5 Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan 2021

March 29, 2021 3:11 pm Published by Leave your thoughts
strategi pemasaran di bulan ramadhan

Tidak terasa, bulan Ramadhan sudah ada di depan mata. Jika Anda memiliki bisnis, waktunya Anda merancang strategi dan campaign khusus yang sekiranya bisa meningkatkan penjualan Anda di Bulan Ramadhan. Simak 7 strategi pemasaran di Bulan Ramadhan 2021 dan strategi pemasaran bisnis online secara umum disini! Dengan menerapkan strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online ini dijamin bisnis Anda bakal sukses besar!

Optimalkan Postingan Media Sosial Anda

strategi pemasaran di bulan ramadhan

Memasuki Bulan Ramadhan, Anda pertama-tama harus menyadari bahwa akan terdapat perubahan perilaku masyarakat mulai dari jam tidur, kebiasaan makan hingga kapan mereka berbelanja dan menggunakan media sosial.

Waktu Terbaik Posting Konten

Data dari agensi media sosial Arcs n Curves bahkan mengungkapkan bagaimana ketika Ramadhan tiba, orang-orang justru menggunakan media sosial pada pukul 3 pagi (sahur) dan 7 malam (ifthar).

Oleh karena itu, salah satu strategi pemasaran bisnis online yang bisa Anda coba terapkan adalah dengan memposting konten media sosial ketika jam-jam tersebut.

Waktu Terbaik Interaksi di Media Sosial

Jam 3 pagi menjadi waktu terbaik untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui media Facebook.

Waktu dengan Penjualan Tertinggi

Sementara itu, data dari criteo.com juga menunjukan hasil yang menarik. Dikatakan bahwa penjualan pada jam 4 pagi di bulan Ramadhan meningkat hingga 17% dibandingkan hari-hari biasanya.

Sementara pada jam 6 malam, penjualan produk justru akan menurun. Setelah seharian berpuasa, orang-orang akan lebih memilih untuk makan dan mengobrol bersama keluarga daripada berbelanja.

Perhatikan Pesan Campaign Anda

Apa produk yang memanfaatkan momentum keagamaan sebagai strategi marketingnya?

Dalam membuat strategi pemasaran, salah satu hal yang paling penting adalah bentuk pesan yang ingin Anda sampaikan.

Secara umum, Ramadhan memiliki 4 nilai penting yang bisa Anda selipkan pada konten-konten Anda :

  • Rasa Bersyukur
  • Kasih Sayang
  • Kekeluargaan
  • Doa

Di satu sisi jika Anda memanfaatkan nilai-nilai tersebut dengan baik, maka Anda bisa meningkatkan brand awaress brand Anda.

Namun di sisi lain, ingat bahwa Ramadhan adalah bulan suci. Jika Anda memberikan pesan campaign yang salah, nama baik brand Anda menjadi taruhannya.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah mempelajari tradisi dan budaya Islam secara mendalam dan memastikan campaign Anda telah sejalan dengan nilai-nilai tersebut.

Beberapa pesan Ramadhan yang bisa Anda coba gunakan adalah :

Ramadhan Kareem

“Ramadhan itu Pemurah” atau “Ramadhan is Generous”

Beberapa orang menggunakan istilah ini sebagai strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online mereka.

Caranya adalah dengan memasang iklan Facebook atau Instagram dengan pesan bahwa Anda harus bermurah hati kepada diri Anda sendiri. Jika barang-barang Anda sudah lama digunakan dan waktunya untuk diganti, Anda harus bermurah hati untuk membeli baju, handphone baru dan lain sebagainya.

Atau Anda juga bisa menunjukan pesan lain seperti “bermurah hatilah kepada keluarga dan orang-orang terdekat“. Jika sebelumnya Anda tidak pernah memberikan orang tua atau sahabat Anda hadiah, maka momen ini adalah momen tepat untuk membahagiakan mereka dengan hadiah.

Ramadhan Mubarak

Ramadhan itu “Bulan yang Diberkahi”.

Pesan ini jarang digunakan di iklan namun ada beberapa yang menggunakannya. Untuk inti pesannya, Anda mungkin bisa menyertakan diskon spesial di Bulan Ramadhan yang Anda berikan kepada pelanggan.

Baca juga : 5+ Tema Ramadhan Yang Menarik 2021

Happy Ramadhan

Pesan ini lebih umum digunakan di negara Barat dan bisa Anda pasang di iklan Anda jika iklan Anda ditargetkan untuk wilayah tersebut.

Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan : Manfaatkan Simbol-Simbol

Di bulan Ramadhan, terdapat 3 simbol utama yang bisa Anda gunakan untuk campaign Anda, yaitu :

Kurma

Merupakan salah satu anjuran sunnah ketika berbuka puas, sehingga akan sering Anda temukan di iklan-iklan Ramadhan.

Bulan Sabit

strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online

Simbol yang satu ini banyak digunakan di berbagai bendera negara hingga organisasi Islam. Salah satu strategi pemasaran bisnis online yang dijamin akan bisa sukses adalah dengan menyertakan simbol bulan sabit di iklan dan konten media sosial Anda.

Lentera

Diawali di Mesir, simbol lenetera digunakan oleh umat Muslim yang harus terjaga hingga malam ketika masa ini. Meskipun tidak seumum Bulan Sabit, Lentera juga bisa dijadikan simbol yang menggambarkan semangat Ramadhan.

Apa produk yang memanfaatkan momentum keagamaan sebagai strategi marketingnya?

Baca juga : 20+ Ide Bisnis Di Bulan Ramadhan 2021

Buat Serangkaian Campaign Ramadhan : Hashtag!

strategi pemasaran bisnis online

Paragon dengan #PenggerakKebaikan

Tokopedia dengan #JagaEkonomiIndonesia

P&G dengan #MaafIbuDiHidupku

Campaign-campaign tersebut tidak menggunakan #Ramadhan. Namun dari pesan yang disampaikan memberikan semangat dan aura Ramadhan yang kental.

Karena itu, salah satu strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online adalah dengan merancang kampanye Anda serta menggunakan Hashtag yang menarik pula.

Nantinya, semua iklan, konten media sosial, konten blog, dan konten website Anda berpaduan pada kampanye yang telah Anda rancang tersebut.

Tingkatkan Budget Pemasaran

Di momen Ramadhan ini, banyak pebisnis yang meningkatkan budget marketing mereka. Hal tersebut dilakukan oleh negara-negara di Timur Tengah dan mereka yang mayoritas beragama Islam. Beberapa bahkan meningkatkan budget mereka hingga 20 persen. Sebelum menentukan strategi pemasaran di bulan ramadhan, pertama-tama sangat penting bagi Anda untuk menentukan jumlah budget campaign Anda.

Apa Produk yang Memanfaatkan Momentum Keagamaan Sebagai Strategi Marketing?

Strategi pemasaran bisnis online di Bulan Ramadhan dikenal dengan nama seasonal marketing. Beberapa perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah sebagai berikut.

Marjan

Marjan memanfaatkan iklan bersambung di televisi yang mulai ditayangkan secara massal seminggu sebelum Ramadhan tiba di jam-jam krusial seperti sebelum ifthar. Padahal biasanya produk marjan jarang sekali terlihat di TV. Sekarang, sirup marjan identik dengan minuman yang dinikmati bersama oleh keluarga ketika bulan Ramadhan.

Khong Guan

Gambar di luar kaleng biskuit Kong Ghuan sudah kerap kali dijadikan meme oleh banyak orang. Menyambut 2020 lalu, bikuit Kong Ghuan membuat video yang menunjukan animasi keluarga dari gambar yang menempel di sisi luar biskuit. Namun anehnya, sang ayah tidak ditampilkan dalam film tersebut. Hal ini pun sengaja dilakukan untuk membangkitkan rasa penasaran dari penonton.

Itu dia beberapa strategi pemasaran di bulan ramadhan yang bisa Anda coba terapkan untuk tingkatkan penjualan dan omzet bisnis Anda. Mudah, bukan?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *