur kebun binatang yang mana sangat diminati oleh audiens anak-anak. Tema ini pernah digunakan oleh Mal Artha Gading dengan nama “Sweet Land Ramadhan” yang dikemas dengan desain panggung 3D menarik ditambah hewan kecil lucu seperti kelinci, landak mini iguana dan lainnya. Acara serupa juga bisa diadakan secara online dengan memanfaatkan teknologi AI dimana pengunjung bisa melihat kebun binatang dalam bentuk animasi 3D.

Colorful Ramadhan

tema ramadhan yang menarik 2021

Tema Ramadhan yang satu ini sudah digunakan oleh banyak mall mulai dari Lippo Mall hingga Malang Town Square. Jika biasanya Ramadhan dikorelasikan dengan warna hijau, Colorful Ramadhan ini justru menyajikan keberagaman warna agar terkesan lebih meriah. Ketika itu, beberapa acara yang diadakan meliputi lomba bertema religi, program berhadiah hingga kemudahan untuk memberikan bantuan santunan dan zakat.

Tema ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai ide konten instagram Ramadhan Misalnya saja, membagikan giveaway atau bekerjasama dengan badan amal untuk mengadakan donasi online.

Tema Colorful bisa Anda masukan untuk semua konten Instagram Anda agar bisnis Anda bisa terlihat beda dari yang lain.

Baca juga : 15+ Ide Jualan Minuman Yang Laris Di Bulan Puasa 2021

Ramadhan Berkilau

ide konten ramadhan

Kalau sebelumnya desain warna-warni yang terkesan sederhana namun meriah, berikutnya Anda bisa mencoba tema ramadhan yang menarik satu ini, yaitu : Ramadhan Penuh Kilau. Konsep utamanya adalah menerapkan desain penuh cahaya misalnya kembang api, lampu-lampu kecil dan lain sebagainya yang terkesan glamour. Tema Ramadhan ini cocok untuk menarget pasar high-end.

Tentunya, Anda juga bisa memadukan konten dengan giveaway atau hadiah “berkilau” seperti aksesori atau busana muslim bernuansa emas.

Ramadhan Penuh Berkah

konten instagram ramadhan

Bulan Ramadhan tentunya harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan sesuai dengan ajaran Allah SWT. Tema ramadhan yang menarik lainnya adalah Ramadhan Penuh Berkah, yang mana Anda bisa menggunakan konten-konten bernuansa Islami seputar kajian Quran, ceramah kolaborasi dengan Ustad hingga kerjasama dengan Ormas Islam lokal.

Kabaret Ramadhan

Kabaret adalah kumpulan kegiatan yang meliputi tarian, hiburan, musik hingga komedi. Biasanya, tema kabaret ini mengusung paduan warna emas dan merah. Belum banyak yang menggunakan, kabaret bisa menjadi salah satu ide tema ramadhan yang menarik.

Ide Konten Ramadhan 2021

Buat Anda yang berbisnis secara online, simak ide konten Ramadhan 2021 ini yang pastinya bisa membantu mengenalkan brand Anda kepada lebih banyak orang.

Resep Berbuka Puasa

Makan jadi salah satu hal yang pasti dilakukan oleh semua orang. Untuk ide konten Ramadhan 2021, Anda bisa coba menyajikan menu-menu berbuka puasa hingga resep-resep spesifik misalnya resep sayur bayam, resep terong kecap, resep puding cokelat dan lainnya. Anda juga bisa menyajikan resep dalam bentuk empat sehat lima sempurna mulai dari sayur, lauk pauk hingga hidangan penutup agar informasi cukup lengkap untuk tiap audiens yang berkunjung ke website Anda.

Tips dan Trik Bertema Ramadhan

Selain itu, sajikan juga berbagai tips dan trik dengan tema Ramadhan yang menarik. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

  • Tips Pengelolaan THR
  • Tips Berbisnis Ketika Ramadhan
  • Tips Investasi yang Syariah

dan lain sebagainya tergantung pada bisnis yang Anda pegang.

Rekomendasi Hiburan Jelang Berbuka

ide konten ramadhan

Untuk ide konten Ramadhan 2021 berikutnya, Anda juga bisa coba menyajikan berbagai rekomendasi hiburan jelang berbuka kepada audiens Anda, misalnya rekomendasi film, musik, podcast, permainan, buku dan masih banyak lagi.

Hadist

Meskipun terkesan sedikit berat, jika audiens Anda sekiranya mayoritas merupakan umat Muslim, Anda juga bisa coba membuat konten Hadist yang mengambil tema-tema Ramadhan dan berkolerasi dengan produk dan layanan yang Anda buat.

Baca juga : Tips Bisnis Di Bulan Puasa 2021

Ide Konten Instagram Ramadhan 2021

Pengguna Media Instagram di Indonesia kini telah capai 61 juta orang yang menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak ke-4 di dunia. Oleh karenanya, Anda sebagai pebisnis wajib menggunakan media ini apabila ingin meningkatkan awareness dari brand Anda.

Simak beberapa ide konten Instagram Ramadhan 2021 ini!

Launching Produk Baru

Yap, Anda bisa melakukan launching produk ketika Ramadhan tiba, terlebih ketika produk Anda mengambil nuansa Ramadhan misalnya arsitektur bertema Ramadhan, produk-produk keagamaan dan lain sebagainya.

Giveaway atau Kontes

konten instagram ramadhan

Untuk meningkatkan engagement bisnis, Anda juga bisa coba mengadakan giveaway atau kontes. Biasanya, Anda bisa memberikan teka-teki atau permainan yang bisa dijawab oleh audiens. Mereka bisa menjawabnya di kolom komentar dan me-mention beberapa akun teman mereka untuk ikut bergabung dengan kontes tersebut. Pemenang bisa mendapatkan hadiah tertentu yang disesuaikan dengan budget Anda.

Polling

konten instagram ramadhan

Polling ini jadi salah satu fitur favorit di Instastory Instagram dan bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten instagram ramadhan yang menarik, misalnya dengan menanyakan film bertema Ramadhan favorit mereka, produk apa yang sering mereka gunakan ketika masa Ramadhan, dan masih banyak lagi. Lakukan A/B Testing untuk mengetahui fitur seperti apa yang lebih audiens Anda sukai.

Baca juga : 20+ Ide Bisnis Di Bulan Ramadhan 2021

IG Live dengan Selebgram

Dengan mengambil tema Ramadhan yang menarik, Anda juga bisa coba mengadakan IG Live bekerjasama dengan selebgram. Kolaborasi ini biasa dikenal dengan nama endorsement dan Anda harus memastikan bahwa audiens selebgram sesuai dengan target audiens Anda.

Itu dia beberapa contoh tema Ramadhan yang menarik, ide konten ramadhan hingga ide konten Instagram Ramadhan yang bisa Anda coba.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ingin tanya lebih lanjut?

Tags: , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *