Fitur Baru Instagram yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis Anda

October 28, 2021 1:05 pm Published by Leave your thoughts

Hai teman AVANA! Tahu dong kalau Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer? Nah, Instagram memang menyediakan berbagai fitur baru Instagram yang dapat dimanfaatkan penggunanya. Nggak hanya untuk para pengguna pribadi, namun bisa juga dimanfaatkan oleh para pebisnis. 

Bersumber dari Hootsuite, mereka baru saja mengumumkan beberapa pembaharuan fitur baru Instagram yang akan segera dirilis dan akan dapat digunakan seluruh pengguna. Pembaharuan fitur-fitur baru ini, bisa digunakan untuk bisnis Anda lho! 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Untuk Konten Instagram Online Shopmu

Penasaran apa saja fitur baru Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda? Simak bersama-sama ya!

Fitur Baru Instagram: 60 detik Instagram Story 

Teman AVANA, pernah merasa kalau durasi Instagram Story sangat pendek? 15 detik kadang tidak cukup untuk memposting video promosi produk. Kalau ingin lebih lama, storynya pun akan otomatis terbagi jadi beberapa story. Namun, Instagram sudah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan tes durasi yang lebih panjang untuk Instastory yaitu 60 detik! Wah, nggak sabar deh buat konten promosi produk menarik di story dengan durasi lebih lama. 

ide konten instagram, ide konten, konten instagram, instagram bisnis, konten instagram bisnis, konten promosi

Stiker Link di Instastory

Fitur baru Instagram yang kedua adalah sticker Link yang bisa digunakan di Instastory. Nah, kalau dulu link di instastory hanya bisa digunakan untuk akun pengguna dengan followers di atas 10.000, sekarang seluruh pengguna bisa menggunakan fitur sticker link!

Jadi, para pebisnis bisa nih memanfaatkan fitur ini saat mengupdate Instastory. Misalnya, tambahkan sticker link yang terhubung dengan marketplace, website atau WhatsApp bisnis Anda. 

Fitur Baru Instagram: Metrik Baru di Instagram Insights

Wah, berikutnya Instagram juga mengumumkan penambahan 3 metrik analitik baru dalam fitur baru Instagram Insights. Metrik baru ini dapat membantu akun Creator dan Bisnis memahami hasil engagement dan kinerja konten yang mereka buat. 

Jadi, kalau sebelumnya Instagram Insights hanya dapat menganalisis followers, saat ini Insights sudah dapat juga mencakup orang-orang yang berinteraksi dengan sebuah akun bahkan tanpa memfollow akun tersebut. 

Berikut 3 metriks analitik baru tersebut:

  • Audiens yang terlibat. Metrik ini mengumpulkan data demografis (termasuk kota, negara, usia, dan jenis kelamin) yang berkaitan dengan pengguna yang terlibat dengan akun dan konten Anda, terlepas dari apakah mereka followers Anda atau bukan.
  • Jangkauan Audiens. Metrik ini memberikan info demografis (kota, negara, usia, jenis kelamin) ke semua orang yang dijangkau selama periode waktu tertentu.
  • Akun yang terlibat. Metrik ini akan memberi tahu Anda berapa banyak akun, secara total, telah berinteraksi dengan konten Instagram Anda selama periode waktu tertentu.
fitur baru instagram, fitur instagram, instagram shopping

Posting Konten via Desktop!

Wah, ini adalah salah satu fitur baru Instagram yang pasti banyak ditunggu-tunggu penggunanya, yaitu fitur posting langsung dari Desktop! Jadi, nggak perlu lagi deh memindahkan file dari laptop ke handphone terlebih dahulu hanya untuk posting konten. 

Berikut langkah-langkah posting konten via Desktop:

  1. Buka halaman instagram.com dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik simbol + di sudut kanan atas layar
  3. Drag file foto atau video ke halaman yang baru terbuka, atau klik Pilih dari komputer untuk menelusuri dan memilih file dari PC atau Mac Anda. Anda juga bisa memposting postingan carousel maksimal 10 file. 
  4. Klik ikon bingkai di sudut kiri bawah popup untuk mengubah rasio gambar atau video Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur zoom. Setelah selesai, klik Berikutnya/Next di sudut kanan atas.
  5.  Anda juga dapat mengedit gambar Anda sebelum memposting. Anda bisa memilih salah satu dari 12 efek di tab Filter atau mengedit gambar secara manual seperti menyesuaikan brightness, kontras dan sebaginya. Lalu klik Berikutnya/Next.  
  6. Tulis caption! Anda juga bisa menambahkan lokasi pada step berikut ini. 
  7.  Klik Bagikan/Share! Yeay, konten Anda telah berhasil terposting. 

Baca juga: Strategi Marketing Instagram Ampuh Untuk Tingkatkan Omzet!

Instagram Live Scheduling Tools 

Fitur baru Instagram berikutnya adalah Live Scheduling Tools. Jika akun bisnis Anda sering melakukan Instagram Live, Anda bisa banget nih memanfaatkan fitur ini. Fitur Instagram Live Scheduling Tools ini akan memudahkan Anda menjadwalkan dan mempromosikan siaran Live bisnis Anda. Sebagai pemilik akun, Anda juga bisa langsung membagikan siaran langsung bisnis Anda di Instagram Story dan mempostingnya di feed untuk mengajak dan mengingatkan followers Anda untuk bergabung dalam Live tersebut. Bisa menarik lebih banyak penonton deh!

fitur baru instagram, fitur instagram, instagram shopping

Itu dia beberapa fitur baru Instagram yang bisa Anda gunakan untuk bisnis. Oh iya, selain memanfaatkan fitur-fitur di atas, Anda juga bisa memaksimalkan bisnis dan omzet Anda dengan fitur Instagram Shopping lho. Instagram Shopping adalah fitur yang dikembangkan Instagram yang bertujuan untuk memudahkan konsumen berbelanja produk Anda, langsung dari aplikasi Instagram di mana pun mereka berada. Saat ini, fitur Instagram Shopping sudah rilis sejak tahun 2020 lalu di Indonesia. Para pelaku bisnis dapat menaruh katalog produk dalam fitur ini, namun calon pelanggan belum bisa langsung berbelanja langsung di Instagram. Namun, jika Anda mendaftarkan toko online Anda di AVANA, Anda bisa mengintegrasikan katalog produk di website jualanmu ke Instagram Shopping!

Pelanggan akan bisa langsung melihat katalog produk memilih produk, bahkan checkout langsung tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram dengan fitur AVANA. Wah, gimana caranya? 

fitur baru instagram, fitur instagram, instagram shopping

Daftarkan dulu yuk, bisnis online Anda di AVANA dengan voucher toko online GRATIS berikut ini!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Informasi lebih lanjut tentang Instagram Shopping, bisa klik button berikut ini ya!

Tags: , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *